SOCIAL MEDIA

Sunday, 11 December 2016

Menyapih Tanpa Kehadiran Suami, Bisakah?

Gambar: kesehatanaz.com

Menyapih tanpa kehadiran suami - Masih segar dalam ingatan saya, hampir setahun yang lalu berjuang menyapih anak kedua dengan cinta tanpa kehadiran suami. Yup, kami sempat Long Distance Marriage. Suami pindah tugas ke Padang dan saya belum bisa melanjutkan mendampingi suami tugas di sana karena sakit. Jadi saya tinggal dengan orang tua di Bandung.

Berbagai macam rasa menyelimuti, mampukah saya? Banyak cerita dari teman, akan lebih mudah dalam menyapih jika ada bantuan dari suami. Misal saat anak kebangun pas malam hari, Ibu kudu ngumpet dulu, Ayahlah yang turun tangan menghandle anak di saat anak merengek minta nen, ngasi anak susu pengganti seperti susu uht atau air putih. Trus saya harus gimana? Haruskah menggunakan teknik-teknik jadul, ngasi segala yang nggak enak di puting biar anak enggak lagi tertarik menyusui? Atau tetap teguh dengan cara menyapih dengan cinta?

Teknik jadul yang dilarang dalam menyapih:

  • Mengoleskan obat merah pada puting
  • Memberi perban atau plester pada puting
  • Dioleskan jamu brotowali atau kopi supaya pahit
  • Menitipkan anak ke rumah Kakek Nenek-nya
  • Selalu bersikap cuek setiap anak menginginkan ASI.

Kenapa dilarang? Dampaknya beragam. Mulai dari bisa menyebabkan keracunan, anak merasa ditolak, nggak disayang, dan merasa dibohongi/ditipu.

Menyadari akan buruknya efek teknik jadul, bismillah saya mantap melangkah dengan WWL. Meski lewat sekitar 2 tahun 1 minggu, karena pas udah mau berhasil di usia 2 tahun, Ayesha sakit dan saya nggak tega nyetop. Sembuhin dulu, baru berjuang lagi. Dan Alhamdulillah akhirnya berhasil.

6 Hal yang saya lakukan adalah:

  1. Berdo'a. Yoi, kemana lagi kan mau minta pertolongan. Minta agar Allah mudahkan proses penyapihan meski harus berjuang sendirian.
  2. Sounding dari usia sekitar 1.5 tahun. Sering-sering bilang apalagi pas momen menyusui, ntar kalo udah 2 tahun enggak boleh mimik lagi.
  3. Mulai mengurangi frekuensi menyusui. Do not offer, do not refuse (jangan menawarkan, tetapi jangan menolak jika anak meminta). Ini dilakukan sebelum Ayesha berusia 2 tahun.
  4. Konsisten. Saat bilang enggak boleh mimik ya enggak boleh. Tombol tega kudu ON. Babak drama baru dimulai.
  5. Sabar & Optimis bakal berhasil. Karena kalau diingat-ingat terus, "Ada suami bakal lebih mudah nih." "Coba ada suami, bla.. bla.." Mungkin masa penyapihan bakal lebih panjang lagi.
  6. Sosialisasi dengan keluarga. Jangan sampai tiba-tiba heran kenapa si anak jadi sering rewel atau cengeng. Minta pengertian mereka jika anak sedang dalam masa penyapihan.
Pada dasarnya enggak beda dengan cara WWL kebanyakan. Hanya kalau enggak ada suami di samping kita, ya kudu ekstra sabar dan rasa optimisnya lebih diperbesar lagi. Yakin insya Allah pasti bisa. Semangat ya buibu! Menyapih tanpa kehadirann suami di sisi insya Allah bisa kok, *senyum.


Thursday, 24 November 2016

Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Memilih Baju Bayi yang Tepat


www.ibubahagia.comMembeli kebutuhan bayi di toko perlengkapan bayi memang bukan sesuatu yang mudah. Terkadang banyak para calon ibu yang menghabiskan waktunya berlama-lama didalam toko bayi untuk mencari baju yang pas dan cocok untuk calon bayi anda. Padahal berlama-lama di toko bayi bisa membuat kaki anda pegal dan pusing sehingga bisa mengacam keselamatan bayi anda. Ada tips mudah untuk memilih baju bayi yang tepat dan sesuai sehingga anda tidak perlu kebingungan membeli baju bayi mana yang cocok dan pas. Berikut beberapa tips penting membeli baju bayi.



Beli Ukuran Baju Bayi Sedikit Lebih Besar
Kalau anda ragu apakah baju ini pas untuk dikenakan oleh bayi anda nanti, anda cukup membeli baju bayi dengan ukuran sedikit lebih besar untuk berjaga-jaga jika anda melahirkan bayi dengan bobot yang besar. Selain itu, keuntungan membeli baju bayi yang sedikit lebih besar juga bisa menghemat pengeluaran anda sebab semakin lama bayi anda pun akan tumbuh besar sehingga anda tidak perlu dua kali membeli baju bayi.

Perhatikan Bahan Pakaian Bajunya
Bayi memang mempunyai kulit yang sensitif tehadap sentuhan. Oleh karena itu dalam membeli baju bayi perhatian bahan pakaiannya. Anda bisa melihat label baju yang sudah ada keterangan bahan pakaian yang dibuat. Hindari membeli baju bayi yang terbuat dari jeans, nilon, atau parasit. Lebih baik belilah baju bayi yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini bisa menyerap keringat bayi sehingga bayi pun akan nyaman dengan baju yang dikenakannya.

Sesuaikan Baju Dengan Cuaca
Kadang kala cuaca tidak menentu kadang panas dan kadang cuaca menjadi sangat dingin. Persiapkan hal ini dengan membeli baju sesuai dengan cuacanya. Saat cuaca panas cukup gunakan baju katun yang tipis untuk memberi cukup udara bayi tubuh bayi. Sementara saat musim hujan atau dingin anda bisa membeli pakaian yang berbahan tebal dan hangat persiapkan juga jaket khusus untuk bayi untuk mencegah bayi anda kedinginan.

Itulah ketiga tips mudah membeli pakaian untuk bayi anda. Sebenarnya ada tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah atau mendatangi toko bayi langsung. Cukup kunjungi situs belanja online MatahariMall. Toko online yang satu ini menjual berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan oleh bayi anda. MatahariMall.com satu-satunya toko online yang menawarkan perlengkapan bayi dengan lengkap tanpa membuat anda pusing atau pegal. Cukup gunakan ponsel atau lewat laptop anda, pilih perlengkapan bayi yang anda butuhkan.

Monday, 14 November 2016

10 Tips Menjadi Orang Tua Baru


ibubahagia.com - Dulu saat kelahiran anak pertama, memang kerasa banget kagoknya jadi orang tua baru. Apalagi dengan minimnya ilmu dan pengalaman yang dipunya. Setelah anak kedua lahir, tentunya udah banyak kemajuan. Lebih cekatan dan lebih bisa memanage segala hal dengan lebih baik. Nah, calon anak ketiga yang di usia kandungan 7 bulan ini gimana ya? Tapi memang persiapan yang saya lakukan terasa berbeda jika dibandingkan dengan dua anak sebelumnya, terutama persiapan ilmu. Tapi cukupkah hanya ilmu saja? Berikut 10 Tips yang saya kutip dari buku Backpack for a New Parent dan sedikit dari pengalaman saya sendiri:

Saturday, 12 November 2016

Field Trip Ke Kawah Putih Ciwidey


ibubahagia.com - Sudah kali kedua saya ke Kawah Putih Ciwidey. Dulu pertamanya saat jaman-jaman masih kuliah, diajak jalan-jalan kakak yang pindah tugas ke Bandung. Kesan pertama yang saya peroleh adalah Kawah Putih itu Koreanya Indonesia. Terutama jalan seperti foto di bawah ini.

Tuesday, 8 November 2016

Printable Pengenalan Huruf Abjad

Mengenalkan berbagai macam huruf di usia dini tentu banyak tantangannya. Bisa jadi karena memang belum waktunya. Tapi enggak ada salahnya buibu mencoba mengenalkan tapi dengan catatan no target dan anak fun. Jika anak pada akhirnya bisa, ya itu semacam bonus aja. Berikut link printable pengenalan huruf  Abjad yang fun. Selamat mendownload!

#1 Klik Abjad Ikan




#2 Klik Abjad Toples




#3 Klik Abjad Es Krim


Sunday, 6 November 2016

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


ibubahagia.com - Sedih dan panik enggak sih bu ketika anak tetiba rewel? Banyak penyebab pastinya, dan salah satu hal yang dilakukan buibu adalah mengecek pantat bayi.  Ruam bisa membuat bayi menjadi sangat enggak nyaman, karena efek gatal dan perih yang ditimbulkannya. 

Kenapa ruam bisa terjadi? Biasanya muncul karena adanya gesekan antara popok dengan kulit bayi. Kulit bayi masih sangat peka terhadap keasaman air seni atau sesuatu yang dimakannya.

Cara terbaik untuk mengobati dan mencegah ruam popok adalah dengan memberi pembatas agar kulit enggak bersentuhan langsung dengan pup maupun air seni, seperti pemberian krim olesan. Salep ini udah cukup banyak di pasaran, buibu akan dengan mudah menemukannya di toko peralatan bayi.

Dalam penggunaannya, pastikan terlebih dahulu mengeringkan bagian yang akan diolesi salep. Bisa menggunakan hair dryer lho, tapi dengan suhu panas yang rendah. Saat ruam sedang parah, enggak usah pake popok dulu. Dan kalau di malam hari enggak biasa pub, ya enggak usah dipakein popok. Dan juga hentikan dulu penggunaan tisu basah karena bisa memperparah ruam.

Dari pengalaman saya, yang paling sering bikin ruam itu pospak (popok sekali pakai). Akan lebih jarang terjadi jika bayi dikenakan popok clodi (popok kain yang bisa dicuci). Mungkin karena tekstur pospak yang cenderung kasar, sementara clodi cenderung halus dan lembut membuat kulit bayi lebih mudah beradaptasi.

Monday, 31 October 2016

11 Penyakit Serius Yang Dapat Menyerang Bayi & Balita




ibubahagia.com - Sebagai orang tua, kita ingin anak-anak selalu sehat dan bugar setiap saat. Namun, kita juga tidak bisa menyangkal bahwa anak-anak, khususnya bayi dan usia di bawah lima tahun, akan lebih rentan terserang berbagai macam penyakit. Hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sempurna dan kenyataan bahwa penyakit dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Sunday, 30 October 2016

6 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Ibu Saat Terjebak Macet


ibubahagia.com - Di kota-kota besar macet merupakan sesuatu yang biasa. Terutama di jam-jam berangkat kerja/sekolah, makan siang, dan di jam pulang kerja. Sementara di kota kecil macet biasanya terjadi saat ada pasar tumpah atau dalam masa-masa liburan sekolah (jalan menuju tempat wisata).

Saturday, 29 October 2016

Seminar Enlightening Parenting Bersama Hardini Swastiana



ibubahagia.com - 22/10/12. Bagi sebagian orang ikut seminar-seminar parenting itu penting. Ada juga sebagian lainnya menganggap enggak penting. Buibu termasuk bagian yang mana? Hehe... Ya, biasanya yang menganggap enggak penting karena beranggapan mendidik anak bakal bisa dengan sendirinya. Seperti orang tua terdahulu, kan pembahasan soal parenting belum ada atau belum semarak sekarang. Bukannya makin banyak pengetahuan malah makin bingung plus jadi idealis?

Thursday, 20 October 2016

Liburan Ceria: Semalam Di Terminal Wisata Grafika Cikole


ibubahagia.com - Beberapa bulan yang lalu kami merencanakan liburan ke Terminal Wisata Grafika Cikole. Hasil usulan dari adik ipar, kayaknya seru katanya. Jadilah booking 1 pondok untuk 6 orang di tanggal 09/09/2016. Bookingnya langsung datang ke sana sih, nyambi liat-liat lokasi. Kami memesan 1 bulan sebelumnya karena kalau enggak gitu ya susah dapatnya alias sering full.

Sunday, 16 October 2016

3 Lokasi Seru Di Lapangan Gasibu Bandung


ibubahagia.com - Yuhuu... Cahaya Home Team jelong-jelong lagi nih. Yuk disimak keseruan kami di Lapangan Gasibu Bandung.

Tuesday, 11 October 2016

3 Olahraga Berat Yang Sedang Tren Di Kalangan Ibu Hamil

ibubahagia.com - Memasuki usia 23 minggu, membuat saya jadi gampang lelah dan ngos-ngosan. Ditambah mulai sulit nyari posisi nyaman buat tidur, bahkan hanya duduk sekalipun. Melihat hal ini, suami menganjurkan agar saya ikut senam hamil. Tapi sejak kehamilan pertama saya enggak pernah mau, mending uangnya buat lahiran dll, hehe. Saya minta ijin senam di rumah aja, toh di youtube banyak banget berserakan tutorial senam hamil. 

Alhamdulillah di acc dan minggu kemarin saya udah mulai senam di rumah. Setelah ceki-ceki pilihan saya jatuh pada video dari frisian flag. Ini bukan job review lho ya :D tapi memang dirasa paling pas. Gerakannya enggak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Plus disertai beberapa tips dari dokter ahli dan ada keterangan manfaat dari gerakan-gerakan senamnya.


Buibu yang sedang hamil gimana? Tergantung pilihan dan pertimbangan masing-masing ya mau di rumah atau di klinik bersalin/rumah sakit, dan sebaiknya konsultasiin dulu dengan dokter kandungannya.

Baca juga tulisan Mba Armita tentang Pengalamannya Menggunakan BPJS

Oia, beberapa hari yang lalu, pas berkunjung ke dokter kandungan, saya beli Tabloid Nakita. Buka-buka halaman, rada kaget membaca artikel tentang olahraga paling kekinian buat buibu hamil. Dan olahraga ini tergolong berat. Apa aja? Cekidot!


TRX (Total Body Resistance Exercise)

gambar: pojokpitu.com

TRX mulai populer di kalangan ibu hamil, terutama di kota-kota besar. Jenis olahraga baru ini menjadikan berat badan sebagai bobot latihan. Gerakan TRX untuk ibu hamil dipilih yang sederhana, tapi tetap bermanfaat menguatkan otot tubuh, khususnya pinggang dan pinggul. Biasanya, jelang persalinan, ibu hamil membutuhkan kelenturan otot agar memudahkan pembukaan. Seringkali ditemui kasus ibu hamil lama mengalami pembukaan padahal kontraksi udah berlangsung lama. Hal ini dikarenakan otot-otot yang kaku.


ZUMBA

gambar: modicanews.com

Zumba merupakan program kebugaran yang melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak mengikuti ketukan pada musik. Zumba untuk ibu hamil, dipilih gerakan tari yang tidak menghentak dan melompat. Paduan musik dan tari dari zumba diyakini membuat ibu hamil dan janin merasa relaks dan bahagia. Selain itu, efek musik dan gerakkannya bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hal ini juga bisa mengurangi sakit dan ketidaknyamanan ibu hamil di saat hamil.

Bagi ibu hamil yang ingin ikut kelas zumba, sebaiknya memiliki denyut jantung lebih dari 140 denyut per menit selama latihan, biar enggak cepat ngos-ngosan. Durasinya pun enggak boleh lebih dari 30 menit sekali latihan. Disarankan banyak minum air putih biar enggak dehidrasi.


CROSSFIT

gambar: bellcitycrossfit.com

CrossFit merupakan program latihan yang banyak menggunakan gerakan fungsional seperti squat, menarik, mengangkat, lari, menendang, dan melempar yang dilakukan dalam waktu singkat. Syarat bumil bisa mengikuti olahraga ini adalah sebelumnya udah terbiasa berolahraga karena tubuhnya harus benar-benar bugar. 

Manfaat dari olahraga ini bagi ibu hamil ternyata banyak banget lho. Bisa mengurangi rasa lelah, pegal, kram, melatih pernafasan, melancarkan aliran darah, membuat tidur lebih nyenyak, janin mendapat oksigen lebih optimal, habis lahiran pematangan otak bayi lebih tinggi, dan adanya regulasi tekanan darah. Wow! Tapi, CrossFit hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan isntruktur yang juga mengerti kondisi ibu hamil.

Jadi mau nyoba yang mana bu? Saya masih betah dengan senam hamil frisian flag :D kalau pun disuruh memilih, paling zumba. Dua lainnya terlalu ekstrim buat saya, hehe.

Sunday, 9 October 2016

Orang Tua Sumbu Pendek, Sayakah?



ibubahagia.com - Pernah dengar istilah tantrum bu? Salah satu penyebabnya, biasanya karena anak belum bisa mengkomunikasikan perasaan atau keinginan mereka dengan baik. Nah jika yang terjadi sebaliknya gimana ya? Orang tua yang belum bisa mengkomunikasikan perasaan atau keinginan mereka dengan baik. Biasa mengomel, berteriak dan membentak. Bolehlah orang tua demikian diberi predikat orang tua sumbu pendek.

Tuesday, 4 October 2016

Perawatan Yang Harus Dilakukan Istri Agar Selalu Cantik Di Mata Suami


ibubahagia.com - Apa saja perawatan yang harus dilakukan istri agar selalu cantik di mata suami? Yuk disimak....

Baca juga tulisan Dessy: Perempuan-perempuan Tercantik

Tubuh

Setelah menikah dan memiliki anak, biasanya ada beberapa bagian tubuh yang kondisinya enggak lagi sama. Terutama pada bagian perut dan payudara. Si stretch mark muncul dengan seksama dan kondisi kedua bagian ini tak lagi kencang seperti sedia kala. Huhu..

Saya coba googling kira-kira perawatan seperti apa yang bisa dilakukan agar kondisi kedua bagian ini bisa kece lagi, minimal enggak parah-parah amat lah *enggak usah dibayangin ya, hehe. Plus pengalaman dari teman juga. Secara alami diantaranya:
  • Saat hamil rutin ngolesin minyak zaitun di bagian-bagian yang akan memunculkan stretch mark
  • Setelah melahirkan bisa menggunakan (cakrawalasehat.blogspot.co.id):
  1. Kentang; irisan kentang berukuran sedang-tebal digosok secara perlahan secara bergantian. Diamkan beberapa menit lalu basuh dengan air hangat hingga bersih.
  2. Lidah Buaya; lidah buaya yang sudah tua belah menjadi 2 bagian, lalu gosokkan gelnya ke daerah yang terkena strecth mark. Diamkan selama 5 menit lalu basuh dengan ari hangat.
  3. Rajin Minum Air Putih; minum air putih yang banyak dapat menjaga elastisitas kulit.
  4. Lemon; potong 2 lemon menjadi 2 bagian. Bagian dagingnya gunakan untuk mengoles strecth mark dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit. Setelahnya cuci dengan kain lembut yang dibasahi air hangat.
  5. Bubuk Coklat; tambahkan air secukupnya hingga berbentuk masker. Oleskan pada daerah stretch mark selama 15 menit. Lakukan 1 hari 2 kali selama 1-2 bulan berturut-turut.
  6. Putih Telur; bagian putih telur dikocok sebentar menggunakan garpu. Oleskan dengan tangan. Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air dan sabun.



Karena saat ini saya sedang hamil, saya mencoba rutin menggunakan minyak zaitun di bagian-bagian yang akan menimbulkan strecth mark. Pengen juga sih nyobain yang lain, toh strecth marknya udah nagkring sejak melahirkan anak pertama, ngehehe.



Ehya, olah raga penting juga loh ya. Alhamdulillah saat saya hamil ataupun setelah hamil tetep singset jadinya olah raga ringan aja kayak jalan kaki atau lari pagi, sejauh ini cukup itu aja sih. Simpel murah  meriah :D

Ke salon penting enggak? Penting enggak penting, selama budgetnya ada ya mending ke salon. Hayyo pakbapak, kalo pengen istrinya kinclong minimal 1xsebulan deh suruh ke salon. Jagain anak-anak, paling 2-3 jam atau lebih-lebih dikit. Toh cantiknya buat pakbapak juga ^_^


Pikiran & Hati

Hello... cara merawat pikiran gimana caranya? Pake sabun? Lulur? Sabarr bu.. sabar.. :D pasti udah familiar donk sama istilah positive thinking & positive feeling. Cantik bagi suami kayaknya enggak hanya secara fisik aja, tapi juga pikiran dan hati kita.

Misal: Saat suami telat pulang kerja dan enggak sempat ngasih kabar.

Pikiran Negatif: Suami kelayapan, suami enggak pengertian karena istri udah capek seharian beberes rumah dan jagain anak-anak, dst.

Pikiran Positif: Suami lembur dan sibuk jadi enggak sempat ngasih kabar.

Perasaan Negatif: Merasa cemburu, bisa cemburu karena merasa ada wanita lain atau cemburu dengan pekerjaan suami (merasa suami lebih mementingkan pekerjaan).

Perasaan Positif:  Istri percaya dengan suami. Suami menyayangi keluarga dan bekerja untuk keluarga. Toh lemburnya enggak tiap hari.


Kebayang donk kalo kita diliputi perasaan dan pikiran negatif? Mau make up-an setebel apa juga, jadi enggak cantik di mata suami. Capek-capek kerja, pulang pengen rehat, malah ditodong pertanyaan dan muka masam.


Nah, apalagi kondisi iman itu fluktuatif alias naik turun? Saat iman oke masalah seolah mudah, tapi kalo lagi turun kenapa jadi gampang sewotnya. Jadi gampang sensi & konflik sama suami. Kalo udah begini trus piye? Coba cek ricek lagi hubungan sama Allah, gimana ibadahnya apa udah mulai lalai, kendor, atau yang biasa dilakuin udah enggak dilakuin lagi. Semangat menjaga dan merawat ibadah, dan jangan lupa berdo'a:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia)." (QS. Ali Imran: 7).

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas ketaatan kepada-Mu. (HR. Muslim (no. 2654)).


Thursday, 29 September 2016

Memenuhi Kebutuhan Sembari Menabung, Belanja di ShopBack Dapat Cashback!



Beberapa hari yang lalu saya ngeliat postingan teman blogger tentang ShopBack.co.id. Habis baca langsung colek Pak Suami, "Bi ada aplikasi baru nih. Asyik juga kayaknya. Order via aplikasi ini bisa dapet cashback." Trus saya coba nyari tau lebih jauh soal ShopBack.

Apa sih ShopBack?

"ShopBack merupakan situs di mana kamu bisa mencari dan mendapatkan penawaran & diskon menarik dari sekitar 300 toko, plus Cashback. Makna CashBack adalah pendapatan uang kembali. Ketika kamu berbelanja online melalui ShopBack, kami mengembalikan sebagian uang yang kamu bayar dalam bentuk Cashback. Ini berarti kamu bisa berhemat dengan mendapatkan uang ekstra yang tak terbatas setiap kali kamu belanja online melalui ShopBack."

Hm... makin paham. Akhirnya kemarin saya nyobain. Download aplikasinya terus order. Sebenernya saya bukan tipe istri suka shopping :D cuma memang lagi ada kebutuhan jadinya ya sekalian. Sambil do'a masuk pasar *wkwkw, saya pilih Lazada karena cashback buat produk fashionnya yang paling gede, *dasar emak-emak.

Penampakan aplikasi ShopBack di Play Store. Habis download pilih Negara domisili deh. Di Apple Store juga tersedia lho.

Tampilan Home ShopBack, berbagai e-commerce yang bisa dipilih. Toko Favorit buibu apa? Semua lengkap ada di sini ^_^

Nemu barang yang dicari, masukin ke keranjang. Tapi saya nanya ke suami lagi, maklum yang keranjingan belanja di aplikasi itu suami. Buat printilan mobil ada aja yang dibeli, *ck..ck.. Saya nanya kalau orderan di bawah 50 ribu bisa transfer via atm atau enggak, *belanja apaan tuh murah banget :p dan kata suami bisa. Etapi habis ngejawab malah mau ikutan order juga, eeaaa.. 

Ternyata enggak butuh waktu lama buat dapetin cashbacknya. Mayan euy, bisa memenuhi kebutuhan sembari menabung. Orderan perdana udah nabung Rp. 24.860,-

Cashback ini bisa diklaim dengan minimum Rp. 50.000,- dan bisa juga ditarik ke rekening bank di bawah ini yang kita punya.
    

Next ada beberapa kebutuhan lagi yang harus saya beli. Di Bukalapak sama Matahari Mall boleh nih. Karena lagi ada voucher Bukalapak, cek di sini dan Matahari Mall, cek di sini.

Manfaat Belanja di ShopBack


  • Lebih hemat dan menguntungkan jika dibandingkan dengan langsung membeli di e-commercenya, karena bisa mendapatkan tambahan uang cashback sampe 30%
  • Bisa menggabungkan promo, diskon, voucher, kode kupon dari e-commerce plus cashback dari ShopBack, jadi jauh lebih hemat!
  • Via ShopBack, belanja segala macam barang atau produk bisa dapat cashback! Seperti pulsa, gadget, smart phone, tiket pesawat, tiket kereta, tiket nonton bioskop, pesan hotel, voucher makan, makanan ringan, fashion, make-up, kebutuhan ibu dan balita seperti popok dan susu, daaan masiiiih banyak lagi :D

ShopBack juga memiliki program ajak teman. Saya baru mau nyobain, hehe. Nah, setiap anggota baru yang diajak, kita bakal dikasi 25 ribu. Aseeeek kaaaan... Tapi baru dikatakan sah kalau si teman udah mendaftar dan ikutan shopping melalui ShopBack. Dan semua bonus baru bisa terlihat kalau si teman udah memenuhi persyaratan pembelian minimum dan pas cashback mereka bisa di klaim.

So, kapan ajakan dikatakan sah? Saat anggota baru yang diajak udah mendaftarkan diri di ShopBack dan mengorder dengan total minimum 125 ribu.

Ayo yang mau daftar bisa via saya ya :D

Serunya lagi, ShopBack juga sering mengadakan campaign promo seperti Pesta Cashback Nasional. Saya ingatkan lagi ya, jangan lupa do'a masuk pasarnya! :D Tuh liat aja promo hari ini, bikin ngileeerrr kaaan. Tapi teteeeeep, pas butuh aja ya bu. Atau di saat isi lemari mulai di gulirkan ke yang membutuhkan. Beli satu keluar satu, seeep!



Nonton videonya dulu yuk biar makin paham!


Untuk lebih detail gimana cara kerja dari ShopBack, buibu bisa lihat di https://www.shopback.co.id/cara-kerja.

Belanja Cermat dan Hemat? ShopBack-in aja!

Tuesday, 27 September 2016

Yuk Bu, Mulai Bersihkan Handphone Kita!


Menurut beberapa survey, pengguna handphone udah banyak banget di Indonesia. Bahkan bukan anak muda aja nih, orang yang udah tua pun menggunakan handphone sebagai alat komunikasi yang canggih. Jadinya ya enggak heran kalau handphone menjadi alat yang wajib dimiliki dan sangat banyak ditemui di toko hanphone online indonesia. Tapi.... Apakah buibu rutin merawat handphonenya bu? Hal ini dikarenakan banyak orang yang hanya menggunakan tapi lupa untuk merawatnya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam merawat handphone adalah dengan membersihkan handphone kita dari debu ataupun bekas makanan yang menempel. Berikut ada beberapa cara yang bisa buibu praktekan dalam membersihkan handphone.

Membersihkan Layar
Handphone di era digital ini udah banyak yang menggunakan layar sentuh karena bisa memudahkan pengguna dalam menggunakanya. Tapi terkadang kita sering lupa kalau handphone kita layar sentuh dan langsung saja memegangnya padahal kita sedang makan es krim atau permen. Jika hal tersebut terjadi maka layar sentuh handphone kita akan banyak terdapat bercak-bercak bekas permen atau es krim yang lengket. Jika hal tersebut terjadi, buibu bisa membersihkannya dengan minyak kayu putih. Taruh minyak kayu putih pada tisu kemudian sapukan pada layar. Hal ini juga efektif untuk membersihkan debu.

Membersihkan Keypad
Jika handphone buibu masih menggunakan handphone dengan keypad dan yang pasti bukan layar sentuh, maka pasti akan banyak debu yang menempel atau menyelip pada keypad. Kalau hal tersebut terjadi maka ada baiknya buibu bersihkan menggunakan kuas kecil yang berukuran sedang untuk membersihkan sela-sela keypad dari debu. Tinggal disapukan saja. Jangan sampai buibu lupa dan membuat debu menjadi tebal. Buibu bisa membeli kuas pembersih keypad handphone ini di toko handphone terdekat. 

Semangat bersih-bersih! ^_^

Sunday, 25 September 2016

Chapter 2: Inilah 10 Alasan Kenapa Wanita Takut Hamil (Lagi)


Kenapa ya sebagian buibu takut hamil (lagi)? Kalau ditanya ke saya, mungkin saya lebih ke cemas. Ada rasa cemas yang kadang menurut saya wajar, kadang juga enggak, hehe. Jadi saya lebih enak menggunakan istilah cemas dari pada rasa takut. Boleh ya? ^_^



Kecemasan atau anxiety berasal dari bahasa Latin 'angustus' yang berarti kaku, dan 'ango, anci' yang berarti mencekik. Menurut Taylor kecemasan adalah suatu pengalaman subjektif mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dan ketidakmampuan menghadapi masalah atau adanya rasa aman. Perasaan yang tidak menyenangkan ini umumnya menimbulkan gejala-gejala fisiologis dan gejala-gejala psikologis. Lantas ciri-cirinya seperti apa?

Gambar: Lintaspos.com

Ciri-ciri kecemasan menurut Nevid diantaranya:
  • Secara fisik meliputi kegelisahan, kegugupan, tangan dan anggota tubuh bergetar atau gemetar, banyak berkeringat, mulut atau kerongkongan terasa kering, sulit berbicara, sulit bernafas, jantung berdebar keras atau berdetak kencang, pusing, merasa lemas atau mati rasa, sering buang air kecil, merasa sensitif, atau mudah marah.
  • Secara behavioral meliputi perilaku menghindar, perilaku melekat dan dependent, perilaku terguncang.
  • Secara kognitif meliputi khawatir tentang sesuatu, perasaan terganggu atau ketakutan terhadap sesuatu yang terjadi di masa depan, keyakinan bahwa sesuatu yang mengerikan akan segera terjadi tanpa penjelasan yang jelas, ketakuan akan kehilangan kontrol, ketakutan akan ketidakmampuan untuk mengatasi masalah, berpikir bahwa semuanya tidak bisa lagi dikendalikan, merasa sulit memfokuskan pikiran dan berkonsentrasi.
Nah, sebelum beranjak ke bahasan selanjutnya, kira-kira buibu yang ngakunya takut atau cemas hamil lagi, merasakan hal-hal di atas enggak? Kalau enggak, mungkin masih dalam taraf khawatir. Lagian nih, biasanya yang khawatir pas dikasi kepercayaan lagi buat hamil, tiba-tiba bisa aja gitu jadi kuat menghadapi pas si test pack bergaris dua. Ibarat kata, mau enggak mau, suka enggak suka ya dijalanin. Namanya juga rejeki, mana ada yang enggak suka, bener ya? hehe...

Gambar: laksani.com


Biasanya yang dikhawatirkan buibu apa ya?

Hasil survey kecil-kecilan saya di facebook dan juga hasil baca-baca diperoleh beberapa kesimpulan, diantaranya:
  1. Belum siap dengan masa-masa kehamilan; emesis, pusing, mudah lelah, dst.
  2. Jarak usia anak berdekatan; repot menghandle, khawatir enggak bisa adil
  3. Pengalaman melahirkan; proses pembukaan/melahirkan lama, pendarahan, melahirkan sendiri, operasi caesar
  4. Kondisi bayi saat dalam kandungan; bayi terkena TORCH, keguguran, meninggal sebelum dilahirkan
  5. Kondisi bayi setelah dilahirkan; dirawat cukup lama karena beberapa indikasi medis seperti prematur, kuning, bahkan hingga berujung kematian.
  6. Kondisi kesehatan ibu; mengharuskan ibu minum obat seumur hidup
  7. Faktor usia
  8. Biaya hidup; pendidikan, makan, dst.
  9. Pernah mengalami baby blues atau post partum depression
  10. Mendengar cerita/pengalaman orang lain yang tidak menyenangkan
Gambar: similac.ca


Trus gimana cara mengatasinya?

Jika masih dalam taraf khawatir atau cemas yang enggak berlebihan saya biasanya cek ricek lagi hubungan dengan Allah, meningkatkan kualitas & porsi ibadah dan self talk juga. Tapi jika buibu sudah masuk taraf cemas berlebihan hingga trauma, sebaiknya ke Psikolog atau Psikiater ya.

Nah self talknya seperti apa? Ini adalah gabungan metode yang saya peroleh dari pelatihan Emotional Freedom Technique, Neuro Linguistic Programming dan juga  dari buku. Metode ini saya share dan dilakukan juga oleh teman-teman saya di Happy Mom Community (dulu bernama Komunitas Ibu Bahagia) di grup Whats App.


*Being a Happy Mom Class: #4 @ Hommy*

1. Tulislah 10 hal yang membuat Ibu cemas dan nilailah seberapa besar kecemasan yang ditimbulkan (1-10)

2. Urutkan kembali daftar itu dari nilai terendah hingga tertinggi. Mulailah menyelesaikan hal-hal dalam daftar sekurang-kurangnya satu kegiatan setiap minggu.


Cara Menyelesaikan:

Pertama, sering-seringlah self talk (terutama saat cemas) dengan mengucapkan,
"Saya menerima rasa cemas ini karena ................... dan saya maafkan diri saya karena sudah mencemaskan hal tersebut. Laa hawla wa laa quwwata illa billah."


Kedua, tulislah:

- Saya meyakini bahwa dengan menerima dan memaafkan rasa cemas ini akan membuat saya lebih baik, tenang dan bahagia.

- Saya memutuskan untuk menerima dan memaafkan rasa cemas ini karena akan membuat saya lebih baik, tenang dan bahagia.

- Saya melihat/mendengar/merasa diri saya bisa menerima dan memaafkan rasa cemas ini sehingga membuat saya lebih baik, tenang dan bahagia

***Lalu ucapkan sebanyak 3x untuk masing-masingnya dengan mata tertutup. Alasan dan efeknya boleh berbeda-beda.

Ketiga, tentukan 1 tindakan nyata yang akan membuktikan bahwa Ibu telah menginternalisasi prinsip ini. Contoh: Saya bisa tersenyum dengan mudah, degup jantung beraturan, merasa lebih tenang, bahagia dan ikhlas menerima ketetapan dari Allah.


Keempat, bayangkan sahabat Ibu mencemaskan hal yang sama. Berilah mereka beberapa saran dan tuliskan.

Metode di atas juga berlaku untuk hal-hal lain yang membuat Ibu tidak nyaman seperti marah, kesal, takut, dst. Jangan lupa banyak beristighfar dan berdo'a. Dan yakin do'a bakal dikabulkan. Karena salah satu poin diterimanya do'a ya harus yakin ^_^ Semoga bermanfaat.... Dan semoga si takut & si cemas segera menjauh pergi, dan buibu siap hamil kembali. Bismillah....

Tuesday, 20 September 2016

Menjadi Ibu Mendewasakanku



Dulu, gampang banget ya curhat ini itu ke mama. Tapi setelah menjadi ibu, perihal suami atau mertua seakan tabu buat dibagi.

Dulu, mungkin ujian hidup bisa diitung dengan jari. Tapi setelah menjadi ibu, ujian datang seolah dari segala penjuru bumi dan silih berganti.

Dulu, ga banyak orang yang dipikirin. Tapi setelah menjadi ibu, pikiran menjalar ke suami, anak pertama, anak kedua, anak ketiga, dst., hingga orang tua, mertua, ipar, ....

Dulu, masa lalu ga mengambil peran terlalu jauh. Tapi setelah menjadi ibu, inner child muncul menggebu-gebu.

Bener-bener ujian yang menjadi ajang pembuktian, sudah seberapa dewasakah saya setelah menjadi seorang ibu? 


Hari ini... gegara topik ini, saya mulai baca-baca lagi pelajaran psikologi, hehe. Survei membuktikan kalau saya amnesia sama yang udah pernah saya pelajari di bangku kuliah dulu *tutup muka sambil cengengesan*. Alhamdulillah nulis di sini jadi recalling lagi.

*Ijin dulu* ke depan bahasanya nano-nano ya, non formal-formal, rada susah membahasakan kembali, bisa-bisa beda arti :D Pertamanya saya mau bahas dulu mengenai dewasa awal.

Masa dewasa awal menurut tokoh Psikologi Papalia adalah merupakan masa transisi dari remaja menuju dewasa. Masa ini disebut masa muda. Transisi ini ditunjukkan dengan kemandirian ekonomi dan kemandirian membuat keputusan (karir, nilai-nilai, keluarga, hubungan, dan gaya hidup), dan merupakan transisi dari sekolah menengah menuju universitas. Tahapan perkembangan ini dimulai ketika seseorang berumur 20 tahun - 40 tahun.

Mengenai kedewasaan/kematangan diri ada beberapa definisi menurut para ahli Psikologi. Yang paling mudah dipahami menurut saya definisi dari Maslow. Menurutnya kedewasaan ditandai dengan kemampuan seseorang dalam mengaktualisasikan diri, menggunakan dan memanfaatkan secara utuh seluruh bakat, kapasitas-kapasitas, potensi-potensi dsb. Dilengkapi oleh P. Tillich bahwa kedewasaan biasanya ditandai dengan adanya keberanian untuk hidup, sifat yang mandiri, serius, tekun, rasa tanggung jawab, serta dapat menerima kenyataan hidup.

Karena usia menikah (menjadi ibu) berkisar di usia dewasa awal, perlu deh mengetahui apa saja tugas perkembangan kita.

Inilah tugas-tugas perkembangan dewasa awal menurut Havighurst:

1. Memilih teman bergaul (sebagai calon suami atau istri).
Ta'aruf nih yeee....

2. Belajar hidup bersama dengan suami istri.
Ajang menerima segala kelebihan dan kekurangan suami istri

3. Mulai hidup dalam keluarga atau berkeluarga.
Massa bertambah, ada anak-anak, orang tua/mertua jika masih hidup bersama dalam satu rumah.

4. Mengelola rumah tangga.
Manajemen pembagian tugas dan peran, pengelolaan keuangan, dll.

5. Mulai bekerja dalam suatu jabatan.

6. Mulai bertanggung jawab sebagai seorang warga Negara yang layak.
Mulai membuat ktp, kartu keluarga, bayar pajak, mematuhi peraturan lalu lintas, dll.

7. Memperoleh kelompok sosial yang seirama dengan nilai-nilai pahamnya.
Kalau dulu sebelum menikah masih hobi genk-genk-an, setelah menikah memilih untuk berkomunitas yang sefrekuensi.

Udah ngerjain semua tugas-tugas di atas? :D Dalam melaksanakannya, pasti deh yang namanya ujian akan selalu ada. Yang pasti semakin nunjukin kalau kita udah dewasa ato belum dalam menghadapinya.

gambar: eremedia.com

Soal kedewasaan ini, ada beberapa gagasan Allport mengenai kedewasaan:

1. Allport tidak percaya bahwa orang yang matang dan sehat dikontrol dan dikuasai oleh kekuatan-kekuatan tak sadar yang tidak dapat dilihat dan dipengaruhi, tidak didorong oleh konflik tak sadar. Begitu pula dengan tingkah laku mereka, tidak ditentukan oleh hal atau kejadian yang jauh dari pandangan (masa lalu). Kekuatan-kekuatan tak sadar itu hanya mempengaruhi orang yang neurosis. Individu yang sehat dan yang berfungsi pada tingkat rasional dan sadar, menyadari sepenuhnya kekuatan yang membimbing mereka, serta dapat mengontrol kekuatan-kekuatan itu.

2. Kepribadian yang matang tidak dikontrol oleh trauma dan konflik masa kanak-kanak. Orang yang sehat dibimbing dan diarahkan pada masa sekarang, oleh intensi dan aspirasi-aspirasi masa depan, berpandangan optimis, tidak kembali pada masa lalu.

3. Antara orang yang sehat dan orang neurosis tidak ada kesamaan secara fungsional. Dalam pandangan Allport orang yang neurotis berada pada kehidupan konflik dan pengalaman masa anak-anak, sedangkan orang yang sehat berfungsi pada suatu taraf yang berbeda dan lebih tinggi.

4. Allport lebih memfokuskan mempelajari orang dewasa yang matang, berlawanan dengan tokoh psikologi lainnya yang lebih berfokus pada orang neurosis.

**Neurosis adalah gangguan mental yang mengenai sebagian kecil aspek kepribadian, dan orang yang mengalaminya masih dapat melakukan pekerjaan sehari-hari dan tidak membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Bagi saya gagasan Allport cukup menarik. Jika masih belum bisa dewasa menghadapi setiap ujian dan tantangan dalam menjalankan tugas perkembangan sebagai seorang ibu, berarti kita masih berada pada lingkup neurosis. Masih dikontrol dan berada di lingkup kehidupan konflik dan pengalaman masa lalu. Dulu saya sih iyes *jujur. Menerima dan memaafkan masa lalu, serta menyadari jika saya hidup di masa sekarang bukan di masa lalu adalah cara saya menjadi dewasa.

Menjadi ibu bener-bener tantangan yang luar biasa, tapi mendewasakanku.

Kalo ibu sendiri bagaimana?

Sunday, 18 September 2016

5 Alasan Kenapa Ibu Harus Ngeblog

Foto: Raisa Hakim

Hari Rabu kemarin Manajemen Rumah Main Anak meminta saya menjadi narasumber Kuliah Whats App di 4 grup mereka. Tapi bingung mau ngebawain materi tentang apa. Yang paling deket saat ini ya dunia perbloggeran. Walau belum ahli dan masih amatiran, sekedar ngajakin ibu-ibu buat ngeblog boleh lah ya. Bagi temen-temen blogger yang baca, cmiiw yak. Maklum masih belajar.. Berikut materinya:

Assalamu'alaykum.. hai hallo buibu RMA 😊 Semoga hari ini 3S, Sehat Semangat Selalu!

Saya ijin pake bahasa non formal ya. Seperti yang biasa saya tulisin di blog saya, www.ibubahagia.com. 

Hari ini saya dapet tugas dari Rumah Main Anak bikin materi seputar ngeblog.
Ngajakin ibu-ibu jadi blogger ceritanya..

Sedikit cerita, saya mulai ngeblog sejak tahun 2008. Isi blognya ya seputar kehidupan saya sebagai seorang mahasiswi yang jauh dari keluarga, tulisan-tulisan saya yang dimuat di media massa, curhat, dan tulisan aneh lainnya, hehe. Hasil copasan ada juga, tapi selalu nyantumin sumbernya.

Blog pertama saya di tahun 2008. Singgah beberapa hari yang lalu, trus edit-edit dikit, hehe.

Iseng, hobi dan efek rasa penasaran yang tinggi, saya nyoba berbagai macam blog gratisan. Sebut saja wordpress, blogspot, kompasiana, multiply, tumblr. Tapi yang bertahan hanya di wordpress, karena dirasa paling nyaman dan mudah dioperasikan.

Setelah menjadi ibu, saya mulai sering absen ngeblog. Susah diwaktu, terlebih memiliki anak dengan usia berdekatan dan berkuping nyaring. Saat mereka udah tidur saya tetep ga bisa ngeblog. Gerak dikit aja buat ninggalin tempat tidur, eh langsung bangun, hehe.

Akhir tahun lalu, saat mereka beranjak mandiri dan bisa tidur lebih nyenyak, dan saya pun udah mulai bisa menyesuaikan diri dan memanage waktu dengan lebih baik, akhirnya ibubahagia.com lahir. Diikuti lahirnya blog portofolionya anak-anak sekolahkudirumah.blogspot.com bulan lalu.

Eaa jadi kepanjangan. Katanya sedikit kenapa jadi panjang? 😁 Stop di sini aja ya, kalo dilanjutin dari lahirnya si blog sampe sekarang bisa-bisa nambah beberapa paragraf lagi, wkwk. Baiklah, sekarang kita masuk ke bahasan mengenai blog itu sendiri.

Apa itu blog?

Saya kutip dari solozine .com - Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Foto: Raisa Hakim

5 Alasan kenapa ibu harus ngeblog

Ga ada kewajiban juga sih bu, hehe. Tapi akan ada beberapa manfaat yang bisa ibu peroleh dari ngeblog, diantaranya:

1. Memenuhi kebutuhan ngobrolnya ibu-ibu
Katanya perempuan itu butuh ngobrol minimal 20ribu kata per hari. Saat kebutuhan ngobrol itu ga terpenuhi, kata temen-temen saya yang ngobrol jumlah perkatanya segitu, ngeblog akan sangat-sangat membantu 😁 *tambahan, dengan bergabung dengan komunitas-komunitas blogger, pastinya ada momen kopadaran, nambah temen nambah temen ngobrol deh.

2. Stress Release
Hasil penelitian Dr. James W. Pennebaker menunjukkan kalo kegiatan mencurahkan isi hati (self-disclosure) bisa berpengaruh positif pada perasaan, pikiran & juga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Plus melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres yang kesimpen di dalam diri.

Tapi jangan curhat transparan ya bu, hehe. Maksudnya curhatannya bisa diolah menjadi tulisan yang enak dibaca dan menginspirasi pembaca. Kalo berbentuk keluhan, cukup ke Allah aja lah ya 😊

3. Media penyimpanan portofolio anak
Bagi saya posting di instagram awalnya seru. Tapi belakangan ada beberapa hal yang kurang nyaman. Diantaranya has tag yang khusus dibuat untuk menandai kegiatan anak-anak, bisa ga jadi khusus lagi. Karena terkadang ada akun lain yang menggunakan has tag yang sama. Jadinya kecampur-campur.

Selain itu ada efek rasa malas bikin caption, hehe. Khawatir pas bikin bukan ngasi informasi dan inspirasi, tapi malah jadi ajang mejeng anak udah bisa itu ini, belum mikirin followers, likers, dll. Walhasil saya bikin blog lagi.  *tambahan, selain mudah diedit, keuntungan bikin portofolio anak di blog akan lebih awet & terjaga. Pernah bikin di file map, tapi kemudian hilang habis dimainin anak-anak, huhu.

4. Nambah penghasilan
Tau ga bu, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan kalo diseriusin. Kalo blog kita udah memenuhi syarat tertentu, bisa deh tuh dapet produk gratisan buat direview, gratis di undang ke event-event kece, job review, content partner, dll. 

Belum lomba-lomba yang berseliweran berhadiah jutaan rupiah, wuuuiiidiii.. Untuk bahasan ini yang biasa disebut monetize akan cukup panjang. Saya juga masih belajar dan bertahap menuju ke arah blogger profesional. Insya Allah kalo ada yang minat bahasan ini, lain waktu saya tulis di blog saya.

5. Amal Jariyah
Salah satu amalan jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Nah jadiin ajang ngeblog ini sebagai media kita beramal jariyah. Jika bermanfaat, bisa menginspirasi pembaca, dan diamalkan oleh pembaca di rumah, insya Allah pahalanya ngalir ke kita.


Bisa ngeblog dimana aja?

Pilihannya banyak bu. Seperti biasa ada plus minusnya. Kalo saya sejauh ini lebih nyaman di wordpress atau ga di blogspot. Pilihan lain bisa di tumblr, kompasiana, blogdetik, dll. Cara bikin blog ada tutorialnya di mana-mana 😊 tinggal googling atau youtubing aja.


Oke, sekian materi dari saya. Masih belajar juga sebenarnya 😆Semoga bermanfaat!


Shona Vitrilia,
Mom Blogger

Twitter: @ibubahagia_
Instagram: @ibubahagia
Blog: www.ibubahagia.com / www.sekolahkudirumah.blogspot.com


Sesi Tanya-Jawab


#1. Assalamualaikum.. Uni shona, mau tanya tips untuk memperindah blog agar gak monoton dengan tulisan saja? apa ada referensi blog tutorial atau buku untuk mengoptimalkan fitur di blog? Saya bikinnya di wordpress.. terima kasih :). (Intan, depok, RMA1).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Intan 😊 url blognya apa mb? Kalo WP biasanya pengaturan untuk themenya lebih mudah dan banyak pilihan, baik yang free maupun yang berbayar. Kalo saya suka ditambahin header juga, plus widget-widget yang enak dipandang mata, kayak medsos2 kita, atau gambar link komunitas blogger yang diikuti 😘 ubah backgroundnya dengan wallpaper kesukaan kita *googling aja yang sesuai selera. Semua dominan saya pelajari sendiri, trial error. Trus juga tambahin ketegori/menu. Kalo tersendat tinggal googling, misal "cara membuat menu di wordpress." Bakal banyak mba keluar tutorialnya. 



#2. Uni shona, bagaimana uni menejemen waktu untuk menulis disela kesibukan? Apakah dijadwalkan setiap hari atau seperti apa? Dan bagaimana cara bikin blog yang menghasilkan duwit???😁 (Aini-Pati-/RMA1).

Jawab: Maunya setiap hari minimal 30 menit, tapi kenyataan di lapangan seringkali ga sesuai, hehe. Belum terlalu bisa konsisten sayanya mba. Tapi untuk kebutuhan ngeblog Alhamdulillah masih bisa termanage dengan baik. Biasanya saat anak-anak tidur, anak-anak main di luar kamar, selepas tahajud. Nah cara bikin blog menghasilkan duit ini cukup panjang penjelasannya 😁 ada istilah-istilah bahasa planet yang nanti malah bikin bingung, he. Insya Allah lain waktu saya tulis di blog saya, oke mb? 😉



#3. Teh Shona yang baik.. Apa bedanya Blog yang gratisan seperti di wordpress dan blogspot dan yang berbayar. Kalau boleh tau berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau pakai yang berbayar.. Trus diantara sekian yang gratisan saya kok kurang nyaman dengan beberapa iklan yang anoying 😊 gimana ya sebaiknya antara mau ngeblog yang gratisan tapi takut ngeliat iklan yang "aneh". Makasih sebelumnya teh atas ilmu nya.. (Nailah, Jkt, RMA 2).

Jawab: Aslm. Mba Nailah yang baik.. 😊 kalo blog gratisan itu hanya ngeluarin biaya internetan aja kayak kita bermedsos ria. Kalo berbayar bisa didapat dari jasa penyedia hosting dan domain bebayar. Hosting itu tempat penyimpanan data, foto, video. Kalo domain nama blog yang kita bikin. 

Dari segi urlnya, blog gratisan misal seperti WP ato BP bakal ada embel-embel wordpress .com ato blogspot .com nya. Klo berbayar domain + .com / .net / .id / dll., yg biasa disebut TLD. Biasanya salah satu syarat biar dapet job review dll domain kita harus TLD.

Untuk biaya macem-macem mba. Tergantung jasa penyedia hosting. Saya bikinnya di qwords .com. Suka ngasi harga promo 😁 cek-cek harga di tanggal-tanggal penting, biasanya suka ngasi diskon 😊

Untuk iklan yang anoying selama ngeblog saya belum pernah nemuin mba. Mba nai pake apa? Mungkin karena saya intens make BP n jarang k WP jadi ga nemuin yang aneh-aneh, hehe.



#4. Assalamualaikum Mba Shona. Waah menarik sekali temanya. Jujur saya jg lg pengen banget bikin blog dan lagi nabung beberapa tulisan. Tapi jujus ada kekhawatiran blog jd ajang curhat. Yg kaya Mba Shona bilang, hati2 untuk jangan terlalu terbuka. Adakah tips khususnya Mba untuk meminimalisir ini? Tks. (Anis-depok-RMA 2).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Anis 😊 Caranya kalo saya netapin dulu tujuan ngeblognya apa mba. Boleh curhat tapi curhatnya bikin pembaca terinspirasi, termotivasi ke arah yang lebih baik. Gimana caranya biar bisa menjadi inspirasi? Pastinya hindari kalimat-kalimat keluhan.

Saya ngerasain juga serunya ngeblog itu, kita juga bisa belajar banyak hal, karena modal menulis itu ya membaca. Saat kita punya masalah sebelum nulis di blog, awalnya butuh solusi, eh malah bisa ngasih solusi dari bacaan/referensi. Selanjutnya baru ditulisin. Biasanya saya gitu mba 😊



#5. Asalamualaykum Uni Shona. Materinya bermanfaat sekali Uni. Kebetulan saya udah punya blog menggunakan wordpress, seperti kata Uni shone kalo paling ringan dan simple ya wordpress. Hanya saja sudah lama blog tidak saya update, hehe…  banyak kendalanya Uni, yg paling sering itu saat menyiapkan kata-kata yang saya tulis ujung-ujungnya masuk draft semua karena belum kelar nulisnya.

Gimana Uni Shona membagi waktu ngeblog dgn pekerjaan yg lain dan memunculkan  semangat menulis saat jadwalnya nge-blog? Menurut Uni, apakah kalo kita bikin blog, isi blog kita itu harus terspecialisasi tema tertentu? Supaya jelas identitasnya. Misal, foodblogger yg isinya resep-resep n all about makanan, travelblogger, blog khusus kegiatan anak-anak atau bisa campur apa saja yang kita ingin sharing? Jazakillah Uni Shona yang baik. (Lidya, Sidoarjo, RMA 2).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Lidya.. Alhamdulillah saya ada art yang bantuin sampe jam 11 siang. Pastinya jadi punya waktu luang dan tenaga yang lebih. Paham banget kalo ga ada art, kebayang capeknya, karena saya juga pernah ngalamin masa-masa itu, hehe. 

Biasanya pas anak-anak tidur siang. Tapi nyamannya selepas tahajud. Alhamdulillah saya ga mau bikin saklek soal golden time. Selama ada waktu senggang ya nyicil nulis. Terus juga ga saklek harus di laptop/pc. Buku/Hp/tab pun jadi. Oia untuk memunculkan semangat menulis, inget-inget tujuan menulisnya apa. Kalo inget tujuannya biasanya langsung semangat pol polan 😁

Pernah bikin niche buat ibubahagia.com. tapi kemudian jadi mati gaya mati ide trus lama deh hibernasinya 😅 bagus sih biar jelas personal branding dari blog kita. Tapi saya pribadi sekarang nyaman dengan gado-gado. Jadi job yang datang pun bisa gado-gado, hihi. Tapi untuk kegiatan anak-anak mending dibedain. Pernah juga coba dicampur tapi jadi mempengaruhi kualitas blog *khusus TLD



#6. Assalamualaikum mb.. Terimakasih atas materinya..
Waa saya sudah pengen bikin blog dari setahun yang lalu.. Tapi sampai skrg belum jadi juga. Dibayangan saya ngeblog itu sulit, gak segampang post foto ato bikin tulisan di medsos semacam path, fb, atau ig. Saya juga sudah buat blog, tapi begitu jadi gak diterusin (belum sempat posting apapun) dan sekarang lupa nama dan passwordnya. Sepertinya butuh motivasi dan niat yang lebih serius serta keyakinan bahwa ngeblog itu gak sulit. Nah terkait hal itu, saya ingin tanya kira2 mb punya link seputar cara pembuatan blog n editing blog yang menurut mb paling gampang atau paling mudah dipahami penjelasannya tidak? Terimakasih sebelumnya. (Dayu dian, Jaktim, RMA 3).

Jawab: Wa'alaykumslm mb Dayu.. Selamat mba 😊 udah punya blog. Awal-awal mungkin sulit karena masih penyesuaian & coba-coba. Mba blognya apa? Kalo wordpress saya dulu kebanyakan otodidak. Kalo blogspot otodidak plus googling karena pertamanya make wordpress dan wp terasa lebih mudah daripada blogspot. Googling aja mba, misal, "Cara membuat blog di blogspot/wordpress." "Cara menaruh instagram di blogspot." Dst.. Bakal banyak referensinya dan pada umumnya penjelesannya mudah dipahami insya Allah. *tambahan, utak atik blogspot nanya-nanya ke temen juga.



#7. Assalamu'alaikum... Selalu salut sama emak-emak yg sibuk ngurus anak dan msh bs ngeblok, 😄.  Terima kasih sharing ilmunya bunda.  Pertanyaan saya, nulisnya itu diketik di laptop dulu baru diposting ke blog kah bun? Atau via hp? Lebih efektif ya g mana? (Titin, RMA 3).

Jawab: Wa'alaykmslm Bunda Titin.. Terimakasih 😘 dimana aja bund. Dulu salah satu hal yang bikin saya mandeg nulis karena terpaku sama konsep kalo nulis blog itu ya di laptop/pc. Kalo ga di laptop ga bisa, idenya ga keluar, tulisannya ga ngalir 😁 tapi kemudian pas mulai ngeblog lagi saya menghilangkan pikiran itu, ga ada lagi istilah golden time, kapan ada waktu luang ya nulis. Ga bisa buka laptop, hp/tab pun jadi. Buku pun masih saya gunain sesekali 😊 jadi ga ada alasan buat ga nulis. Biasanya kan alasan ibu-ibu, "Gimana mau nulis, baru buka laptop eh anaknya bangun." Hehe 😁



#8. Hai Bunda Shona, saya punya blog yang saya tulis sejak zaman kuliah di kenandari.blogspot.com. Dulu sih banyak yang suka tapi sekarang blognya udah banyak sarang laba-labanya 😭

Setelah si kecil lahir, saya nulis berbagai "hasil googling" saya, namun dalam bahasa formal di dearbunda.com Sy menulis di sela jam tidurnya.

Cuma beberapa bulan saya konsisten. Sekarang sdh bolong2 krn anak saya (15bln) berkuranggg banget jam tidurnya maaaiiinnn melulu. Kdsaya juga ikutan tidur karena capek. 

Ada kiat mengatur waktu kah dr bunda shona supaya saya bisa rajin nulis lg? Atau memang ada masanya kita harus membersamai anak? 

❤Terimakasih
(Ken Andari / Tangerang / RMA4)

Jawab: Hallo Bunda Ken.. saya cuti nulis sejak anak pertama lahir sampe anak kedua mau usia 1th 10bln 😁 Februari 2013 - November 2015. Paling cuma ngarsipin hasil-hasil kulwap, copas plek. Nah Betul mba, semua ada masanya. Ga selamanya anak-anak kecil. Nikmatin dulu aja masa-masa membersamai mereka 😘  *edit: ternyata terakhir ngeblog itu 3 juni 2014, hehe.

Kalo soal kiat, paling saya karena menyadari kebutuhan, kehadiran art sangat membantu, meski jam kerjanya cuma dari jam 8-11 siang. Sehingga waktu dan tenaga saya bisa saya luangkan untuk bermain bersama anak-anak dan menulis. Menyiasati biar tulisannya bisa sebelum deadline dan ga numpuk, saya harus bersedia mengorbankan waktu tidur. Ga begadang, tapi bangun lebih cepat. Selepas tahajud waktu yang paling pas. Tulisan jadi, pas di pagi hari ready membersamai suami dan anak-anak tanpa harus rempong mikirin tulisan lagi 😊



#9. Salam kenal mba Shona, Senangnya ada yg membahas mengenai blogging. Seberapa pentingkah mengubah domain blog dari yg gratisan ke yang berbayar seperti dotcom dll?
Selanjutnya, saya masih agak bingung bagaimana permulaan para ibu blogger saling bertemu di dunia Maya hingga membentuk suatu komunitas, Apakah ada semacam forumnya atau bagaimana? 

Terimakasih
(Addini / Bekasi / RMA 4)

Jawab: Salam kenal Mba Andini. Sejujurnya awal bikin .com saya sih biar keliatan keren bin kece aja 😁 soal monetization pernah denger, tapi belum ngerti. Jadi ngalir aja gitu. Sampe suatu hari ada beberapa tawaran masuk ke email saya untuk review produk. Saya sempet kaget dan bingung harus jawab apa karna belum punya pengalaman sebelumnya. Intinya saat blog udah jadi Top Level Domain, bisa jadi "menghasilkan." Dan biasanya syarat untuk dapetin job, ya kudu TLD dulu. Meski ada beberapa temen blogger yang blognya bukan TLD bisa dapet job juga, tapi page reviewnya udah ratusan ribu, domain authority dan page authoritynya tinggi. Dan semua butuh proses yang ga sebentar pastinya 😊 *Edit: ternyata blog yang free, DA/PAnya ga berarti, diutamakan keunikan blognya (koreksian teman ;).

Betul mba, kebanyakan berawal di group fb. Ada emak2 blogger, perempuan blogger, muslimah blogger, dll 😊 ini memungkinkan kami untuk saling kenal dan blogwalking 😘

Sekian Kulwap saya di Rumah Main Anak. Semoga bermanfaat ya bu ^_^