SOCIAL MEDIA

Saturday, 20 August 2016

10 Kebiasaan Masyarakat Korea Dalam Hal Kebersihan & Kerapian

Agak bingung sebenarnya mau nulis apa saat giliran tulisannya Mba Lendy yang dijadiin sumber inspirasi PIN KEBandung. Peace Mba! Bukan karena tulisanmu jelek *wkwkw, tapi dirikunya yang bingung kira-kira bakal nulis apa soal-menyoal Korea Selatan. K-Pop? K-Drama? Weleh-weleh.... Walo sesekali (beneran gitu?) ikut nonton tapi ya ga ngerti mau ngupas tentang apanya dan bagian yang mananya *wakwaw.

Bendera negara Korea Selatan
gambar: http://global.liputan6.com/
Mendekati deadline akhirnya keinget sama tulisannya Teh Shinta Rini yang ada di buku Bunda Cekatannya Institut Ibu Profesional. Judul tulisannya "Menyulap Gudang Menjadi Hotel." Mba Shinta yang pernah tinggal di Korea ini bercerita seputar kebiasaan orang Korea yang rapi jali. Saat saya membaca pun baru agak ngeh lho. "Eh iya ya, selama ini kalo nonton K-Drama perasaan semiskin apapun tokohnya, jarang banget ngeliat rumahnya kotor atau berantakan. Pas mereka buka lemari, rapi. Buka kulkas, apalagi. Barang-barang di rumah juga tertata dengan rapi." Rahasianya Apa? Berikut saya kutip dari tulisannya Teh Shinta yang kece.


Ternyata masyarakat Korea Selatan terbiasa:


gambar: careernews.id


Membuang barang-barang yang udah ga kepake di depan rumah atau di pinggir-pinggir jalan biar bisa digunain sama orang yang membutuhkan

Barang yang dibuang bukannya barang yang rusak tapi masih layak pakai, cuma mereka udah ga ngebutuhin lagi. Bahkan sering terlihat masih baru. Mereka ga terbiasa menggunakan peralatan dengan masa pemakaian yang panjang. Bisa jadi karena teknologi peralatan rumah tangga selalu berkembang jadinya mereka menggantinya dengan peralatan yang baru sebelum waktunya rusak. Kalo udah ga bisa ngerawat lagi atau ada perabotan yang lebih canggih, mereka biasanya segera mengeluarkannya dari rumah. Kalau barang berukuran kecil cukup diletakkan di luar rumah. Biasanya kslo ada yang membutuhkan, bisa diambil secara bebas. Kalo ga, biasanya diambil oleh pihak kebersihan. Sehari aja barang ditaruh biasanya besok udah ga ada lagi.


gambar: personalitytiffanykhoirunnisa.wordpress.com


Membuat jadwal harian dan mingguan untuk membersihkan dan merapikan rumah

Mereka disiplin banget soal beginian. Padahal mereka ga punya asisten rumah tangga ato babysitter lho! Mereka selalu ngerjain urusan memasak, bersih-bersih, ngerapiin rumah, & mengasuh anak-anak sendirian.



Gambar: english.visitkorea.or.kr

Bangun jam 6 pagi untuk membuat sarapan keluarga

Persiapan memasak yang praktis & simple membuat urusan memasak di dapur ga ngebutuhin waktu yang lama & dapur selalu bersih. 

gambar: hdimagelib.com


Agar rumah terkesan luas & terlihat ga banyak barang, mereka menyiasatinya dengan furniture built in

Furniture ini bisa berupa lemari built in, yaitu sebuah lemari yang dipasang pada ceruk sebuah tembok, sehingga permukaan lemari sejajar dengan keseluruhan dinding atau tembok. Ada yang didesain sampai langit-langit rumah sehingga menyediakan ruang yang cukup besar buat nyimpen banyak barang. Sementara untuk ruangan kamar dibikin lemari built in berlapis kaca yang menciptakan kesan ruangan yang luas dan cahaya yang terang.


gambar: interiorsbypattillc.com 


Mengatur letak barang-barang di rumah dengan membuat kategori-kategori jenis barang

Pertama, mereka menyiapkan kotak-kotak yang bisa mereka dapatkan dari kotak kemasan makanan, sepatu, kotak susu, dll., untuk menyusun barang-barang sesuai jenisnya. Dengan cara ini mereka udah ngelakuin yang namanya daur ulang yang bermanfaat buat lingkungan. Keren yak! Kotak-kotak tersebut mereka hias dengan kertas kado/kain trus dipakai buat nyimpen barang yang ada. Tampilan isi lemari pun menjadi sangat menarik dan tertata cantik.

gambar: majalahasri.com 


Cara menyusun & merapikan baju di lemari ada seninya

Mereka menggunakan kotak-kotak yang bisa digunakan untuk menyimpang barang sesuai dengan kategori, seperti kotak khusus baju kaos, kotak celana panjang, kotak pakaian dalam, kotak berisi pakaian dalam, dan kotak berisi kaos kaki. Mereka senang melabeli kotak dengan nama barang agar mudah dicari. Sebelum memasukan pakaian ke dalam masing-masing kotak, lebih baik dipili-pilih terlebih dahulu: baju yang jarang dipakai karena sudah kekecilan, sudah lama modelnya, dan rusak dipisahkan di kotak terpisah. Nantinya baju-baju ini bisa di make over modelnya sehingga bisa dipakai lagi dengan style yang baru. Jika baju sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sulit untuk dijahit kembali atau sulit di make over, mereka membuangnya ke tempat sampah khusus pakaian yang sudah disiapkan pemerintah berupa kotak besar berwarna biru layaknya kotak pos surat.


gambar: palembang.tribunnews.com 


Untuk menyusun mainan anak-anak, mereka biasanya meletakkan sebuah kotak kontainer dan dilabeli sesuai dengan jenis mainannya

Misalnya: kotak mainan boneka, kotak mainan lego, kotak mainan kartu, kotak mainan bola, dll. Mereka menyimpan dengan posisi yang rapi. Jika anak ingin mainan boneka, maka orang tuanya akan memberikan kotak mainan boneka. Saat ingin bermain lego, anak-anak harus merapikan dulu semua bonekanya ke dalam kotak untuk ditukar dengan kotak mainan lego. Begitu seterusnya. 

gambar: www.desainic.com


Laci tertata rapi dengan sekat-sekat yang mereka buat sendiri

Sekat-sekat tersebut mereka buat dari triplek yang tingginya kira-kira 3 cm. Kalau ga mau repot mereka biasanya membeli keranjang kotak bersekat banyak untuk menyimpan barang-barang sesuai dengan klasifikasi jenisnya. Misalnya, sendok disimpan terpisah dengan garpu dengan posisi sejajar bukan berdiri, sumpit sendiri, pisau roti sendiri. 

gambar: resepkoki.co


Kulkas tak ubahnya lemari yang tersusun rapi dari beberapa kotak-kotak keranjang & wadah kedap udara yang dilabeli satu per satu

Mereka menyimpan bahan makanan dalam sebuah zipper bag plastic agar makanan tetap segar dan higienis. Serta mudah disusun dalam rak-rak di dalam kulkas. Ga lupa menuliskan tanggal kadaluarsa di setiap wadah penyimpanannya. Untuk menyimpan sayur-mayur, mereka menggunakan kertas koran biar ga cepet busuk.

gambar: www.cleanipedia.com


Cara unik merawat perabotan rumah

Mereka lebih senang menggunakan cuka untuk membersihkan perabotan, membersihkan noda, membersihkan kaca, mengilapkan furniture, dll. Untuk membersihkan kain yang sangat kotor, mereka menyiapkan baskom/panci alumunium khusus untuk merebus kain yang kotor seperti kain lap, kaos kaki, keset dengan detergen cuci dan pewangi pakaian. Hasilnya emang bersih banget. Selain itu mereka juga senang menggunakan serbuk baking soda untuk membersihkan peralatan dapur, menyikat lantai kamar mandi, mencuci baju, membersihkan karpet, mengepel, dsb.


Saya mulai nyicil nerapin di rumah. Memang kerasa perubahan yang signifikan hehe. Terlebih seneng banget suami ikut bantu bikin dus mainan anak-anak terus dibungkusin kertas kado. Terus mulai bikin kotak-kotak klasifikasi barang. Kalo ngebuangin barang yang udah ga dipake di depan rumah kayaknya belum lazim ya di sini. Paling ngasi langsung ke yang membutuhkan. So, gimana buibu, ikut tertarik menerapkan konsep masyarakat Korsel di rumah?





33 comments :

  1. korea-koreaa :D
    apalgi kalo buang sampah mereka selalu mensortir sampah sesuai dengan jenis atau bahan sampahnya, dari kecil sampe kakek-kakek pun semuanya selalu menerapkan hal ini. salut!

    ReplyDelete
  2. keren ya mbaaa... rajin banget yaaa mereka :D

    ReplyDelete
  3. Wiii... Rapihnyaa... *inget kamar sendiri yg berantakan :D.

    Betul, suka ada jadwal buang sampah gitu yang sesuai jenisnya. Aku lihatnya di beberapa drama. Budaya sortir sampah ini juga bisa diteladani. Jadi gampang kalo mau daur ulang ato reuse karena gak kecampur2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, PR kita nih biasanya buat bisa disiplin n konsisten, hh

      Delete
  4. Makasih tulisan ya uni... jd terinspirasi utk mulai menerapkan di kosan ku yang imut.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama yuu... iiih ketauan bukunya belum dbacaa ;p

      Delete
  5. Kalau di drama korea pas liat kerapian rumahnya, ternyata emang bener gitu ya. Harus dicontoh nih, dimulai dari kamar sendiri yang kayak kapal pecah 😁

    ReplyDelete
  6. yg utk skr, aku udh ngelakuin yg box utk mainan anak dan kotak2 wadah utk makanan di kulkas.. sisanya memang msh blm, tp pgn ihhh...itu model2 raknya cakep bgt jdinya yaaa :D rapi... dan eye catching juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah asik donk mba.. ayo semangat nerapin yg lainnya :D

      Delete
  7. Nahh...nah kaan....
    Jadi pingin terbang ke Korea kan yaa...?

    *ketemu sama Abang Min Ho...wkkwkk...
    Maksudnya pingin iat sendiri, di Korea itu gimana kebersihan dan kerapihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaaa.. mupeeeng.. betul2, tp ketemu abang min ho mah ogaaah

      Delete
  8. Aku bangetttttt mak, hobinya kalau lagi nonton drama korea itu ya screenshoot pas interior rumahnya lagi kesorot. Rapiiii banget pokoknya, biarpun ceritanya sang tokoh miskin atau cuma ngekos. Hihihi
    Bisa jadi referensi rumah masa depan ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul maaak... cakeep rapiiih.. mulai skrg aja mak, nyicil yg bisa dl aja hoho

      Delete
  9. Wahhh wahhh... Bagus banget ini ditiru. Mari kita mulai dari diri sendiri, keluarga, dan ke lingkungan sekitar. Semangat menerapkan kedisiplinan, kerapihan, dan kebersihan. Baca post ini salut banget sama orang Korea yah. :*

    ReplyDelete
  10. Duh, rapi banget ya. Pengen deh rumahku kayak gitu...

    ReplyDelete
  11. Ooo..
    Yayaya, sama halnya dengan menerapkan 'satu baju masuk, satu baju keluar'. Rumah jd ngga sesak sama barang2 yg kita punya

    ReplyDelete
  12. Iya sih, kalo barang gak kepakai, aku juga ngasih sama saudara atau teman yg butuh. Menarik lemari built in nya ya, pengen niru deh

    ReplyDelete
  13. Semuanya serba tertata baik ya mba. Anakku ingin sekali ke Korea. Menarik :)

    ReplyDelete
  14. Kebiasaan yang positif berdampak sama hal yang lainnya, displin banget ya mbak

    ReplyDelete
  15. Saya juga suka merhatiin kalau nonton drakor terutama kulkas mereka. Rapiii banget isi kulkasnya. Apalagi kalau tokohnya bengong di depan kulkas, tambah leluasa memperhatikan isi kulkasnya. Hehehe...

    ReplyDelete
  16. Akuu paling suka sama cara orang korea yang ini - > Agar rumah terkesan luas & terlihat ga banyak barang, mereka menyiasatinya dengan furniture built in


    Apalagi nih ya kalau liat film drama korea gitu haha. Biasanya pemain utamanya itu ada dirumah kecil, tapi rumahnya unyu dan rapih dan bersih. Furniturenya pas gitu lho milihnya.
    Coba bisa kayak gitu :D

    ReplyDelete
  17. bikin to do list ini yang kadang aku nggak disiplin huhu :(

    ReplyDelete
  18. Wahh luar biasaaa...disiplin bgt mereka ya mba..gak jauh beda sama masy jepang. Jadi pengen nyicil bebersih rumah hehe

    ReplyDelete
  19. Saya langsung nyatet setiap pointnya di buku catatan, nih! Semoga bisa secepatnya menerapkan seperti cara orang Korea. Apik banget, ya...

    ReplyDelete
  20. Korea emangg keren yakk. Aku juga suka mupeng liat cara mereka ngatur rumah di Drakor. Kerennn.. Begitu juga makanan mereka enaknyaaa 😍
    Kerennulasannya Mbak

    ReplyDelete
  21. Rapi bangettt, bisa dicontoh nih. Hebat!

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^