SOCIAL MEDIA

Monday, 15 August 2016

Referensi Stimulasi Untuk Homeschooling Usia Dini


Alhamdulillah memiliki buku-buku di bawah ini amat sangat membantu saya dalam merencanakan kegiatan untuk anak-anak. Semua-mua ga plek langsung dibeli, tapi tiap bulan dicicil atu-atu, bahkan ada yang dalam rentang waktu yang lama, *emak yang bijak mengelola keuangan keluarga wkwkwk, aamiin.











Saking banyaknya kadang suka bingung mau ngerjain yang mana. Tapi belakangan Alhamdulillah dapet ide kalo tiap minggu ada temanya, jadi lebih terklasifikasi dengan baik dan jelas mau nyari kegiatan kayak gimana di buku-buku tersebut. Sebenarnya masih banyak lagi referensi buku-buku untuk menstimulasi, tapi ya bagi saya sih udah cukup bangeud beud. Belum lagi dari pinterest, banyak banget sebarek-abrek ide kegiatan untuk menstimulasi anak. Belum punya aplikasinya? Download gih bu! Mana printablenya berseliweran, ga ngiler tuh? Heuheuheu...





Untuk kurikulum saya ga saklek sih. Pake Montessori plus kental dengan keislamannya. Tapi ga ditulisin juga. Yang paling utama bagi saya, seperti halnya ibu-ibu kekinian lainnya adalah stimulasi aja. Jika anak bisa, hafal, menguasai maka itu adalah BONUS. Ga ada target, yang penting anak FUN!

Gimana sama lesson plan? Baru mulai nyoba bikin dan ternyata sangat termudahkan dengan adanya perencanaan dibanding mengalir aja. Sifatnya fleksibel, ga harus terlaksana semua karena tetap melihat ketertarikan anak, kondisi anak (capek/lagi mood ga?), bahkan jangan kaget jika tetiba permainan yang sudah disiapkan malah menjadi mainan lain sesuai dengan imajinasi mereka. 

Kalo anak ga tertarik sama permainan yang udah disiapkan gimana? Saya mah udah cukup langganan bu *haha. Tapi jangan tetiba galau terus ga semangat lagi bikin/nyiapin mainannya ya bu. Namanya juga anak-anak, hehe. Simpen dulu, suatu saat dikeluarin lagi. Banyak buibu yang punya pengalaman yang sama, ngeluarin mainan itu lagi di beberapa waktu mendatang. Bisa jadi saat itu mungkin permainan belum sesuai dengan usia anak (terasa sulit), ga mood, capek, dll. Oke, keep semangat ya bu! Bisikin saya kalo ada referensi kece lainnya wokay *teteup.


23 comments :

  1. aseg, makasih referensinya yak
    aku jg lg fokus ke HS mak,
    sukses bwt kita yak, amin

    ReplyDelete
  2. jadi seorang ibu dgn anak2 khususnya balita, emang paling seneng dan antusias membeli buku2 yg berhubungan dgn anak :)

    ReplyDelete
  3. Ninggalin jejak saja, mbak, kalo udah baca hihihi. Saya suka ngiri sama ibu yang bisa HS-in anak. Kalo saya masih belum mampu. Makanya paling cumsn kepoin postingan mereka yang HS-in anak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg masih belajar mba.. skrg sih masih seru2 aja nih. ga tau deh ntar2 hihi moga selalu seruuu

      Delete
  4. Mupeng buku2nya bagus2 kyknya.
    TFS referensinya mbak :)

    ReplyDelete
  5. Keren bukunya banyak. Pengen baca bukunya Maria Montessori itu.

    ReplyDelete
  6. mbak... aku suka foto-fotonya. ngedit pakai apa sih?

    ReplyDelete
  7. Pinterest emang tempat paling pas untuk cari ide atau informasi. Btw thanks for sharing mbak! Seneng deh kalau ada yang bahas homeschooling karena aku kepikiran pengen homeschooling-in anak-anakku nantinya :)

    ReplyDelete
  8. Aku suka dan punya buku yang homeschooling mba. Permainannya asyik2 dan anak sukak. Tapi ortu emang harus telaten juga yaa :)

    ReplyDelete
  9. Aku belum punya anak sih, belum married juga. Tapi mungkin artikel ini bisa aku bookmark suatu saat.

    ReplyDelete
  10. Saya pengen banget homeschooling, tapi susah istiqomah. selalu salut dengan keluarga yg sukses menjalaninya

    ReplyDelete
  11. Kunci Homeschooling ada banyak ya Mbak, tak hanya sabar dan konsisten, tetapi juga tahan digunjing tetangga. Apalagi jika di desa seperti saya ini.

    ReplyDelete
  12. Bukunya bagus2 euy. Pingin punya jg walau anakku ngga HS

    ReplyDelete
  13. Dulu saya pengennya HS Mba.. Tapi setelah Amay tambah besar, rasa ingin tahunya jg kebih besar dan saya khawatir ngga bisa memuaskan dahaganya. Apalagi sbg emak2 rempong, ngga bisa fokus perhatiin Amay kan..jd yowis, kirim ke sekolah.
    Tapi dulu waktu Amay belum sekolah (Amay sekolah umur 4th), saya suka menstimulasi dg cara saya sendiri sih. Kebetulan dulu saya pernah ngajar TK yg pakai kurikulum high scope. Jadi lumayan lah..hehe..ngga "bengong-bengong" juga di rumah. :D

    ReplyDelete
  14. Waaah mba, aku langsung kalap liat buku2nya, pengen ta miliki semua untuk anak2kuuu... Tfs banget ya mba, segera berburu buku ni, hehe

    ReplyDelete
  15. Hahay! Jadi inget pengalaman saat krucilku masih unyu2 dulu ^__^

    ReplyDelete
  16. Kalo ada panduan gini makin yakin ya yg pengen anaknya homeschooling.

    ReplyDelete
  17. Waahh, dulu jaman Falda belom SD, mainannya ini nih, pakai printable, tapi download dari website printable sih, belu pernah yoba dari pinterest. Mungkin juga belum ada pinterest kala itu ya. Memang paling bagus punya planning kegiatan tiap harinya ya, walau kenyataannya bisa aja berubah sama sekali, hahaha.

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^