SOCIAL MEDIA

Sunday, 18 September 2016

5 Alasan Kenapa Ibu Harus Ngeblog

Foto: Raisa Hakim

Hari Rabu kemarin Manajemen Rumah Main Anak meminta saya menjadi narasumber Kuliah Whats App di 4 grup mereka. Tapi bingung mau ngebawain materi tentang apa. Yang paling deket saat ini ya dunia perbloggeran. Walau belum ahli dan masih amatiran, sekedar ngajakin ibu-ibu buat ngeblog boleh lah ya. Bagi temen-temen blogger yang baca, cmiiw yak. Maklum masih belajar.. Berikut materinya:

Assalamu'alaykum.. hai hallo buibu RMA 😊 Semoga hari ini 3S, Sehat Semangat Selalu!

Saya ijin pake bahasa non formal ya. Seperti yang biasa saya tulisin di blog saya, www.ibubahagia.com. 

Hari ini saya dapet tugas dari Rumah Main Anak bikin materi seputar ngeblog.
Ngajakin ibu-ibu jadi blogger ceritanya..

Sedikit cerita, saya mulai ngeblog sejak tahun 2008. Isi blognya ya seputar kehidupan saya sebagai seorang mahasiswi yang jauh dari keluarga, tulisan-tulisan saya yang dimuat di media massa, curhat, dan tulisan aneh lainnya, hehe. Hasil copasan ada juga, tapi selalu nyantumin sumbernya.

Blog pertama saya di tahun 2008. Singgah beberapa hari yang lalu, trus edit-edit dikit, hehe.

Iseng, hobi dan efek rasa penasaran yang tinggi, saya nyoba berbagai macam blog gratisan. Sebut saja wordpress, blogspot, kompasiana, multiply, tumblr. Tapi yang bertahan hanya di wordpress, karena dirasa paling nyaman dan mudah dioperasikan.

Setelah menjadi ibu, saya mulai sering absen ngeblog. Susah diwaktu, terlebih memiliki anak dengan usia berdekatan dan berkuping nyaring. Saat mereka udah tidur saya tetep ga bisa ngeblog. Gerak dikit aja buat ninggalin tempat tidur, eh langsung bangun, hehe.

Akhir tahun lalu, saat mereka beranjak mandiri dan bisa tidur lebih nyenyak, dan saya pun udah mulai bisa menyesuaikan diri dan memanage waktu dengan lebih baik, akhirnya ibubahagia.com lahir. Diikuti lahirnya blog portofolionya anak-anak sekolahkudirumah.blogspot.com bulan lalu.

Eaa jadi kepanjangan. Katanya sedikit kenapa jadi panjang? 😁 Stop di sini aja ya, kalo dilanjutin dari lahirnya si blog sampe sekarang bisa-bisa nambah beberapa paragraf lagi, wkwk. Baiklah, sekarang kita masuk ke bahasan mengenai blog itu sendiri.

Apa itu blog?

Saya kutip dari solozine .com - Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Foto: Raisa Hakim

5 Alasan kenapa ibu harus ngeblog

Ga ada kewajiban juga sih bu, hehe. Tapi akan ada beberapa manfaat yang bisa ibu peroleh dari ngeblog, diantaranya:

1. Memenuhi kebutuhan ngobrolnya ibu-ibu
Katanya perempuan itu butuh ngobrol minimal 20ribu kata per hari. Saat kebutuhan ngobrol itu ga terpenuhi, kata temen-temen saya yang ngobrol jumlah perkatanya segitu, ngeblog akan sangat-sangat membantu 😁 *tambahan, dengan bergabung dengan komunitas-komunitas blogger, pastinya ada momen kopadaran, nambah temen nambah temen ngobrol deh.

2. Stress Release
Hasil penelitian Dr. James W. Pennebaker menunjukkan kalo kegiatan mencurahkan isi hati (self-disclosure) bisa berpengaruh positif pada perasaan, pikiran & juga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Plus melindungi tubuh dari kerusakan akibat stres yang kesimpen di dalam diri.

Tapi jangan curhat transparan ya bu, hehe. Maksudnya curhatannya bisa diolah menjadi tulisan yang enak dibaca dan menginspirasi pembaca. Kalo berbentuk keluhan, cukup ke Allah aja lah ya 😊

3. Media penyimpanan portofolio anak
Bagi saya posting di instagram awalnya seru. Tapi belakangan ada beberapa hal yang kurang nyaman. Diantaranya has tag yang khusus dibuat untuk menandai kegiatan anak-anak, bisa ga jadi khusus lagi. Karena terkadang ada akun lain yang menggunakan has tag yang sama. Jadinya kecampur-campur.

Selain itu ada efek rasa malas bikin caption, hehe. Khawatir pas bikin bukan ngasi informasi dan inspirasi, tapi malah jadi ajang mejeng anak udah bisa itu ini, belum mikirin followers, likers, dll. Walhasil saya bikin blog lagi.  *tambahan, selain mudah diedit, keuntungan bikin portofolio anak di blog akan lebih awet & terjaga. Pernah bikin di file map, tapi kemudian hilang habis dimainin anak-anak, huhu.

4. Nambah penghasilan
Tau ga bu, ternyata ngeblog juga bisa menghasilkan kalo diseriusin. Kalo blog kita udah memenuhi syarat tertentu, bisa deh tuh dapet produk gratisan buat direview, gratis di undang ke event-event kece, job review, content partner, dll. 

Belum lomba-lomba yang berseliweran berhadiah jutaan rupiah, wuuuiiidiii.. Untuk bahasan ini yang biasa disebut monetize akan cukup panjang. Saya juga masih belajar dan bertahap menuju ke arah blogger profesional. Insya Allah kalo ada yang minat bahasan ini, lain waktu saya tulis di blog saya.

5. Amal Jariyah
Salah satu amalan jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Nah jadiin ajang ngeblog ini sebagai media kita beramal jariyah. Jika bermanfaat, bisa menginspirasi pembaca, dan diamalkan oleh pembaca di rumah, insya Allah pahalanya ngalir ke kita.


Bisa ngeblog dimana aja?

Pilihannya banyak bu. Seperti biasa ada plus minusnya. Kalo saya sejauh ini lebih nyaman di wordpress atau ga di blogspot. Pilihan lain bisa di tumblr, kompasiana, blogdetik, dll. Cara bikin blog ada tutorialnya di mana-mana 😊 tinggal googling atau youtubing aja.


Oke, sekian materi dari saya. Masih belajar juga sebenarnya 😆Semoga bermanfaat!


Shona Vitrilia,
Mom Blogger

Twitter: @ibubahagia_
Instagram: @ibubahagia
Blog: www.ibubahagia.com / www.sekolahkudirumah.blogspot.com


Sesi Tanya-Jawab


#1. Assalamualaikum.. Uni shona, mau tanya tips untuk memperindah blog agar gak monoton dengan tulisan saja? apa ada referensi blog tutorial atau buku untuk mengoptimalkan fitur di blog? Saya bikinnya di wordpress.. terima kasih :). (Intan, depok, RMA1).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Intan 😊 url blognya apa mb? Kalo WP biasanya pengaturan untuk themenya lebih mudah dan banyak pilihan, baik yang free maupun yang berbayar. Kalo saya suka ditambahin header juga, plus widget-widget yang enak dipandang mata, kayak medsos2 kita, atau gambar link komunitas blogger yang diikuti 😘 ubah backgroundnya dengan wallpaper kesukaan kita *googling aja yang sesuai selera. Semua dominan saya pelajari sendiri, trial error. Trus juga tambahin ketegori/menu. Kalo tersendat tinggal googling, misal "cara membuat menu di wordpress." Bakal banyak mba keluar tutorialnya. 



#2. Uni shona, bagaimana uni menejemen waktu untuk menulis disela kesibukan? Apakah dijadwalkan setiap hari atau seperti apa? Dan bagaimana cara bikin blog yang menghasilkan duwit???😁 (Aini-Pati-/RMA1).

Jawab: Maunya setiap hari minimal 30 menit, tapi kenyataan di lapangan seringkali ga sesuai, hehe. Belum terlalu bisa konsisten sayanya mba. Tapi untuk kebutuhan ngeblog Alhamdulillah masih bisa termanage dengan baik. Biasanya saat anak-anak tidur, anak-anak main di luar kamar, selepas tahajud. Nah cara bikin blog menghasilkan duit ini cukup panjang penjelasannya 😁 ada istilah-istilah bahasa planet yang nanti malah bikin bingung, he. Insya Allah lain waktu saya tulis di blog saya, oke mb? 😉



#3. Teh Shona yang baik.. Apa bedanya Blog yang gratisan seperti di wordpress dan blogspot dan yang berbayar. Kalau boleh tau berapa biaya yang harus dikeluarkan kalau pakai yang berbayar.. Trus diantara sekian yang gratisan saya kok kurang nyaman dengan beberapa iklan yang anoying 😊 gimana ya sebaiknya antara mau ngeblog yang gratisan tapi takut ngeliat iklan yang "aneh". Makasih sebelumnya teh atas ilmu nya.. (Nailah, Jkt, RMA 2).

Jawab: Aslm. Mba Nailah yang baik.. 😊 kalo blog gratisan itu hanya ngeluarin biaya internetan aja kayak kita bermedsos ria. Kalo berbayar bisa didapat dari jasa penyedia hosting dan domain bebayar. Hosting itu tempat penyimpanan data, foto, video. Kalo domain nama blog yang kita bikin. 

Dari segi urlnya, blog gratisan misal seperti WP ato BP bakal ada embel-embel wordpress .com ato blogspot .com nya. Klo berbayar domain + .com / .net / .id / dll., yg biasa disebut TLD. Biasanya salah satu syarat biar dapet job review dll domain kita harus TLD.

Untuk biaya macem-macem mba. Tergantung jasa penyedia hosting. Saya bikinnya di qwords .com. Suka ngasi harga promo 😁 cek-cek harga di tanggal-tanggal penting, biasanya suka ngasi diskon 😊

Untuk iklan yang anoying selama ngeblog saya belum pernah nemuin mba. Mba nai pake apa? Mungkin karena saya intens make BP n jarang k WP jadi ga nemuin yang aneh-aneh, hehe.



#4. Assalamualaikum Mba Shona. Waah menarik sekali temanya. Jujur saya jg lg pengen banget bikin blog dan lagi nabung beberapa tulisan. Tapi jujus ada kekhawatiran blog jd ajang curhat. Yg kaya Mba Shona bilang, hati2 untuk jangan terlalu terbuka. Adakah tips khususnya Mba untuk meminimalisir ini? Tks. (Anis-depok-RMA 2).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Anis 😊 Caranya kalo saya netapin dulu tujuan ngeblognya apa mba. Boleh curhat tapi curhatnya bikin pembaca terinspirasi, termotivasi ke arah yang lebih baik. Gimana caranya biar bisa menjadi inspirasi? Pastinya hindari kalimat-kalimat keluhan.

Saya ngerasain juga serunya ngeblog itu, kita juga bisa belajar banyak hal, karena modal menulis itu ya membaca. Saat kita punya masalah sebelum nulis di blog, awalnya butuh solusi, eh malah bisa ngasih solusi dari bacaan/referensi. Selanjutnya baru ditulisin. Biasanya saya gitu mba 😊



#5. Asalamualaykum Uni Shona. Materinya bermanfaat sekali Uni. Kebetulan saya udah punya blog menggunakan wordpress, seperti kata Uni shone kalo paling ringan dan simple ya wordpress. Hanya saja sudah lama blog tidak saya update, hehe…  banyak kendalanya Uni, yg paling sering itu saat menyiapkan kata-kata yang saya tulis ujung-ujungnya masuk draft semua karena belum kelar nulisnya.

Gimana Uni Shona membagi waktu ngeblog dgn pekerjaan yg lain dan memunculkan  semangat menulis saat jadwalnya nge-blog? Menurut Uni, apakah kalo kita bikin blog, isi blog kita itu harus terspecialisasi tema tertentu? Supaya jelas identitasnya. Misal, foodblogger yg isinya resep-resep n all about makanan, travelblogger, blog khusus kegiatan anak-anak atau bisa campur apa saja yang kita ingin sharing? Jazakillah Uni Shona yang baik. (Lidya, Sidoarjo, RMA 2).

Jawab: Wa'alaykumslm Mba Lidya.. Alhamdulillah saya ada art yang bantuin sampe jam 11 siang. Pastinya jadi punya waktu luang dan tenaga yang lebih. Paham banget kalo ga ada art, kebayang capeknya, karena saya juga pernah ngalamin masa-masa itu, hehe. 

Biasanya pas anak-anak tidur siang. Tapi nyamannya selepas tahajud. Alhamdulillah saya ga mau bikin saklek soal golden time. Selama ada waktu senggang ya nyicil nulis. Terus juga ga saklek harus di laptop/pc. Buku/Hp/tab pun jadi. Oia untuk memunculkan semangat menulis, inget-inget tujuan menulisnya apa. Kalo inget tujuannya biasanya langsung semangat pol polan 😁

Pernah bikin niche buat ibubahagia.com. tapi kemudian jadi mati gaya mati ide trus lama deh hibernasinya 😅 bagus sih biar jelas personal branding dari blog kita. Tapi saya pribadi sekarang nyaman dengan gado-gado. Jadi job yang datang pun bisa gado-gado, hihi. Tapi untuk kegiatan anak-anak mending dibedain. Pernah juga coba dicampur tapi jadi mempengaruhi kualitas blog *khusus TLD



#6. Assalamualaikum mb.. Terimakasih atas materinya..
Waa saya sudah pengen bikin blog dari setahun yang lalu.. Tapi sampai skrg belum jadi juga. Dibayangan saya ngeblog itu sulit, gak segampang post foto ato bikin tulisan di medsos semacam path, fb, atau ig. Saya juga sudah buat blog, tapi begitu jadi gak diterusin (belum sempat posting apapun) dan sekarang lupa nama dan passwordnya. Sepertinya butuh motivasi dan niat yang lebih serius serta keyakinan bahwa ngeblog itu gak sulit. Nah terkait hal itu, saya ingin tanya kira2 mb punya link seputar cara pembuatan blog n editing blog yang menurut mb paling gampang atau paling mudah dipahami penjelasannya tidak? Terimakasih sebelumnya. (Dayu dian, Jaktim, RMA 3).

Jawab: Wa'alaykumslm mb Dayu.. Selamat mba 😊 udah punya blog. Awal-awal mungkin sulit karena masih penyesuaian & coba-coba. Mba blognya apa? Kalo wordpress saya dulu kebanyakan otodidak. Kalo blogspot otodidak plus googling karena pertamanya make wordpress dan wp terasa lebih mudah daripada blogspot. Googling aja mba, misal, "Cara membuat blog di blogspot/wordpress." "Cara menaruh instagram di blogspot." Dst.. Bakal banyak referensinya dan pada umumnya penjelesannya mudah dipahami insya Allah. *tambahan, utak atik blogspot nanya-nanya ke temen juga.



#7. Assalamu'alaikum... Selalu salut sama emak-emak yg sibuk ngurus anak dan msh bs ngeblok, 😄.  Terima kasih sharing ilmunya bunda.  Pertanyaan saya, nulisnya itu diketik di laptop dulu baru diposting ke blog kah bun? Atau via hp? Lebih efektif ya g mana? (Titin, RMA 3).

Jawab: Wa'alaykmslm Bunda Titin.. Terimakasih 😘 dimana aja bund. Dulu salah satu hal yang bikin saya mandeg nulis karena terpaku sama konsep kalo nulis blog itu ya di laptop/pc. Kalo ga di laptop ga bisa, idenya ga keluar, tulisannya ga ngalir 😁 tapi kemudian pas mulai ngeblog lagi saya menghilangkan pikiran itu, ga ada lagi istilah golden time, kapan ada waktu luang ya nulis. Ga bisa buka laptop, hp/tab pun jadi. Buku pun masih saya gunain sesekali 😊 jadi ga ada alasan buat ga nulis. Biasanya kan alasan ibu-ibu, "Gimana mau nulis, baru buka laptop eh anaknya bangun." Hehe 😁



#8. Hai Bunda Shona, saya punya blog yang saya tulis sejak zaman kuliah di kenandari.blogspot.com. Dulu sih banyak yang suka tapi sekarang blognya udah banyak sarang laba-labanya 😭

Setelah si kecil lahir, saya nulis berbagai "hasil googling" saya, namun dalam bahasa formal di dearbunda.com Sy menulis di sela jam tidurnya.

Cuma beberapa bulan saya konsisten. Sekarang sdh bolong2 krn anak saya (15bln) berkuranggg banget jam tidurnya maaaiiinnn melulu. Kdsaya juga ikutan tidur karena capek. 

Ada kiat mengatur waktu kah dr bunda shona supaya saya bisa rajin nulis lg? Atau memang ada masanya kita harus membersamai anak? 

❤Terimakasih
(Ken Andari / Tangerang / RMA4)

Jawab: Hallo Bunda Ken.. saya cuti nulis sejak anak pertama lahir sampe anak kedua mau usia 1th 10bln 😁 Februari 2013 - November 2015. Paling cuma ngarsipin hasil-hasil kulwap, copas plek. Nah Betul mba, semua ada masanya. Ga selamanya anak-anak kecil. Nikmatin dulu aja masa-masa membersamai mereka 😘  *edit: ternyata terakhir ngeblog itu 3 juni 2014, hehe.

Kalo soal kiat, paling saya karena menyadari kebutuhan, kehadiran art sangat membantu, meski jam kerjanya cuma dari jam 8-11 siang. Sehingga waktu dan tenaga saya bisa saya luangkan untuk bermain bersama anak-anak dan menulis. Menyiasati biar tulisannya bisa sebelum deadline dan ga numpuk, saya harus bersedia mengorbankan waktu tidur. Ga begadang, tapi bangun lebih cepat. Selepas tahajud waktu yang paling pas. Tulisan jadi, pas di pagi hari ready membersamai suami dan anak-anak tanpa harus rempong mikirin tulisan lagi 😊



#9. Salam kenal mba Shona, Senangnya ada yg membahas mengenai blogging. Seberapa pentingkah mengubah domain blog dari yg gratisan ke yang berbayar seperti dotcom dll?
Selanjutnya, saya masih agak bingung bagaimana permulaan para ibu blogger saling bertemu di dunia Maya hingga membentuk suatu komunitas, Apakah ada semacam forumnya atau bagaimana? 

Terimakasih
(Addini / Bekasi / RMA 4)

Jawab: Salam kenal Mba Andini. Sejujurnya awal bikin .com saya sih biar keliatan keren bin kece aja 😁 soal monetization pernah denger, tapi belum ngerti. Jadi ngalir aja gitu. Sampe suatu hari ada beberapa tawaran masuk ke email saya untuk review produk. Saya sempet kaget dan bingung harus jawab apa karna belum punya pengalaman sebelumnya. Intinya saat blog udah jadi Top Level Domain, bisa jadi "menghasilkan." Dan biasanya syarat untuk dapetin job, ya kudu TLD dulu. Meski ada beberapa temen blogger yang blognya bukan TLD bisa dapet job juga, tapi page reviewnya udah ratusan ribu, domain authority dan page authoritynya tinggi. Dan semua butuh proses yang ga sebentar pastinya 😊 *Edit: ternyata blog yang free, DA/PAnya ga berarti, diutamakan keunikan blognya (koreksian teman ;).

Betul mba, kebanyakan berawal di group fb. Ada emak2 blogger, perempuan blogger, muslimah blogger, dll 😊 ini memungkinkan kami untuk saling kenal dan blogwalking 😘

Sekian Kulwap saya di Rumah Main Anak. Semoga bermanfaat ya bu ^_^


59 comments :

  1. Ngeblog semacam stress release. Bener banget 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerasa banget ya teh ^_^ nuhun udah mampiirr..

      Delete
  2. Seru ya bahasannya uni shims, Ayo buibuk Semangat ngeblog

    ReplyDelete
  3. Kereeennn,, semoga nanti bisa ketemu ya!! Envy deh

    ReplyDelete
  4. Ngeblog itu terapi jiwa. A soul therapy, kalo kata saya, Teh. Hayuk,makin aktif ngeblog yuk... ! :)

    ReplyDelete
  5. Klo qu pribadi awal mula pgn ngeblog krn yg ke 5 mba amal Jariyah pgn bgt diri ini bisa bermanfaat maka lahirlah blogqu. Setelah tau ini dan itu sptnya visinya uda nambah biar jd penghasilan hahaha *semoga bisa*

    ReplyDelete
  6. Kemarin ketemu belum banyak ngbrol nih sama mba Shona. Next mah mau dong yaa banyak share biar bisa jadi ibu bahagia juga ehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kemaren sesi denger sharing kece ala yasinta *lope2 ;)

      Wihihi.. ibu bahagia yang kadang sedih, marah, kecewa, dll juga :p

      Delete
  7. Horeee...foto aku nampil di depan...

    Wkkwkk..

    Pernah merasa jenuh ga Un waktu nulis..?
    *di refresh sama apa biar semangat nulisnya muncul lg..?

    Hatur nuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang nanya juga mba di atas, *ketauan ga baca semuanya wkwkwk.. :p

      inget tujuan nulisnya mba. trus juga keinget sm bahasan soal passion, wajar bin normal klo sesekali jenuh. jd dinikmatin aja iyeess

      Delete
  8. Dan ngeblog juga salah satu cara untuk jadi bahagia ya ��

    Setuju sama ibu bahagia ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull.. nuhun teh foto2 kecenya :*

      ibu bahagi, aamiin

      Delete
  9. kalo aku kenapa ngeblog? buat me time, mengasah otak biar ga tumpul eeaa..

    Lanjotkan ngeblognya ibu bahagia, jangan lupa blogwalking yaa, biar tambah menyebarkan bahagiaaaa

    ReplyDelete
  10. Stress release ini kejadian banget di aku. Mungkin kalau nggak ada blog, pelampiasan stresnya udah kemana-mana yang nggak tentu arah. Dari awal nulis di blog memang tujuannya stress release.

    ReplyDelete
  11. Hihihi penghilang stress dan bisa jadi tempat berkeluh kesah juga sih :D pokoknya ngeblog banyak manfaatnya kok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah buat bapak2 aja manfaat, apalagi ibu2 y :D

      Delete
  12. kalau saya ngeblog awalnya buat rekam jejak karya buku saya terbit, tembus media, menanglomba, makin kesini makin banyak tawaran job review isinya jadi gado2. basicly pengen blognya bagi2 ilmu dunia kepenulisan yang saya geluti sih

    ReplyDelete
  13. Beneeeeer. Stress release ya, Mba. Menulis ini menjaga kita agar tetap 'waras' :D

    Semoga semakin bahagiaa :*

    ReplyDelete
  14. Setuju banget dengan tulisannya. Semua kerasa di saya. Terutama stress release. Kalo gak ngeblog, gak kebayang deh bawelnya saya segimana. Dan mungkin, seharian marah-marah terus. :D

    ReplyDelete
  15. Jazaakillah khayr Teh Shona for sharing��

    Salaam
    Lintang IPC 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waiyyaki mba Lintang sudah mampir ^_^

      salaaam..

      Delete
  16. Aku merasa setelah nge-blog jd semakin "open minded". Skrg bisa menerima lebih banyak informasi baru, kenal temen-temen baru juga. Semoga kita bisa konsisten plus semangat nge-blog trs yah mbaaa :D :))

    ReplyDelete
  17. Bener bangeet,ibu-ibu memang harus mengeluarkan unek-unek supaya gak stress. Kebayang, dong, kalo 20 ribu perkata di keluarkan tiap hari? Kebayang rame dan terkesan cerewet ya..hi.hi..hi...
    Jadi mendingan sebagian di curahin di blog ya... ^_^

    ReplyDelete
  18. Salam kenal uni:D

    aku juga cita-cita kalo udh berkeluarga tetep mau ngeblog :D
    malah makin aktif lagi kali yah ngeblognya hehehe

    makasih uni inspirasinya :)

    ReplyDelete
  19. Wah lengkap bener nih artikelnya.
    Sama, aku ngeblog juga sekitar segitu, 2007 an pertengahan. Ngeblognya kalo anak-anak sudah di sekolah karena kalo mereka sudah pulang, rameee nggak bisa fokus hehe.

    ReplyDelete
  20. Blog sebagai portofolio, setuju bqnget. Bahkan belakangan, setelah jalan-jalan saya lebih updet di blog daripada uplot foto jalan2 tsb ke pesbuk hihihi.

    Lebih seru karena ada cerita dan sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tooooss mbaa.. sy jg lbh enakan posting diblog..

      Delete
    2. iya tooooss mbaa.. sy jg lbh enakan posting diblog..

      Delete
  21. Setuju banget tuh ngeblog buat melepas stress. Tapi kalo dikejar deadline jadi stress juga sih,heheh

    ReplyDelete
  22. Ngeblog juga pengembangan diri Mbak, menurut saya begitu.

    Saya jadi ingat, lama tidak menulis parenting, hihihi...

    ReplyDelete
  23. Ibu yang ngeblog lebih cerdas dan tahu menghargai waktu, persahabatan dan ilmu.

    ReplyDelete
  24. "curhat boleh tp [membawa hal positif, caranya] kurangi kalimat keluhan"

    *noted

    Makasih tipsnya, Mba :*

    ReplyDelete
  25. Bener banet stres release...suka lega kalo udah nulis lagi..

    ReplyDelete
  26. Kelima alasan ngeblog itu sama dengan alasan saya ngeblog.
    Keren udah berbagi dan mengajak ibu-ibu yang lain untuk ngeblog.

    ReplyDelete
  27. Buat ibu-ibu ngeblog ini bisa jadi sarana stress release dan improvisasi diri ya mbak. Daripada ngegosip nggak jelas dan ngabisin uang di mall, mending menjadi lebih bermanfaat dengan menulis.

    ReplyDelete
  28. Hihihi bener semua yang dibilang mbak soal manfaat ngeblg buat bu-ibu :D
    Wah senangnya bisa sharing2 gtu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, pdhl masih amatiran nih blm sekeren mba hamsa

      Delete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^