SOCIAL MEDIA

Sunday, 4 September 2016

Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun


Hampir setiap hari saya menyiapkan stimulasi yang berkaitan dengan motorik halus kakak (3.5 tahun). Efeknya diantaranya terlihat pada hasil lipatan kertasnya yang rapi jali dan pre writingnya yang mulai terlihat sesuai jalurnya. Soal motorik halus ini sudah baca tulisan saya yang Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 1-3 Tahun kan bu?


Baca juga Tiga fase Mendidik Anak, tulisan yang menginspirasi saya bikin tulisan ini ^_^

Sekarang saya mau lanjut nulis mengenai tingkat pencapaian perkembangan fisik-motorik halus berdasarkan PERMENDIKBUD RI No. 137 tahun 2014 untuk usia 3-6 tahun, apa aja sih:

3-4 tahun:


1. Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)

2. Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil. biji-bijian)
3. Meronce benda yang cukup besar
4. Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus

4-5 tahun:



1. Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2. Menjiplak bentuk
3. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4. Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5. Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6. Mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)

5-6 tahun:

1. Menggambar sesuai gagasannya
2. Meniru bentuk
3. Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4. Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5. Menggunting sesuai dengan pola
6. Menempel gambar dengan tepat
7. Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci


Beberapa bentuk kegiatan yang berkaitan dengan motorik halus kakak














Kemampuan motorik halus ini, antara anak satu dengan lainnya bisa berbeda-beda. Jadi kalo ngeliat anak si A udah bisa ini dan anak ibu belum bisa, ya ga papa. Yang terpenting setiap stimulasi yang diberikan membuat anak enjoy dan bahagia mengerjakannya. Selamat menyiapkan stimulasi untuk buah hatinya ya bu! ^_^

8 comments :

  1. Anakku suka tak bawa ke pantai, dia bebas menggenggam pasir dan bikin rumah-rumahan dari pasir itu. Tinggal meronce dan mengguning aja yg belum tak ajarkan, makasih mba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama mba manda.

      Dulu pas tinggal di padang anak2 jg suka dbawa k pantai.

      Skrg d bdg mah ga ad pantainya kec. Pantai buatan hoho

      Delete
  2. Kalo anakku, 3 tahun 8 bulan, menirukan bentuk, belum bisa. Entah belum bisa atau belum mau ya... Soalnya dia kalo diminta niruin ini, harus begini dsb, dia nggak mau. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jd blm mau mb :D anak sy kdg diminta ini itu jg suka nolak xixi

      Delete
  3. bagus ya, mbak. saya mulai homeschooling juga ni untuk anak saya 4 tahun. lagi suka nyari2 sumber inspirasi. aaah...seneng rasanya klo tahu kalo saya nggak sendiri. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooos mbaa,.. sama2 semangat HS usia dini yaa ^^ bs saling share nih

      Delete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^