SOCIAL MEDIA

Tuesday, 11 October 2016

3 Olahraga Berat Yang Sedang Tren Di Kalangan Ibu Hamil

ibubahagia.com - Memasuki usia 23 minggu, membuat saya jadi gampang lelah dan ngos-ngosan. Ditambah mulai sulit nyari posisi nyaman buat tidur, bahkan hanya duduk sekalipun. Melihat hal ini, suami menganjurkan agar saya ikut senam hamil. Tapi sejak kehamilan pertama saya enggak pernah mau, mending uangnya buat lahiran dll, hehe. Saya minta ijin senam di rumah aja, toh di youtube banyak banget berserakan tutorial senam hamil. 

Alhamdulillah di acc dan minggu kemarin saya udah mulai senam di rumah. Setelah ceki-ceki pilihan saya jatuh pada video dari frisian flag. Ini bukan job review lho ya :D tapi memang dirasa paling pas. Gerakannya enggak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Plus disertai beberapa tips dari dokter ahli dan ada keterangan manfaat dari gerakan-gerakan senamnya.


Buibu yang sedang hamil gimana? Tergantung pilihan dan pertimbangan masing-masing ya mau di rumah atau di klinik bersalin/rumah sakit, dan sebaiknya konsultasiin dulu dengan dokter kandungannya.

Baca juga tulisan Mba Armita tentang Pengalamannya Menggunakan BPJS

Oia, beberapa hari yang lalu, pas berkunjung ke dokter kandungan, saya beli Tabloid Nakita. Buka-buka halaman, rada kaget membaca artikel tentang olahraga paling kekinian buat buibu hamil. Dan olahraga ini tergolong berat. Apa aja? Cekidot!


TRX (Total Body Resistance Exercise)

gambar: pojokpitu.com

TRX mulai populer di kalangan ibu hamil, terutama di kota-kota besar. Jenis olahraga baru ini menjadikan berat badan sebagai bobot latihan. Gerakan TRX untuk ibu hamil dipilih yang sederhana, tapi tetap bermanfaat menguatkan otot tubuh, khususnya pinggang dan pinggul. Biasanya, jelang persalinan, ibu hamil membutuhkan kelenturan otot agar memudahkan pembukaan. Seringkali ditemui kasus ibu hamil lama mengalami pembukaan padahal kontraksi udah berlangsung lama. Hal ini dikarenakan otot-otot yang kaku.


ZUMBA

gambar: modicanews.com

Zumba merupakan program kebugaran yang melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak mengikuti ketukan pada musik. Zumba untuk ibu hamil, dipilih gerakan tari yang tidak menghentak dan melompat. Paduan musik dan tari dari zumba diyakini membuat ibu hamil dan janin merasa relaks dan bahagia. Selain itu, efek musik dan gerakkannya bisa meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Hal ini juga bisa mengurangi sakit dan ketidaknyamanan ibu hamil di saat hamil.

Bagi ibu hamil yang ingin ikut kelas zumba, sebaiknya memiliki denyut jantung lebih dari 140 denyut per menit selama latihan, biar enggak cepat ngos-ngosan. Durasinya pun enggak boleh lebih dari 30 menit sekali latihan. Disarankan banyak minum air putih biar enggak dehidrasi.


CROSSFIT

gambar: bellcitycrossfit.com

CrossFit merupakan program latihan yang banyak menggunakan gerakan fungsional seperti squat, menarik, mengangkat, lari, menendang, dan melempar yang dilakukan dalam waktu singkat. Syarat bumil bisa mengikuti olahraga ini adalah sebelumnya udah terbiasa berolahraga karena tubuhnya harus benar-benar bugar. 

Manfaat dari olahraga ini bagi ibu hamil ternyata banyak banget lho. Bisa mengurangi rasa lelah, pegal, kram, melatih pernafasan, melancarkan aliran darah, membuat tidur lebih nyenyak, janin mendapat oksigen lebih optimal, habis lahiran pematangan otak bayi lebih tinggi, dan adanya regulasi tekanan darah. Wow! Tapi, CrossFit hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan isntruktur yang juga mengerti kondisi ibu hamil.

Jadi mau nyoba yang mana bu? Saya masih betah dengan senam hamil frisian flag :D kalau pun disuruh memilih, paling zumba. Dua lainnya terlalu ekstrim buat saya, hehe.

44 comments :

  1. Olahraga yg di lakukan andien artis jg tergolong wow klo menurutku yg org awam. Tp dia pernah blg olahraganya aman utk bumil. Liatnya mupeng, tp klo nglakuinnya kayaknya kok asa lebih milih tidur2an di hari libur yak. Ahhahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama olahraganya apa mb? Olahraga emang butuh motivasi yg kuat. Dl sy jg suka males2san. Pas udah sakit lama baru deh sadar semangat olahraga hehe

      Delete
  2. Daku pernah ikutan senam Zumba itu, tapi nggak tahan dan berhenti.
    Sekarang sih lebih pilih jalan kaki dan sesekali yoga :)
    Sehat selalu ya Bumil <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba indah.. seneng banget seleb mampir dimari hehe.. aamiin ;)

      Delete
  3. Mba Shona, aku dlu pas hamil nggak pake olahraga khusus deh. Mungkin karena ngerasa kerja juga bagian dari olahraga. Hhihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. sering jalan kaki bolak balik kali ya mba di kantor

      Delete
  4. Euleuh, ngilu ngebayanginnya :D
    Dulu wkt hamil saya senam di borromeus & harapan bunda, belum nemu video frisian flag hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak jg sih mba klo d rs, rame kan jd tambah semangat :D

      Delete
  5. Kalau olahraga berat pada bumil aku jadi ingat Nadya Mulya. Udah hamil gede masih angkat besi puluhan kilo. Liatnya aja ngilu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih mba, ku tak sanggup judulnya XD udah biasa olah raga sih dia

      Delete
  6. 💐💐kasih bunga buat Uni...

    Aku pas hamil ga senam jg Un..kerasa begah semua.
    Kl olah raga, pasti staminanya lbh oke deh.

    Semangaatt olahraga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba, di kehamilan yg sekarang memasuki usia 5/6 bulan udah berasa 8/9 bulan aja hohoho... begah, susah nyari posisi. Makanya selain jalan kaki nambah senam hamil ini hehe

      Delete
  7. Olahraga buat ibu hamil ternyata byk pilihannya ya Mba.. Ternyata gak perlu khawatir ya..biar lg hamil kudu tetap olahraga agar kesehatan terjaga..

    ReplyDelete
  8. Olahraga zumba ini ternayata bisa dilakukan untuk ibu hamil ya biar dedek dan ibunya sehat selalu

    ReplyDelete
  9. Eh, ya ampun baru tahu kalau hamil boleh olahraga berat kayak itu. tahunya senam hami sama yoga aja.
    Dulu saya olahraganya jalan kaki doang, lumayan keringetan dan bikin seger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, sy jg baru tau :D ternyata cukup beragam yaa

      Delete
    2. Sama mba, sy jg baru tau :D ternyata cukup beragam yaa

      Delete
  10. Waduh, olahraga beratnya bikin ngeri hihihi. Beneran aman untuk ibu hamil ya?

    ReplyDelete
  11. Aku malah ggpernah senam hamil pas hamil juna...nhehe
    Padahal pas blm hamil ajah, ngebet ntar kl hamil mau senam
    Pas hamil malah malaaassss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang klo lg hamil seringnya males berkali lipat y mba

      Delete
  12. Ya Allah ngerinya ibu hamil ikutan Zumba. Saya aja yang gak hamil ngos-ngosan banget. Hehehe... Tapi emang pernah denger juga sih katanya basically ibu hamil boleh olah raga apa aja asalkan porsinya disesuaikan. Mungkin gitu kali ya, Mbak... Hehehe *sotoy banget xp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba dsesuaikan sm kondisi tubuh masing2. Klo sesuai ya bisa lanjut ;)

      Delete
  13. Aku dua kali hamil pilihan olahraganya selalu renang, Un. Emang seneng air sih aku, wekekek. Dan nggak terlalu panen keringet :D. Apalagi kalau udah hamil besar. Abis renang kerasa banget efeknya. Jadi rileks, nafas pun tambah enteng.
    Cobain Un :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang takit kelelep mb hihi.. maklum belum jago

      Delete
  14. saya senam hamil frisian flag aja Kak hahahha
    lainnya nyemerin ah :-D

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau kalau crosfit gpp. Dulu saat hamil aku paling banter yoga aja hehe

    ReplyDelete
  16. Saya sempat zumba, tapi ga tahan karena saya di KB pasang, terus ikutan yoga eh tapi waktunya selalu gak pas hehe, jadi sekarang olahraga nya jalan aja, jalan ditempat wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk... :D asal bener2 jalan di tempat ya teh, bukannya diem hihi

      Delete
  17. oke banget tuh mbak ibu hamil ikutan zumba biar otot tambah kuat ya mbak :)

    ReplyDelete
  18. Aku mentok di renang. Ternyata olahraga berat juga boleh ya selama ibu dan janin kuat.

    ReplyDelete
  19. wah jenis olahraga untuk bumil banyak juga ya ternyata

    ReplyDelete
  20. Ngeliatin foto yang zumba itu sesuatu banget.. hehe

    ReplyDelete
  21. Your blog is indeed very inspirational

    ReplyDelete
  22. memang sangat penting olahraga untuk badan biar fit terus

    ReplyDelete
  23. olah raga sangatlah penting sekali, inget sehat itu mahal loh.....

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^