SOCIAL MEDIA

Sunday, 30 October 2016

6 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Ibu Saat Terjebak Macet


ibubahagia.com - Di kota-kota besar macet merupakan sesuatu yang biasa. Terutama di jam-jam berangkat kerja/sekolah, makan siang, dan di jam pulang kerja. Sementara di kota kecil macet biasanya terjadi saat ada pasar tumpah atau dalam masa-masa liburan sekolah (jalan menuju tempat wisata).

Pernah mengalami dong bu, macet di jalan dan di dalam mobil terdapat anak-anak imut nan manis. Tapi kalau udah sumpek kelamaan macet, manisnya mendadak berkurang bahkan hilang, dan tanduk buibu pun mendadak keluar, hoho. Lantas apa yang harus dipersiapkan & dilakukan ibu agar anak tetap betah di mobil?


Berikut 6 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Ibu Saat Terjebak Macet:

1. Bernyanyi bersama/memutar lagu kesukaan 
Alhamdulillah selama ini cukup ampuh saat kami terjebak macet. Lagu favorit anak-anak saya seperti Ayah-Opick feat Adiba dan beberapa lagu islami yang saya lupa judul dan penyanyinya, hehe. Herannya enggak pernah bosan, kadang 1 lagu bisa diputar berulang kali.

2. Siapkan buku bacaan
Jika selama diperjalanan aktivitas membaca tidak dianjurkan (bikin pusing) maka saat macet tentu bisa dilakukan. Anak-anak saya memang belum bisa membaca, tapi mereka membaca gambar dengan cara mereka sendiri. Lumayan bikin anteng meski cuma beberapa saat, hehe.

3. Membawa mainan
Meski terkadang mainan jadi ajang rebutan, tapi tugas emaknyalah yang mendamaikan dan menyamankan situasi. Jika sudah aman, mereka pun bisa asyik khuyuk masyuk dengan mainan masing-masing.

4. Siap sedia membawa cemilan dan minuman
Jangan ditanya lagi, macet seringkali bikin haus dan lafaaarr... so, penting banget membawa cemilan cepuluh plus minuman. Karena haus dan lapar bisa bikin anak rewel tekewel kewel.

5. Mengulang hafalan surat
Sebelumnya enggak maksud apa-apa lho naruh tips ini di nomer 5. Semuanya baik untuk dipersiapkan dan dilakukan. Enggak ada hubungan nomer yang duluan lebih baik daripada nomer lainnya. Dan aktivitas ini manjur lho. Jadi jangan hilang akal ya bu.

6. Membawa bantal, selimut, dan kasur khusus untuk mobil
Biar anak-anak nyaman ceritanya. Jadi saat mereka udah merasa nyaman, jadi gampang ketiduran. Walau untuk kasur enggak begitu direkomendasikan tapi untuk anak-anak saya, sejauh ini hasilnya masih aman dan enggak mengecewakan. Hanya saja, pastikan untuk mengunci double kanan-kiri pintu dan jendela, sehingga meski ditarik atau dipencet anak, enggak akan kebuka. Jika mereka lalu lalang depan belakang bagaimana? Saya sih ngebiarin aja, kursi mobil tahan kok buat dipanjat-panjatin, wakaka...

Itulah 6 hal yang saya persiapkan dan lakukan disaat terjebak macet. Bagaimana dengan buibu?

19 comments :

  1. Poin 5 bagus teh, dari kecil udah diajarin hafalan surat biar udah gede makin pinter :D
    Aku malah kepikiran kalo aku jadi ibu, aku bakalan selfie atau snapchat-an ditengah kemacetan sama anak-anak, maklum buibu sosmed hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin nees...

      Wakakaka, udah ketebak sih, *uupss :p

      Delete
  2. kalo anak-anakku yang nggak bisa tahan itu pas mereka mau ke toilet gitu... makanya kadang mereka menghindari minum dan makan di kendaraan biar nggak usah ke toilet sampai kemacetan berakhir.. setidaknya sampai ketemu tempat rest area deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener juga ya mba. Kalo pipis bisa diakalin. lah klo pup? *sereem.

      Delete
  3. Kami jarang ketemu macet. Maklum masih naik motor. Tips di save buat ntar kalau punya mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya naik motor itu ya teh, bisa selap selip cepet nyampenya

      Delete
  4. iya setuju nih, melakukan hal yg bermanfaat saat macet bikin gak stress ya. Kalo saya di kala macet, suka baca buku

    ReplyDelete
  5. Hehe, aku kejebak macet jadi mati gaya, mb dc. Ga tahu musti ngapain. Paling minum air putih biar ga kering tenggorokannya. Macet dari dago sampai ciwalk 2 jam bo. XD pas nyampe ciwalk udah pada tutup tokonya. Wekeke. Nasibbb.

    ReplyDelete
  6. wuah, kalau balik ke Jawa mesti prepare nih.. soalnya macet terhebat yang saya rasakan ya disana. Terutama Jakarta

    ReplyDelete
  7. Kalo di kotaku sih bisa dikatakan nggak ada macet, lain dg kota2 besar. Nah, kalo ke luar kota biasanya itu yg kadang terjebak macet, solusinya ya setel musik, ngobrol, sodorin cemilan atau minta mereka bobok aja deh biar nggak rewel hehehe.

    ReplyDelete
  8. Bener banget, mba. Tapi kalau disuruh hafalan surat anak-anak nggak mau. Sudah capek dan nggak konsen. Paling kita dengar murottal gitu.

    ReplyDelete
  9. siip banget mbak tips nya, wajib banget ini di bookmark

    ReplyDelete
  10. Naah...nah,
    Kalo macet gituh.. dibiarin manjat-manjat...bikin playground dadakan di dalam mobil.

    *.*
    Serruh...

    ReplyDelete
  11. Kalo anakku yg pertama, secara dia udh 4 thn msh bisa diajak main ato nyanyi2 di mobil saat macet mbak.. tapi anak kedua yg msh 8 bulan ga bisaa :D. Lgs cranky bayinya.. kalo tujuan udh deket sih biasanya cukup di puk puk in ama babysittetnya supaya tenang.. tp kalo tujuan msh jauh, biasanya aku minta suami berhenti di tempat makan ato istirahat, supaya si baby tenang dulu.. anakku yg kedua ini memang kurang suka jalan aku prhatiin

    ReplyDelete
  12. Ga kepikiran yg no 5... Makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  13. Aku kalau lagi macet, langsung selfie trus buka sosmed, hehehe

    ReplyDelete
  14. Kebetulan di Balikpapan jarang macet.
    Tapi... nomor 1, 2 dan 5 boleh juga tuh.

    Aku tambahi ya, yang ke-7, foto-foto dong ahh. :).

    ReplyDelete
  15. KAlau macet saya mending denger musik atau blogwalking, tapi kalau pake motor sih ya udah bengong aja sambil denger musik

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^