SOCIAL MEDIA

Thursday, 24 November 2016

Jangan Sampai Salah Beli, Ini Tips Memilih Baju Bayi yang Tepat


www.ibubahagia.comMembeli kebutuhan bayi di toko perlengkapan bayi memang bukan sesuatu yang mudah. Terkadang banyak para calon ibu yang menghabiskan waktunya berlama-lama didalam toko bayi untuk mencari baju yang pas dan cocok untuk calon bayi anda. Padahal berlama-lama di toko bayi bisa membuat kaki anda pegal dan pusing sehingga bisa mengacam keselamatan bayi anda. Ada tips mudah untuk memilih baju bayi yang tepat dan sesuai sehingga anda tidak perlu kebingungan membeli baju bayi mana yang cocok dan pas. Berikut beberapa tips penting membeli baju bayi.



Beli Ukuran Baju Bayi Sedikit Lebih Besar
Kalau anda ragu apakah baju ini pas untuk dikenakan oleh bayi anda nanti, anda cukup membeli baju bayi dengan ukuran sedikit lebih besar untuk berjaga-jaga jika anda melahirkan bayi dengan bobot yang besar. Selain itu, keuntungan membeli baju bayi yang sedikit lebih besar juga bisa menghemat pengeluaran anda sebab semakin lama bayi anda pun akan tumbuh besar sehingga anda tidak perlu dua kali membeli baju bayi.

Perhatikan Bahan Pakaian Bajunya
Bayi memang mempunyai kulit yang sensitif tehadap sentuhan. Oleh karena itu dalam membeli baju bayi perhatian bahan pakaiannya. Anda bisa melihat label baju yang sudah ada keterangan bahan pakaian yang dibuat. Hindari membeli baju bayi yang terbuat dari jeans, nilon, atau parasit. Lebih baik belilah baju bayi yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini bisa menyerap keringat bayi sehingga bayi pun akan nyaman dengan baju yang dikenakannya.

Sesuaikan Baju Dengan Cuaca
Kadang kala cuaca tidak menentu kadang panas dan kadang cuaca menjadi sangat dingin. Persiapkan hal ini dengan membeli baju sesuai dengan cuacanya. Saat cuaca panas cukup gunakan baju katun yang tipis untuk memberi cukup udara bayi tubuh bayi. Sementara saat musim hujan atau dingin anda bisa membeli pakaian yang berbahan tebal dan hangat persiapkan juga jaket khusus untuk bayi untuk mencegah bayi anda kedinginan.

Itulah ketiga tips mudah membeli pakaian untuk bayi anda. Sebenarnya ada tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah atau mendatangi toko bayi langsung. Cukup kunjungi situs belanja online MatahariMall. Toko online yang satu ini menjual berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan oleh bayi anda. MatahariMall.com satu-satunya toko online yang menawarkan perlengkapan bayi dengan lengkap tanpa membuat anda pusing atau pegal. Cukup gunakan ponsel atau lewat laptop anda, pilih perlengkapan bayi yang anda butuhkan.

Monday, 14 November 2016

10 Tips Menjadi Orang Tua Baru


ibubahagia.com - Dulu saat kelahiran anak pertama, memang kerasa banget kagoknya jadi orang tua baru. Apalagi dengan minimnya ilmu dan pengalaman yang dipunya. Setelah anak kedua lahir, tentunya udah banyak kemajuan. Lebih cekatan dan lebih bisa memanage segala hal dengan lebih baik. Nah, calon anak ketiga yang di usia kandungan 7 bulan ini gimana ya? Tapi memang persiapan yang saya lakukan terasa berbeda jika dibandingkan dengan dua anak sebelumnya, terutama persiapan ilmu. Tapi cukupkah hanya ilmu saja? Berikut 10 Tips yang saya kutip dari buku Backpack for a New Parent dan sedikit dari pengalaman saya sendiri:

Saturday, 12 November 2016

Field Trip Ke Kawah Putih Ciwidey


ibubahagia.com - Sudah kali kedua saya ke Kawah Putih Ciwidey. Dulu pertamanya saat jaman-jaman masih kuliah, diajak jalan-jalan kakak yang pindah tugas ke Bandung. Kesan pertama yang saya peroleh adalah Kawah Putih itu Koreanya Indonesia. Terutama jalan seperti foto di bawah ini.

Kawah Putih Koreanya Indonesia
Nuansa alamnya bikin sejuk di mata. Udara dingin juga enggak kalah bikin lokasi ini jadi makin terasa sempurna. Oleh karenanya sebelum ke sini jangan lupa siapkan:
  • Baju hangat. Karena asli dingin banget, apalagi kalau lagi mendung dan banyak embun. 
  • Payung. Kalau cuaca cerah sih seenggaknya si payung bisa dijadiin tools buat selfie-welfie, hehe..
  • Masker. Karena bau belerangnya cukup menyengat hidung karena kandungannya yang tinggi, ada baiknya mengenakan masker. Kemaren saya beli di lokasi dan harganya fantastis sodara-sodara! Hampir 5xlipat dari harga di apotek.


Kawah Putih lagi rame pengunjung. Jadi spot buat jeprat-jepret terbatas deh.
Anak-anak seru main lempar batu ke kawah. Tapi seringnya enggak nyampe masuk kawah.
Perubahan yang signifikan dari pertama saya ke sini, sekarang udah ada street khusus lansia dan bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Jadi enggak perlu menuruni tangga. Hanya memang enggak bisa ke kawah, hanya melihat dari atas.


Selain jelong-jelong tafakur alam, seperti biasa momen ini saya jadikan sebagai media pengenalan dan pembelajaran bagi anak-anak:
  • Mengenal bau belerang dan kenapa harus menggunakan masker (sensory)
  • Merasakan tekstur batu dan melihat reaksi air saat ada batu yang masuk ke dalam kawah (sensory & sains)
  • Mengenal bentuk kawah (sains)
  • Merasakan udara dingin (sensory)
  • Mengenal embun (sains)
Gambar: tempatwisataseru.com
Oia, kawah putih ini berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973. Jadwal kunjungan dari jam 07.00-17.00 WIB tergantung cuaca. Jika buibu menggunakan transportasi umum, bakal ada angkot khusus ke atas, karena dari ticketing menuju kawah cukup jauh. Harga tiket masuk:
  • HTM lokal: 20.000/orang
  • HTM Mancanegara: 50.000/orang
  • Pre-Wedding: 500.000,-
  • Area parkir atas roda 4: 150.000,-
  • Parkir bawah roda 4: 6.000,-
  • Parkir bawah roda 2: 5.000,-
  • Parkir bawah roda 6: 25.000,-
Wokay, sekian reportase jelong-jelong kami ke Kawah Putih Ciwidey. Padahal ini mah seminggu setelah lebaran tapi baru sempat nulisinnya sekarang, hehe. Minat ke Kawah Putih?

Tuesday, 8 November 2016

Printable Pengenalan Huruf Abjad

Mengenalkan berbagai macam huruf di usia dini tentu banyak tantangannya. Bisa jadi karena memang belum waktunya. Tapi enggak ada salahnya buibu mencoba mengenalkan tapi dengan catatan no target dan anak fun. Jika anak pada akhirnya bisa, ya itu semacam bonus aja. Berikut link printable pengenalan huruf  Abjad yang fun. Selamat mendownload!

#1 Klik Abjad Ikan




#2 Klik Abjad Toples




#3 Klik Abjad Es Krim


Sunday, 6 November 2016

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


ibubahagia.com - Sedih dan panik enggak sih bu ketika anak tetiba rewel? Banyak penyebab pastinya, dan salah satu hal yang dilakukan buibu adalah mengecek pantat bayi.  Ruam bisa membuat bayi menjadi sangat enggak nyaman, karena efek gatal dan perih yang ditimbulkannya. 

Kenapa ruam bisa terjadi? Biasanya muncul karena adanya gesekan antara popok dengan kulit bayi. Kulit bayi masih sangat peka terhadap keasaman air seni atau sesuatu yang dimakannya.

Cara terbaik untuk mengobati dan mencegah ruam popok adalah dengan memberi pembatas agar kulit enggak bersentuhan langsung dengan pup maupun air seni, seperti pemberian krim olesan. Salep ini udah cukup banyak di pasaran, buibu akan dengan mudah menemukannya di toko peralatan bayi.

Dalam penggunaannya, pastikan terlebih dahulu mengeringkan bagian yang akan diolesi salep. Bisa menggunakan hair dryer lho, tapi dengan suhu panas yang rendah. Saat ruam sedang parah, enggak usah pake popok dulu. Dan kalau di malam hari enggak biasa pub, ya enggak usah dipakein popok. Dan juga hentikan dulu penggunaan tisu basah karena bisa memperparah ruam.

Dari pengalaman saya, yang paling sering bikin ruam itu pospak (popok sekali pakai). Akan lebih jarang terjadi jika bayi dikenakan popok clodi (popok kain yang bisa dicuci). Mungkin karena tekstur pospak yang cenderung kasar, sementara clodi cenderung halus dan lembut membuat kulit bayi lebih mudah beradaptasi.