SOCIAL MEDIA

Sunday, 6 November 2016

Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi


ibubahagia.com - Sedih dan panik enggak sih bu ketika anak tetiba rewel? Banyak penyebab pastinya, dan salah satu hal yang dilakukan buibu adalah mengecek pantat bayi.  Ruam bisa membuat bayi menjadi sangat enggak nyaman, karena efek gatal dan perih yang ditimbulkannya. 

Kenapa ruam bisa terjadi? Biasanya muncul karena adanya gesekan antara popok dengan kulit bayi. Kulit bayi masih sangat peka terhadap keasaman air seni atau sesuatu yang dimakannya.

Cara terbaik untuk mengobati dan mencegah ruam popok adalah dengan memberi pembatas agar kulit enggak bersentuhan langsung dengan pup maupun air seni, seperti pemberian krim olesan. Salep ini udah cukup banyak di pasaran, buibu akan dengan mudah menemukannya di toko peralatan bayi.

Dalam penggunaannya, pastikan terlebih dahulu mengeringkan bagian yang akan diolesi salep. Bisa menggunakan hair dryer lho, tapi dengan suhu panas yang rendah. Saat ruam sedang parah, enggak usah pake popok dulu. Dan kalau di malam hari enggak biasa pub, ya enggak usah dipakein popok. Dan juga hentikan dulu penggunaan tisu basah karena bisa memperparah ruam.

Dari pengalaman saya, yang paling sering bikin ruam itu pospak (popok sekali pakai). Akan lebih jarang terjadi jika bayi dikenakan popok clodi (popok kain yang bisa dicuci). Mungkin karena tekstur pospak yang cenderung kasar, sementara clodi cenderung halus dan lembut membuat kulit bayi lebih mudah beradaptasi.

15 comments :

  1. Alhamdulillah, dua anakku ruam popoknya di bulan2 awal saja. Selain diberi krim, juga jangan lama2 pakai pospaknya

    ReplyDelete
  2. Iya popok sekali pakai itu membuat kantong jebol para ibu" ya mba hehe

    ReplyDelete
  3. Keponakanku pernah ruam saat pakai popok mba. Warnanya merah merah gitu

    ReplyDelete
  4. kalo aku kalo anak ruam popok..biasanya cukup di kasi bedak caladin sih..atau..lotion baby..gitu....

    coba popok ramah lingkungan boleh juga... tapi udah mau toilet tanning sih..

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah ngalamin satu kali, itu aja khawatir bgt

    ReplyDelete
  6. Iya mbak, kebanyakan terjadi ruam karena air seni nya udah kepenuhan dan menyentuh kulit kadang malah alergi ya

    ReplyDelete
  7. Kadang aku ngebayangin kalo popok sama kayak sanitary pad yang kita pakai, memang kadang ada ruam kalau iritasi. begitu juga kali ya, emang yang nyaman yang bisa dicuci.
    Makasih Kak, sudah berbagi isah.

    ReplyDelete
  8. Yang tradisional memang suka jadi jawara ^^

    biar tidak ruam-ruam si bayinya..

    ReplyDelete
  9. Sedih banget lihat ruam sampe kulitnya pink perih gitu. Ga tega deh :(

    ReplyDelete
  10. Huhuuu..iya kasian banget kalo bayi ruam popok ya. Kalo jaman dulu anakku jarang banget ruam, karena seringnya pake popok biasaaaa

    ReplyDelete
  11. AKu anak pertama pakai clodi, yang kedua gak sempet nyucinya jd pakai pospak. Biasanya kalau anak ruam, malamnya anak gak kupakein pospak, pakai celana kain. Kalau malam pas bobo kan anak jarang pipis, klo ngompol paling sekali hehe. Biasanya sih esok harinya ruam itu hilang sih mbak, kalau di anakku. Bisa juga pakai krim2 anti ruam gtu.

    ReplyDelete
  12. Anakku kalau pake diaper itu suka kena ruam tapi kalau popok kain enggak.
    Emang jadi rewel anaknya, karena bikin nggak nyaman.

    ReplyDelete
  13. Anakku rentan kena ruam ketika pake diaper. Dan itu bikin dia rewel.

    ReplyDelete
  14. anakku juga pernah kena ruam popok, aku pakai salep dan emang harus diangin-anginkan hehe

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^