SOCIAL MEDIA

Saturday, 12 November 2016

Field Trip Ke Kawah Putih Ciwidey


ibubahagia.com - Sudah kali kedua saya ke Kawah Putih Ciwidey. Dulu pertamanya saat jaman-jaman masih kuliah, diajak jalan-jalan kakak yang pindah tugas ke Bandung. Kesan pertama yang saya peroleh adalah Kawah Putih itu Koreanya Indonesia. Terutama jalan seperti foto di bawah ini.

Kawah Putih Koreanya Indonesia
Nuansa alamnya bikin sejuk di mata. Udara dingin juga enggak kalah bikin lokasi ini jadi makin terasa sempurna. Oleh karenanya sebelum ke sini jangan lupa siapkan:
  • Baju hangat. Karena asli dingin banget, apalagi kalau lagi mendung dan banyak embun. 
  • Payung. Kalau cuaca cerah sih seenggaknya si payung bisa dijadiin tools buat selfie-welfie, hehe..
  • Masker. Karena bau belerangnya cukup menyengat hidung karena kandungannya yang tinggi, ada baiknya mengenakan masker. Kemaren saya beli di lokasi dan harganya fantastis sodara-sodara! Hampir 5xlipat dari harga di apotek.


Kawah Putih lagi rame pengunjung. Jadi spot buat jeprat-jepret terbatas deh.
Anak-anak seru main lempar batu ke kawah. Tapi seringnya enggak nyampe masuk kawah.
Perubahan yang signifikan dari pertama saya ke sini, sekarang udah ada street khusus lansia dan bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Jadi enggak perlu menuruni tangga. Hanya memang enggak bisa ke kawah, hanya melihat dari atas.


Selain jelong-jelong tafakur alam, seperti biasa momen ini saya jadikan sebagai media pengenalan dan pembelajaran bagi anak-anak:
  • Mengenal bau belerang dan kenapa harus menggunakan masker (sensory)
  • Merasakan tekstur batu dan melihat reaksi air saat ada batu yang masuk ke dalam kawah (sensory & sains)
  • Mengenal bentuk kawah (sains)
  • Merasakan udara dingin (sensory)
  • Mengenal embun (sains)
Gambar: tempatwisataseru.com
Oia, kawah putih ini berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973. Jadwal kunjungan dari jam 07.00-17.00 WIB tergantung cuaca. Jika buibu menggunakan transportasi umum, bakal ada angkot khusus ke atas, karena dari ticketing menuju kawah cukup jauh. Harga tiket masuk:
  • HTM lokal: 20.000/orang
  • HTM Mancanegara: 50.000/orang
  • Pre-Wedding: 500.000,-
  • Area parkir atas roda 4: 150.000,-
  • Parkir bawah roda 4: 6.000,-
  • Parkir bawah roda 2: 5.000,-
  • Parkir bawah roda 6: 25.000,-
Wokay, sekian reportase jelong-jelong kami ke Kawah Putih Ciwidey. Padahal ini mah seminggu setelah lebaran tapi baru sempat nulisinnya sekarang, hehe. Minat ke Kawah Putih?

17 comments :

  1. Diih saya yang asli orang Bandung jadi pengen malu... hahaha. Masa iya bertahun-tahun hidup di Bandung belum juga kesampaian ke kawah putih... hmm, atau apa karena saya ga suka tamasya.. pantes aja idupnya banyak lelah. Eh.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jd emang krn ga suka wisata teh.. jd ya wajar xixi

      Delete
  2. Kalau dari terminal Leuwipanjang naik apa ya ke Kawah Putih? Ada transportasi umum gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau mba, heuheu.. sy naik mobil pribadi xD

      Delete
  3. Kawah Putih๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Aku suka banget ke sini. Selalu cantik untuk berpoto ya, Mbak. Tapi emang harus pinter-pinter cari spot kosong sih, karena selalu ramai

    ReplyDelete
  4. Aiih...impian banget ke siniih..
    Pernah punya rencana bikin foto post-wedding, karena dl ga bisa pre-wedd.

    Hihhii...semoga kesampaian.
    Aamiin.

    ReplyDelete
  5. aku sudah ke sana sayang lagi itu hujan lebat shg gak bisa eksplore

    ReplyDelete
  6. Wah Bandung ya.. perjalanan 12 jam dari Kudus, tapi kalau sampai ke Bandung lagi wajib ke sana :)

    ReplyDelete
  7. Pernah lama kerja di bandung tapi blum pernah kesni..haduuh..siap merencanakan deh kemari hehe..

    ReplyDelete
  8. Aku udah pernah ke sini, yeaaaayyy.
    Pas masih gadis -___-
    Pengen ajak anak2 ke sini deh. Sekalian keliling Bandung. Meet up nanti kita ya Un. Someday, insyaAllah^^

    ReplyDelete
  9. Aku sudah sering lihat nih foto-foto Kawah Putih. Semakin penasaran aja pengin pergi ke sana.

    ReplyDelete
  10. Indahnyoo Kak, mauu danpengen mampir ke sana tapi belum kelakon :-D

    ReplyDelete
  11. Saya orang asli Bandung tapi baru sekali ke Kawah Putih. Kaget banget waktu tau bayar parkir motor 5rb. Hahahahaha :')

    ReplyDelete
  12. Dari kawah Putih, terus lurus menuju Situ Patengan yang ke kanan, nah yang ke kiri itu arah ke Pasirkuda Kabupaten Cianjur. Kampung saya sekarang tinggal Mbak :) ke "kota" kami memang lebih dekat ke Kab. Bandung (jalan bagus) daripada ke kabupaten sendiri (Cianjur) yang jarak tempuh lima jam kendaraan. Kalau ke Bandung haya 2 jam :)

    ReplyDelete
  13. Baca postingan ini pertnyaanku selama ini terjawab, jd balita boleh masuk kawasan kawah putih ya mbaj? kirain selama ini gak boleh hehe

    ReplyDelete
  14. Masih mending seminggu setelah lebaran teh, daripada aku udah 6 tahun yang lalu lah kira-kira nggak kesini hahaha

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^