SOCIAL MEDIA

Sunday, 29 January 2017

Hikmah Dari Film IQRO


Apa yang terbesit di kepala saat melihat poster film ini wara wiri di media sosial?

"Wah ada film islami keren nih!"

"IQRO? Maksudnya?"

"Petualangan? Seru!"

Bawaannya pengen nonton plus boyong anggota keluarga. Bener ya?

Saya pun demikian. Tapi masih ragu anak-anak bakal anteng nonton nggak. Masih usia 1 bulan, 3 dan 4 tahun. Kalau si kakak bisa jadi sih, tapi yang 2 lagi nggak tau deh, hehe. 

Di saat cuma bisa ngeliatin poster lalu lalang, eh pucuk dicinta ulam pun tiba, ada tawaran undangan dari Blogger Bandung buat nonton bareng film ini. Pas nanya ke Pak Suami, langsung diiyesin. Nah lho? Agak heran sih, karena event-event blogger lainnya biasanya di acc agak lama. Lha ini dalam hitungan detik aja langsung diijinin.

Tapi sayanya rada ragu, masa ninggalin baby. Ya meski ada ASIP di rumah tapi tetep aja khawatir. Tapi Pak Suami meyakinkan dan bilang, "Kalau bukan kita yang mendukung film-film islami, siapa lagi coba?" Bener juga ya. Kalau bukan kita, siapa lagi.


Mendarat di XXI Trans Studio Mall, saya dan teman-teman blogger bersiap nonton. Sepanjang film berlangsung, beberapa kali kita akan dimanjakan pemandangan angkasa. Lalu hikmah apa saja yang bisa diambil dari film ini, baik bagi orang tua maupun bagi anak:


Mengaji Sebelum Mengkaji.

Pembuktian bahwa bumi itu bulat terdapat dalam surat Ali Imron (3): 190.

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal"
QS. Ali Imron (3) : 190



Selain itu, di zaman Rasulullah belum ada jam, tapi kenapa Allah sudah memerintahkan kita sholat 5 waktu? Dengan melihat langitlah kita bisa mengetahuinya. Juga dalam menentukan hilal. Membaca ilmu di langit maupun di bumi, karena segala ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari Al-Qur'an. So, jangan lupa mengaji.


Adab Sebelum Ilmu, Ilmu Sebelum Amal.

Melihat sosok Faudzi, mengingatkan saya akan status fb salah seorang teman tentang akhlak temannya yang seorang hafidz. Hafidz tapi akhlaknya kurang terjaga. Menyenangkankah sosok Faudzi? Tidak. Banyak yang merasa terganggu dengan keusilannya. Meski bacaan Qur'annya bagus dan bahkan mendapat juara, tidak membuat akhlaknya serta merta menjadi bagus. Hal ini bisa orang tua jadikan sebagai media pembelajaran bagi anak, bahwa ada adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal.


Pentingnya Menghargai Sejarah

Adegan Opa Aqila saat di dalam rapat bisa menjadi momentum pembelajaran bagi kita. Di zaman penjajahan Jepang, Boscha hendak dihancurkan oleh tentara Jepang dengan menggunakan bom, tapi bom nggak jadi meledak. Allah ijinkan Boscha ada hingga saat ini. Sudah barang tentu harus kita jaga dan hargai kan?

Masih mikir buat nonton?


SINOPSIS


Aqila (9 tahun) adalah anak yang sangat gandrung pada sains namun kurang punya minat belajar Al Qur’an. Aqila memiliki seorang kakek yang berprofesi sebagai astronom dan tinggal di Pusat Peneropongan Bintang Boscha.

Aqila bermaksud membuat tugas sekolahnya yang berhubungan dengan astronomi, Kakeknya memberi izin pada Aqila untuk menggunakan teropong bintang di Boscha untuk menyelesaikan tugasnya, namun dengan satu syarat: Aqila harus bisa membaca Al Qur’an. Aqila menyanggupinya.

Saat di rumah kakeknya Aqila bertemu Ros, anak dari seorang pembantu di sana. Ros mengajaknya bermain di sebuah masjid. Di masjid inilah Aqila belajar membaca Al Qur’an dengan metode Iqro, yang fun, berirama dan dibawakan secara ringan

Pengalaman Aqila belajar Al Qur’an dan teladan dari kakeknya Inilah yang menggugah mata hatinya, tentang kebesaran Allah SWT yang menciptakan alam semesta.


22 comments :

  1. Aku blm smpet nonton mba... mau ah ajak kidos sklian biar trmotivasi
    ♡♥

    ReplyDelete
  2. Aah...itu yang terlupa.
    Seringkali kita berilmu dahulu baru tau adabnya.

    Terima kasih, uni.

    Berkah banget busa nonton film ini.
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. PR besar aku tahun ini dan pastinya seumur hidup mba X(

      Delete
  3. Asyikk bisa mobar. Pak suami mba shona ga salah kasih acc nih. Hihi..

    Jadi kepemgen liat filmnya juga deh. Bisa jadi piliham tontonan anak2 ini. Rh tapi bookmark dulu aja. Nanti kalau bintamg udah gedean dikit lagi baru diputerin. Sekarang masih sukanya nonton thomas. Hihiii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bintang umurny brp th mb? Emang klo masih cimut pilihannya masih seputar kartun ya, xixi

      Delete
  4. Belum nonton film Iqra mba. Film ini bisa menjadi pilihan untuk mengajak anak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener bgt mb, mari boyong keluarga ;)

      Delete
  5. Wuihhh tfs ya Uni,jadi pengen nonton dan main ke Bosscha. Kebetulan saya suka banget sama hal-hal astronomi dan karya Tuhan semesta^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa,,. Sampe sekarsng belum kesampean k boscha

      Delete
  6. Bagus ceritanya Y Na ini settingnya di Bandung atuh yah?

    ReplyDelete
  7. Saya udah pengen nonton dari kemarin-kemarin Mbak, cuma belum bisa.. Makanya saya penasaran baca tulisan ini. Eh, hasilnya saya malah pengen bangeeet nonton ini. Enggak pake mikir lagi deh.. hehe

    ReplyDelete
  8. Belum sempet nonton film ini :(
    Katanya emang bagus ya? Moga bertahan lama di bioskop :)
    TFS

    ReplyDelete
  9. Jadinya anak-anak nggak diajak, Un? Uhuy banget ya, hihi.
    Aku terima nungguin tayang di TV nih, nasib nggak ada bioskop di kota Palopo. Padahal udah mupeng liat postingan temen-temen blogger Bandung.

    ReplyDelete
  10. Aku belum kesampaian nih nonton film ini. Bioskop deket rumah masih blom nayangin. Padahal mama-ku udah minta diajak nonton. Semoga bakal diputer deh deket rumah. Pengen banget nontonnya

    ReplyDelete
  11. Aku belum nonton,jadi pengen nonton

    ReplyDelete
  12. dari cerita teman-teman , film ini asyik .. patut ditonton ni

    ReplyDelete
  13. Ini tontonan yang sangat inspiratif dan mendidik, cocok dengan semua umur

    ReplyDelete
  14. waah seneng BW kesini, tulisannya bagus, gambarnya juga keren2, btw film IQRO film yang inspiring banget yaa, berkesan sangat, salam kenal uni :)

    ReplyDelete
  15. Aaahh.. belom semper nonton niih, sekarang masih ada gak yaaa, hee

    ReplyDelete
  16. Belom nonton eh udah keburu ngga ada di bioskop hiks hiks

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^