SOCIAL MEDIA

Monday, 13 February 2017

Apalah Arti Sebuah Nama


ibubahagia.com - Mainstream banget deh judul di atas. Jaman sekarang sebagian besar keluarga pasti setuju kalau nama bukanlah sembarang nama. Nama memiliki arti, do'a dan harapan kedua orang tua bahkan bagi hampir seluruh anggota keluaga. Dan kemudian orang-orang pun meng-aminkan. Begitu juga dengan anak-anak saya.

Dulu pas ngeliat nama orang atau anaknya dengan tiga suku kata, saya sering tertawa. Maaf nggak bermaksud menertawakan dalam konotasi negatif. Keinget aja gitu pas ngisi abo pas ujian. Yang nama satu or dua suku kata udah ngisi jawaban no. 5, eh yang tiga suku kata masih sibuk mewarnai lingkaran huruf demi huruf namanya pake pensil 2B, hihi. 

Dan ternyata, eng.. ing.. eng.. Anak-anak saya tiga suku kata semua, buahaha... *nertawain diri sendiri. Adalah Shaqeela Alkhansa Ardiansyah (4th), Ayesha Dzikrina Ardiansyah (3th), dan Rizieq Atharrayhan Ardiansyah (1.5bln). Panjaaaaaang yaaaa.... Gegara Abinya anak-anak pengen ngeksis di belakang nama anak-anak *lho malah nyalahin

Lanjut ke bahasan arti nama ketiga anak saya. Pertama, Shaqeela Alkhansa. Shaqeela artinya "Cantik," sementara Alkhansa memiliki arti "Pejuang Wanita." Jadi secara keseluruhan adalah "Pejuang Wanita yang Cantik." Panggilannya sempat galau. Sasa/Caca, Qiqi, Lala, atau Khansa? Setelah dipikir-pikir Khansa aja deh, biar kesan wonder womennya dapet. Kalau pilihan lain kayaknya rada manja, saya nggak mau doi manja-manja geje.

Kedua, Ayesha Dzikrina. Ayesha merupakan bahasa inggris dari Aisyah, nama dari istri Rasulullah SAW. Dzikrina berarti.... berarti.... berarti apa ya? *ngakak elegant. Dulu pas nemu nama ini dari grup WA Odoj. Ada salah satu member yang nama anaknya Dzikrina. Saya langsung nyolek suami, bagus nih namanya. Suami juga suka. Lanjut deh googling nyari artinya apa.

Saat itu, tahun 2014, dimana Presidennya masih Pak SBY, dan biaya persalinan belum terlalu mahal, arti nama Dzikrina panjang banget (komanya banyak) dan bagus-bagus. Tapi entah kenapa, di jaman sekarang, yang biaya apa-apa serba mahal, arti nama Dzikrina nggak lagi ditemukan, *hubungannya? Ngakak elegant lagi.

Saya lupa karena saking banyak komanya saat itu. Yang pasti artinya bagus. Tapi saya nggak punya cukup bukti untuk membuktikan ke buibu semua kalau arti nama Dzikrina itu sebenarnya bagus. Percaya aja deh ya bu?!! *maksa. Masalahnya saya juga nggak bisa bikin arti sendiri. Bukan kamus. Soalnya. Mudah-mudahan pas Ayesha udah gede, dimana jaman udah lebih maju dan pemimpinnya yang pasti bukan yang sekarang, doi bisa nemuin arti namanya sendiri, kayak saya. Oh iya, panggilannya Echa, sesuai keinginan Kakaknya yang saat itu belum 1 tahun saat Echa lahir.

Ketiga, Rizieq Atharrayhan. Why Rizieq? Yang kepikiran apa hayyo... Right, terinspirasi dari nama Ustadz Habib Rizieq Sihab. Rizieq artinya "Rejeki." Atharrayhan artinya "Wangi dan Allah Menjagaku." So, kalau digabungin memiliki arti Rejeki yang wangi dan Allah menjagaku. Rejekinya kecium kemana-mana, menolong banyak orang yang membutuhkan. Dan berharap doi punya keberanian dalam memberantas nahi munkar seperti Habib, aamiin.. Panggilannya Athar.

Trus Ardiasnyah artinya apa? Ardiansyah memiliki arti "Raja Bumi." Kira-kira nyambung nggak? Bisa, disambung-sambungin XD

Buibu sendiri gimana, pasti nama anak-anaknya punya arti juga kan?

**Tulisan ini terinspirasi dari tulisannya Amy KEB, "Sembilan Calon Nama Untuk Killua."



13 comments :

  1. Tfs Uni, namanya bagus-bagus. Saya juga ingin nama anak ku nanti pake nama belakang Papi nya biar jelas itu anak siapa hehe, pengennya ngasih nama yang mudah disebut dan ditulis, mungkin namanya berasal dari Indonesia banget karena nama aku gak ada Indonesianya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sansan.. wkwkw.. jaman sekarang rerata malah susah ditulisin ya XD

      Delete
  2. Nama anak-anak yang semoga membawa orang tuanya ke surga kelak. Aamiin.
    ^^


    Suka idenya Uni...ngerangkai nama.
    Nitip buat calon anakku yaa, Un...hiihhii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..

      Eh udah? *pegang 2 pipi dg mulut menganga? Trus bilang, Alhamdulillah..... :D

      Delete
  3. Dua anakku juga tiga kata. Kata "Puthayadi" di belakang nama mereka kepanjangan dari putunya Pak Thamrin dan Pak Sunaryadi hehe. Tapi kalau ada absensi acara apa gtu aku nulisnya cuma dua nama pertama aja, Puthayadinya gak kuikutin, kecuali utk urusan administrasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya sama, paling nggak singkatan gitu kalo aku mba. A titik XD

      Delete
  4. Wuaaa namanya bagus2... semoga kelak menjadi anak2 seperti yg diharapkan papa mama ya Nak... suka!

    ReplyDelete
  5. Bagiku, nama adalah doa juga ya buat sang anak :)

    ReplyDelete
  6. nama anakku masih 2 suku kata sama kek emak bapanya :p

    ReplyDelete
  7. Sebuah nama begitu berarti sang empunya.
    Namanaya artinya cakep2 mba Shona, eh si bapak pengen eksis aja sih hahahaha

    ReplyDelete
  8. nama adik2ku panjang panjanggg, artinya lumayan bagus XD
    dzikrina itu cakep namanya hihihi

    ReplyDelete
  9. Nama itu bentuk lain dari doa. Jadi sebisa mungkin yang baik2 :)

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^