SOCIAL MEDIA

Saturday, 15 April 2017

Chapter #3: Mencari Celah Untuk Bersyukur

Gambar: tarbiyah.net
ibubahagia.com - Buibu pastinya udah familiar sama ayat dalam surat Ar-Rahman di atas. Pengulangannya cukup banyak ya. Bahkan walau seringkali diulang-ulang, tetap aja bikin merinding & bikin mata berkaca-kaca. Allah ingatkan berulang kali, biar kita nggak lupa. Apalagi kalau kita sering bersyukur, nikmatnya bakalan ditambah lagi.

Ayat itu ditujukan buat semua. Nggak terkecuali bagi seorang ibu. Kebayang kan gimana keseharian kita sebagai ibu. Kalau sering mengeluh, yang ada emosi jiwa raga, pekerjaan kerasa berat, tubuh penat. Pahala pun minggat.

Teringat kutipan di bukunya Bunda Kaska, A Gift Chapter #1:

Love is what make you smile when you're tired. - Bunda Kaska

Iya, harusnya kalau kita sayang anak-anak kita, cinta keluarga, seletih apapun, senyuman akan selalu terukir. Cinta adalah alasan yang membuat ibu tersenyum ketika ibu merasa letih....

gambar: hercampus.com

Bu....

Di saat ibadah shalatmu tergesa-gesa, ingatlah shalatnya ibu-ibu di Palestina atau Idlib. Engkau berjuang khusyuk di antara anak-anakmu, sementara mereka berjuang khusyuk di tengah dentuman senjata & bom.

Di saat mandimu seadanya, lihatlah sejenak ke Somalia. Mereka di sana hidup miskin kekurangan air bersih, makan, dsb.

Bu....

Di saat setrikaanmu menumpuk, bersyukurlah. Masih ada pakaian yang akan engkau setrika, sementara di luar sana ada yang bingung pakaian mana yang hendak mereka setrika. Tersebab baju di badan untuk sehari saja.

Di saat tak ada lagi waktu untuk ke salon, janganlah bersedih. Lihatlah mereka yang bermandikan peluh, bukan karena mandi sauna. Tapi ibu-ibu kepala keluarga yang terpaksa turun ke rimba, demi sesuap nasi untuk keluarga.

“Fabiayyi 'aalaa'i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” 

Selamat mencari celah untuk bersyukur bu.

17 comments :

  1. ya Allah, astaghfirullah, saya lupa hal ini mbak, kdg msh kurang bersyukur, terimakasih sdh diingatkan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah mengingatkan ya Mbk

    ReplyDelete
  3. Kadang memang lupa untuk bersyukur.
    Alhamdulilah msih selalu diingatkan oleh orang2 terdekat. Maakasihh mba

    ReplyDelete
  4. Mba Shonna, terima kasih telah berbagi dan mengingatkan :)

    ReplyDelete
  5. :') terima kasih remindernya, emang ayat2 bersyukur kudu dibaca setiap saat ya biar ga khilaf hiks

    ReplyDelete
  6. Terima kasih Mbak Shona. Iya sih, ngrasa akhir2 ini keburu2 waktu, lupa bersyukur :((

    ReplyDelete
  7. Makasi Teh udah ngingetin^^ setelah cinta, modal utama dalam membina keluarga adalah syukur dan sabar ya. Btw tampilan blog nya kereennn sukak deh hehe

    ReplyDelete
  8. Barakallah, eonni.
    Ini yang bikin aku takut melihat ke atas.

    Banyak-banyak melihat kebawah agar kita selalu merasa berkecukupan.

    ReplyDelete
  9. Semua disyukuri ya mba..Apa saja yang penting bersyukur insyaallah selalu merasa cukup

    ReplyDelete
  10. Kalau brsyukur sdkt apa pn yg d trm pasti d tmbah dh berasa lbh dr cukup y mba..

    ReplyDelete
  11. karena Allah berfirman, jika kamu bersyukur akan Ku tambah nikmatmu (gitu kurang lebihnya)

    ReplyDelete
  12. Selalu ada celah untuk menjadikan setiap lelah kita menjadi syukur ya mba...

    ReplyDelete
  13. semoga kita selalu bisa mensyukuri segala nikmat dan karunia ini, Amin
    Thanks udah mau saling mengingatkan .... Salam Kenal

    ReplyDelete
  14. Huhu, seringnya kita kurang syukur T.T

    ReplyDelete
  15. Pengingat banget iniii. Makasih mbaa

    ReplyDelete
  16. Terima kasih untuk pelajaran bersyukurnya, simpel tapi ngena banget.

    ReplyDelete
  17. Selalu ada celah untuk bersyukur. Jleb banget :)

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^