SOCIAL MEDIA

Tuesday, 18 April 2017

Inilah Alasan Kenapa Bayi Nggak Perlu Memakai Sarung Tangan


ibubahagia.com - Sebenarnya anak saya dari yang pertama hingga ketiga, semua menggunakan sarung tangan. Hanya karena 2 alasan. Pertama, kasihan mungkin si baby bisa kedinginan kalau nggak pake. Kedua, mukanya luka-luka karena dicakarin.

Beberapa waktu lalu, saya ketemu sama teman sekaligus tetangga jauh yang nggak ada yang kebetulan juga seorang Dokter. Babynya yang lahir di bulan yang sama dengan baby saya, dan sama-sama anak ketiga, nggak mengenakan sarung tangan sejak lahir. Pas saya tanya kenapa, dr. Ropy bilang,


Tangan kan fungsinya untuk meraba Uni. Jadi kalau pake sarung tangan, ada inderanya yang nggak berfungsi secara optimal. 

Benar juga ya. Emak-emak jaman sekarang padahal lagi semangat banget menstimulasi anak-anaknya. Salah satunya dengan Sensory Play. Nah lho! Padahal Sensory Play udah dimulai sejak awal kehidupan. Kayak mainin bajunya sendiri, pegang tangan & dada ibu, memasukan tangan ke mulut, dsb. Merasakan tekstur halus kasar & suhu di sekitar (hangatnya tubuh ibu). *toyor diri sendiri.

Akhirnya saya lepas deh tuh sarung tangan. Walhasil memang banyak ukiran di wajah A3. Tapi kata dr. Ropy, pemulihan luka pada bayi berlangsung cepat, jadi nggak apa-apa. Hm.. baiklah.... Paling kalau udah terlalu banyak, kadang-kadang pas tidur malam aja saya pasangin. Karena kan nggak bisa saya liatin/jaga tangannya pas mau garuk-garuk.


Ukiran di kepala A3 

Kenapa masih ada ukiran, emang kukunya enggak digunting? Diguntiiing... tapi tetap aja ada lukaanya. Kata Mama sih harus dikikir segala. Lha emak beranak tiga ini kapan sempatnya. Bisa ngeguntingin aja syukur, hihi. Tapi bisa juga guntingnya kurang rapi jadinya masih bisa luka.

Dan ternyata emang beda. Sejak lepas sarung tangan, A3 jadi sering memegang & menggenggam tangan saya. So sweet banget! Apalagi pas menyusui, oooohhoooo....

Jadi nggak usah tergiur dulu sama Sensory Play yang kekinian. Awal kehidupannya dulu aja nih yang diperhatiin. Dan nggak mau kan melewatkan momen so sweet bareng si kecil.... Siip.

29 comments :

  1. Kalau dulu disarungtanganin karena khawatir kalau kegaruk-garuk jadi luka, tapi memang sepertinya masuk akal sih ya Mbak kalau menghambat fungsi sensoriknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kan, khawatir jadi luka. tp penjelasan dari dr. Ropy bikin sy jd khawatir

      Delete
  2. wahh betul sekali ia, dan saya juga baru sadar .. heee
    mungkin kondisi Protektif supaya anak gak terkena gigitan serangga, ckckck
    Thanks Ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  3. dulu anakku emang paling ga suka dia disarungin tangannya uda naluri sendiri hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iy? ini mah akunya emak2 maksa judulnya haha

      Delete
  4. Makasih Uniii sharingnya soalnya ada yang ngado sarung tangan baby nih, yaudah sarung tangan buat malam dan bisa dipake di kaki juga kan hehe^^

    ReplyDelete
  5. terimakasih ilmunya ni mbak ,... bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. Iya juga sih ya..selama ini nggak kepikiran kalau tangannya dibiasakan meraba untuk melatih sensorik. Nice info mbaak :)

    ReplyDelete
  7. Asal kukunya tidak panjang jadi gak melukai sendiri ya. Kalau pakai juga tidak harus selamanya. Saat saat tertentu saja kalau diperlukan

    ReplyDelete
  8. Iyaa pernah baca juga sarung tangan ini ga perlu. Tapi kadang kitanya males gunting kuku bayi yang cepet banget numbuh.

    ReplyDelete
  9. Aku juga kasih sarungtangan bayi mba kalau seusia gitu :)

    ReplyDelete
  10. Iya juga ya.. catet nih buat besok karena kebetulan sarung tangan punya abangnya udah pada lenyap entah di mana nyimpennya. Kalaupun ambil dagangan baru sepertinya eman-eman banget ya, mending dipake buat nyumbang #eh

    ReplyDelete
  11. Waaah iya bener mbak. Aku juga udah ga pake sarung tangan lagi kecuali keadaan darurat. Yaitu saat ga bisa motong kuku hahahah. Sehat2 yaa A3!

    ReplyDelete
  12. Aku dulu kasih anakku sarung tangan tapi sebentar aja, soalnya anaknya gak betah, trus sarungnya lepas sendiri.

    ReplyDelete
  13. Noted, mba. terima kasih infonya. Buat bekal nanti kalau debay sudah lahir.

    ReplyDelete
  14. Iya aku pakein bayi sarung tangan takut nyakar-nyakar soalnya, hihi

    ReplyDelete
  15. Jadi si baby biar bisa menstimulus ya, Mbak? Jadi makin cerdas deh nanti dedeknya. Makasi infonya Mbak ^^

    ReplyDelete
  16. Aku juga #timgakpakeinsarungtangan, tapi dulu alasanku krn kalau pakai sarung tangan ntr malah jd kuman krn sarung tangannya kena iler dsb.Tp bener jg sih pakai sarung tangan menghambat anaknya bebas gerak jari2nya.

    ReplyDelete
  17. betul setujuuu... mungkin dipakain sarung tangan kalau lagi di daerah yang dingin aja kali ya biar gak kedinginan

    ReplyDelete
  18. saat 10 hari masih kepake, lepas itu udah jarang pakai, kecuali udah mandi, dan jelang 1 bulan udah lepas

    ReplyDelete
  19. Aku pake pas blm berani potong kukunya

    ReplyDelete
  20. NAWRA dan adik-adiknya semua pakai sarung tangan begitu habis lahir tapi pas bobok dilepasin

    ReplyDelete
  21. Benerr jugaa mbaak ya, kalau tanpa kaus tangan pasti lebih leluasa untuk memegang dan merasakan tekstur disekitar. Aku kalau liat ponakan pakai kaus tangan juga kadang kasihan kan pasti engap atau panas gtu 😁😁 soalnya akunya yg gak betahan wkwkw. . Tfs mbaak 😁semogaa A1, A2 dan A3 sehaaat selaluuu yak. Aamiin. .

    ReplyDelete
  22. aaaaah so sweeet. Aku catet dulu deh di otak, hati, dan bookmark. WKwkkw
    Nah kan kalau baca yang begini begini itu aku suka banget. buat pengetahuan meskipun belum nikah wkwkw

    bener juga apa yang dibilang ropy.

    Mungkin kalau ketauan mertua sedikit dimarahin, karena kasian si bayi. Tapi aku setuju banget sama pendapat dokter diatas :D

    ReplyDelete
  23. Hehehe, anak2ku jg gk ada yg pake satung tangan. Aku sukaaa pegang2an tangan sama bayiiik

    ReplyDelete
  24. wah telat baca mungkin ntar kalo ada anak ke4 aku lepas sarung tangan

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^