SOCIAL MEDIA

Sunday, 2 April 2017

Play Date: Berdagang (Pretend Play)


ibubahagia.com - udah lama banget pengen rutin ikut Play Date. Secara anak-anak nggak punya teman main di sekitaran rumah. Jadi Play Date bisa jadi ajang sosialisasi buat mereka.

Pertama kalinya ikut yang diadain sama Institut Ibu Profesional di Alun-Alun Bandung tahun lalu. Tulisannya bisa di baca di sini. Waktu itu jaman-jamannya saya lagi hamil 8 bulan. Selanjutnya off dulu, karena nggak mau ngambil resiko, tiba-tiba baby mborjol kumaha, hihi.


Trus setelah melahirkan, kami masih off dari aktivitas Play Date. Barulah di bulan Februari kami ikutan lagi. Cuma pas yang di bulan Februari reportasenya nggak saya tulis. Dokumentasinya juga kurang, jadi nggak ajib aja gitu. Play Date yang kami ikuti selanjutnya bisa dibaca di sini.

Nah, kali ini saya mau nulis repostase Play Date anak-anak di Home Sweet Home. HSH ini digawangi oleh Teh Wiwik dan suaminya, Kang Indra. Teh Wiwik yang biasa dipanggil Bubu ini merupakan bagian dari pengurus IIP.

instagramnya HSH, mangga di follow....

Bubu seorang ibu yang profesional dan kreatif tentunya. Terbukti dari rutinnya beliau menstimulasi anak-anaknya dengan berbagai permainan seru hingga Farid (anak pertamanya) bisa membaca Al-Qur'an di usia toddler. Bahkan bisa menulis dongeng saintifis, Masya Allah.. ck.. ck.. ck.... 

Bubu & Keluarga

Tujuan Bubu ngadain Play Date di rumahnya, nggak lain nggak bukan ya karena lingkungan rumahnya yang sepi anak-anak seusia anak mereka. Jadi tanpa harus sewot bin galau, muncullah ide untuk menciptakan Play Date di rumahnya sendiri. Ya iyes sih, kalau nggak ada ya ciptain. Saya nih yang belum bisa, tapi mudah-mudahan menyusul segera, aamiin.

Sebenarnya udah banyak Play Date yang terselenggara di HSH. Yamg kami ikuti kali ini ini temanya Pretend Play: Berdagang. Pertama, anak-anak diperkenalkan dengan mesin ATM. Kalau di ATM bisa ngambil uang pakai kartu.

Langsung terinspirasi pengen bikin juga di rumah. Yihiii...

Selanjutnya anak-anak beli Play Dough sebagai bahan mentah yang mau diolah menjadi kreasi sesuka mereka. Ada yang bikin es krim, kue, bakso, cilok, dll. Udah pasti donk pas main Play Dough sensorinya beraksi. Mulai dari indera peraba, lanjut penglihatan (mengenal warna).


Karena hari udah mulai terik, dan waktu udah menunjukkan pukul 11 siang, Play Datenya pun berakhir. Belum sempat jualan lagi sih, tapi anak-anak kelihatan happy. Apalagi salah satu toping Play Doughnya ternyata bisa diemut. Lho? Hihi, iya ngemut permen imut warna-warni menutup Play Date kami. Ditunggu info Play Date selanjutnya ya Bubu. Alhamdulillah seruuuu! ^_^


12 comments :

  1. Seru ya ..., dulu waktu anak-anak masih kecil juga suka ikutan playdate, hehehe

    ReplyDelete
  2. Seruuu bangeet mbaak acara play datenya. . Dulu saya pas kecil juga sering gtu mainan jual-jualan dan bikin roti. . Tp tradisional banget pake tanah yg dikasih air dibikin adonan terus dicetak. Hehehe jd nostalgia. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaaa... kita jaman dulu lebih sering main tanah ya.. batu bata merah juga suka digilig jadi cabe, hihi

      Delete
  3. waah seru yaa...anak2ku di rumah bertiga suka banget main2 segala macem termasuk dagang2an dan rumah2an, serta permainan peran lainnya

    ReplyDelete
  4. playdoughnya warna warni bikin lapar mata lapar mulut hahahah

    ReplyDelete
  5. Seru y Na :) pengen coba ikutan deh biar nambah ilmu juga buat aku sebagai ibu yang selalu berbahagia xixixi

    ReplyDelete
  6. Aku uda lamaaaa pingin ikutan pledet HSH.
    Tapi qodarullah, belum kesampaian.

    Pas wikde, anak-anak sekolah.
    Pas wiken, anak-anak kangen Abi, pasti minta ke tempat lain.

    Duuduuduu....kangeeen Bubu FaFaFa, Uni Khansa dan Echa...😘😘

    ReplyDelete
  7. Seruuu..ponakanku suka banget berkreasi dengan playdough ini, kadang akunya juga latah ikutan hehe

    ReplyDelete
  8. mau coba juga ah di rumah. nice sharing

    ReplyDelete
  9. Waaahhh, di Depok ada gak ya?
    Tmnku kyknya pernah ikutan acara kyk gtu jg di Bandung, namanya Uli, anaknya namanya Khansa dan Halim, kenal tdk mbak?

    ReplyDelete
  10. Kayaknya di Samarinda belum ada nih Mbak. Asik juga kalo ngadain Play date secara kami juga tinggal di komplek pertokoan n gak punya tetangga yang seumuran anak kami. Btw, kayak gitu bayar apa gimana mbak prosedurnya?

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^