SOCIAL MEDIA

Monday, 29 May 2017

Uri-Cran Datang, Anyang-Anyangan Hilang!


ibubahagia.com - Buibu kenal dengan istilah anyang-anyangan? Kalau saya lebih akrab dengan istilah saban-saban, hihi. Iya Orang Minang lebih mengenal istilah anyang-anyangan ini dengan saban-saban. Kayaknya buibu pada akrab dengan penyakit satu ini. Mama dan kakak saya pun pernah mengalami. Mengganggu nggak? Lha iya, bikin jadi sering ke kamar mandi.



gambar: uricran.co.id

Beberapa minggu yang lalu saya juga buang air kecil sempat nggak nyaman. Udah pipis eh mau pipis lagi. Pas pipis lagi, malah dikit. Dan kadang terasa sakit. Duh langsung kepikiran, jangan-jangan saya terkena anyang-anyangan! Jadinya saya googling lebih jauh soal anyang-anyangan ini. Sebenarnya anyang-anyangan itu termasuk penyakit serius nggak ya? Ternyata anyang-anyangan itu gejala awal dari infeksi saluran kemih, air yang keluar hanya sedikit, cenderung panas dengan durasi berulang. Nggak hanya perempuan aja sih, laki-laki tua atau pun muda juga bisa mengalami. Lantas apa aja ya penyebabnya?


gambar: uricran.co.id

Penyebab Anyang-Anyangan pada Perempuan
  • Menahan buang air kecil. Nah iya, saya sering menahan buang air kecil gara-gara nggak mau capek & ribet ke kamar mandi. 
  • Terinfeksi Bakteri E.Coli. Bakteri ini masuk ke dalam saluran kemih.
  • Chlamydia. Bakteri ini berasal dari vagina wanita. Saat terkena keputihan bakteri tersebut bisa masuk ke dalam saluran kemih.
  • Kurang Menjaga Kebersihan. Ternyata sebelum dan sesudah berhubungan intim, kebersihan organ intim perlu diperhatikan. Pantas... beberapa kali saya juga merasakan anyang-anyangan setelah berhubungan..
  • Struktur Organ Intim yang Nggak Normal. Refluks urin yang lebih tinggi dibandingkan saluran kemih bisa meningkatkan tekanan hidrostatik sehingga menimbulkan infeksi pada saluran kemih.
  • Diabetes. Penderita diabetes mellitus akan merasakan ingin selalu buang air kecil akibat reaksi dari penyakitnya tersebut.
  • Dehidrasi. Saat dehidrasi urin yang diproduksi sedikit jadinya ingin selalu buang air kecil tapi dengan volume yang sedikit. Saya nggak sampai dehidrasi sih, tapi memang jarang minum air putih.. pas menyusui udah lumayan banyak sih, mungkin masih kurang ya terlebih si baby juga ikutan minum dari ASI. Harus lebih banyak lagi berarti!
  • Kehamilan. 3 kali hamil, saya juga ngerasain anyang-anyangan. Pas hamil tua tapi. Kalau buibu ngerasain anyang-anyangan tapi masih di trisemester 1 atau 2, ambil langkah seribu untuk segera periksa ke Dokter. Masih ingat kan dengan ceritanya anak Indra Bekti yang meninggal karena istrinya terkena infeksi saluran kemih (ISK)? Iya ISK bisa menyebabkan kematian pada janin.
  • Alat KB. Terutama yang berbentuk spiral. Pernah ngerasain juga, huhu. Sering sakit buang air kecil.
  • Menopause. Penurunan hormon estrogen bisa menyebabkan buibu terkena ISK.
  • Batu Ginjal. Batu ginjal bisa menekan saluran kemih, jadinya ingin buang air kecil terus-menerus tapi nggak bisa keluar, dikarenakan adanya sumbatan. Sehingga menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.



Cara Mengatasi Anyang-Anyangan

Khawatir karena udah mulai merasakan tanda-tanda terkena anyang-anyangan, saya coba memperbanyak minum air putih. Selain memperbanyak minum air putih, saya juga mulai memperhatikan kembali kebersihan organ kewanitaan saya. Sebagian besar saya kutip dari bukunya Fufu.

1. Cebok dari Arah Depan ke Belakang.
Dari vulva (kelamin luar) bagian atas, lalu ke arah anus. Ini termasuk arah aliran air yang disiramkan serta perabaan kemaluan oleh tangan--vulva dulu, baru menuju anus. Yang harus diperhatikan arahnya tidak boleh sebaliknya atau bolak-balik. Hal ini agar kontaminasi kuman di daerah lubang anus tidak mencemari daerah vulva dan masuk ke lubang vagina.

2. Menghentikan Penggunaan Sabun Pembersih Kewanitaan.
Penggunaan sabun pembersih sebenarnya nggak dianjurkan, karena bisa mengubah kestabilan PH vagina. Dan berefek mengganggu kestabilan si kuman-kuman baik yang ada di dalam lubang vagina.

3. Menjaga Kelembapan Vagina.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Keringkan pakai handuk. Duh ribet banget sih? Awal-awal sih iya. Tapi banyak nilai plusnya. Bisa mencegah keputihan juga. Untuk handuk, dari pada beli satu-satu kayak sapu tangan handuk gitu, saya lebih memilih menggunting handuk besar, jadi bisa dapat banyak, hihi. Kebiasaan mengeringkan pakai handuk ini bakal bikin aneh kalau tiba-tiba habis cebok kita langsung pakai celana. lembap vs kering, ya pastilah milih kering kan.
  • Ganti celana dalam. Idealnya celana dalam diganti setiap selesai buang air kecil dan besar. Tapi kalau dirasa terlalu berlebihan, paling nggak ganti sebanyak 3 kali sehari. Hitungannya, satu celana dalam untuk menjaga organ vital kita selama 8 jam. Nah kalau bagi kita yang muslim, nggak ada salahnya mengganti celana dalam setiap kali mau shalat. Wah benar juga ya! Bisa sekalian menjaga kesucian ibadah kita juga.
  • Nggak wajib pakai panty liners. Panty liners sebenarnya bukan menjaga kelembapan, tetapi justru malah bisa jadi sarana si kuman untuk berkembang biak di daerah vagina. Prinsipnya penggunaan panty sama halnya dengan penggunaan celana dalam. Jadi ya kalau mau dipakai, harus sering-sering diganti. 
4. Mencukur Rambut Kemaluan.
Bagi muslim pasti tahu dong kalau mencukur rambut kemaluan itu sunnah. Jadi selain bermanfaat bisa mencegah penyebaran kuman, memberikan sirkulasi udara, pastinya juga dapat pahala.

5. Perhatikan Penggunaan Toilet.
Saya tipe agak ribet kalau mau ke toilet umum. Bersyukur kalau toiletnya ada tisunya, jadi saya gunain deh tuh tisu buat alas. Yang bikin nggak nyaman itu kalau closetnya itu nggak ada selang buat cebok alias langsung air yang nyemprot dari bagian belakang. Walhasil air yang seharusnya dari depan ke belakang jadi arah sebaliknya. Kebayang kan kuman-kuman dari anus bisa masuk ke dalam vagina kita? Apalagi jarak anus dan vagina itu hanya 2 ruas jari, heu. Dari buku "Mahir Menjaga Organ Intim Kewanitaan," juga dijelaskan kalau yang ada selangnya juga sebaiknya tetap memakai tisu, karena tangan yang memegang selang kan bergonta-ganti.

6. Minum Uri-Cran.


Setelah memperbanyak minum air putih, ternyata sesekali si anyang-anyangan tetap saja datang. Akhirnya, biar nggak bolak-balik saya coba mengkonsumsi Uri-Cran.


gambar: uricran.co.id

Awalnya sempat khawatir karena saya lagi menyusui. Aman gitu buat ibu hamil or menyusui?  Hasil baca-baca di blog teman yang konsultasi langsung ke Dokter  dan baca di fan pagenya Uri-Cran, ternyata aman Alhamdulillah. Dan 2 kali minum yang powder sachet Alhamdulillah udah kelihatan hasilnya. Rasanya juga enak berasa seperti minum jus. Terbukti bisa mengatasi susah buang air kecil yeess. Jadi nggak bolak-balik ke kamar mandi lagi deh. Nah, sebenarnya Uri-Cran itu apa sih?



gambar: fan page prive uri-cran

Uri-Cran adalah ekstrak dari buah cranberry yang memiliki banyak kesamaan dengan blueberry. Cuma cranberry warnanya merah tua. Dulu di bagian utara Amerika konon khasiat buah ini udah diketahui sejak jaman nenek moyang suku Indian kuno. Berkhasiat sebagai obat luka akibat terkena panah, dan beberapa tahun terakhir populer digunakan sebagai vitamin guna meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan antioksidan. 

Manfaat mengkonsumsi buah ini diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Kandungan antioksidan yang biasa disebut proanthocyanidins dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang bikin bakteri sulit menempel di saluran kemih.

Berhubung buah cranberry bukan jenis buah lokal, pastinya sulit di dapat dan harganya terbilang mahal. Alhamdulillah Uri-Cran memudahkan kita ya bu! Penasaran dengan komposisinya, cekidot!


gambar: fan page prive uri-cran
Komposisi Kapsul:
250 mg Ekstrak Cranberry
Dosis: 1-2 Kapsul/Hari
Isi per Box: 30 Kapsul/Box

Komposisi Powder Sachet:
375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit. C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidium.
Dosis: 1-2 Sachet/Hari
Isi per Box: 15 Sachet/Box

Bisa diperoleh di mana ya? Nih saya cantumin ya bu *senyum.... Uri-Cran Datang, Anyang-Anyangan Hilang! Insya Allah.... ^_^

gambar: fan page prive uri-cran

Sumber:
- Citra, Foezi. 2012. Mahir Menjaga Organ Intim Kewanitaan. Solo: Tinta Medina.

31 comments :

  1. Biasanya kalau udah asik di depan laptop suka bikin saya malas ke toilet. Lebih memilih menahan pipis. Padahal gak baik buat kesehatan

    ReplyDelete
  2. Bener mba... Plg malas kl toilet yg airnya nyemprot dr blk

    ReplyDelete
  3. Aku prnh ngalamin mba huhu gk nyaman bngt tp skrg sdh ad suplemenny yg bd d konsimsi rutin jd.gk maslh y

    ReplyDelete
  4. Urusan anyang-anyangan sih jarang.. tapi klo gampang pipis itu, klo sdh minum air putih ukuran botol tupperware.. cm kadang suka nahan pipis klo lagi *tanggung* didepan laptop atau ada kerjaan gt...
    Btw.. makasiih info yaaa soal uri cran ini bisa jadi prepare klo *anyang-anyangan*...

    ReplyDelete
  5. aku klo ditoilet tissuenya seuprit lebih milih buat jadi alas wkwkwk pdhl sama2 penting makanya membiasakan bawa tissue itu penting sepenting mantengin job di FB ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belajar dari ibuku yang selalu bawa tisu atau handuk kecil karena di toilet umum belum tentu ada tisu

      Delete
  6. toilet umum memang rawan kuman ya mbak, aku sedia lap khusus supaya terhindar dari penularan. Anyang2an gak enaaak rasanya, serba salah, enak ya skrg ada prive uri cran

    ReplyDelete
  7. Hiii..saya banget ini, sering nahan pipis. Berbahaya banget yak ternyata. Hiks

    ReplyDelete
  8. Nggak perlu mampir-mampir toilet kalo udah ada Uricran

    ReplyDelete
  9. erasanya apa Un..setelah minum Uri-Cran?
    Jadi semakin mudah ke toiletnya kah?

    Soalnya aku semenjak shaum ini, jadi sering ke toilet.
    Mau tidur malam aja, butuh 2 kali bolak-balik ke toilet.

    *agak menyiksa...tapi kan akut ginjal aku bermasalah.

    ReplyDelete
  10. Sejak punya anak jadi suka nahan2 pipis n jarang minum aer putih soalnya rempong jagain dia, hehehe. Aq juga minum uricran teh, rasanya enaaaak banget yaah

    ReplyDelete
  11. Saya tuh suka menahan pipis. Kebelet banget baru deh terbirit-birit lari ke toilet. Bad habit sih, tapi suka lupa diri apalagi kalau udah depan laptop.

    ReplyDelete
  12. ngga nyaman ya kalau kena anyang-anyangan. Ngeganggu ibadah juga jadinya. Harus segera diatasi ya, mba

    ReplyDelete
  13. ngga nyaman ya kalau kena anyang-anyangan. Ngeganggu ibadah juga jadinya. Harus segera diatasi ya, mba

    ReplyDelete
  14. Lengkap. Bagus teh tulisannya. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  15. Huwaaaaa aku tu kalau toilet umumnya jorok suka nahan pipis
    Thx tipsnya mbak

    ReplyDelete
  16. Kl sy minum jus cranberry ,tp susah dpt buah canberra akhirnya beli jus cranberry yg udh jd memang adanya di supermaket besar,alhamdulillah anyang2an hilang,itu jg dokter yg nyaranin sy minum jus cranberry

    ReplyDelete
  17. Kl sy minum jus cranberry ,tp susah dpt buah canberra akhirnya beli jus cranberry yg udh jd memang adanya di supermaket besar,alhamdulillah anyang2an hilang,itu jg dokter yg nyaranin sy minum jus cranberry

    ReplyDelete
  18. Kl sy minum jus cranberry ,tp susah dpt buah canberra akhirnya beli jus cranberry yg udh jd memang adanya di supermaket besar,alhamdulillah anyang2an hilang,itu jg dokter yg nyaranin sy minum jus cranberry

    ReplyDelete
  19. Anyang anyangan penyakit yang mengganggu, terutama jika sedang traveling

    ReplyDelete
  20. Ah iyayaa kalo udah anyang2an melanda duh rasanyaaa.. Belum pernah pake apa2 selama ini, boleh kapan2 dicoba. Nuhun infonya 😘

    ReplyDelete
  21. Baru dengar istilah anyang-anyangan, Mbak. Di tempat saya apa ya namanya? 8-o

    ReplyDelete
  22. Anyang2an emang nyebelin.. bawaannya pengen ke toilet mulu..

    ReplyDelete
  23. Kirain anyang anyang-anyangan itu dikarenakan badan capek dan pegal, GK taunya krn virus dan kebiasaan.

    ReplyDelete
  24. Duh aku pernah merasakan anyang-anyangan jadinya nggak nyaman banget

    ReplyDelete
  25. Teh minum juga ya, enak ya nggak berasa minum obat jadinya kayak minum juice cranberry :D

    ReplyDelete
  26. Ibu saya nih kena anyang-anyangan, jadi emang sering kebelet pipis gitu, tapi pipisnya emang dikit-dikit. Belum pernah beliau nyobain uri-cran, barangkali nanti sama aku bisa aku saranin pakai uri-cran ini.

    ReplyDelete
  27. Iya, rasa uri-cran enak ya... Ada manis dan ada asam juga...segeer...

    ReplyDelete
  28. Bener banget nih, kalo anyang2an mau hengkang kudu minum uri-cran

    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  29. mesti selalu waspada ya uni shonna,untung sekaramg udah ada uri-cran ya,jadi ga bingung lagi kalo terkena anyang-anyangan

    ReplyDelete
  30. Jdi ingat saat saya terkena ISK pas hamil kedua. Syerem banget apalagi saat itu saya blm kenal uricran. Untung sekarang udah ada uricran ya. Tnx tipsnya ya buuu

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^