SOCIAL MEDIA

Wednesday, 2 August 2017

Tips Aman Membawa Bayi di Kereta Api Antar Kota

gambar: healthwellnesscolorado.com

ibubahagia.com - Melakukan perjalanan wisata antar kota bersama keluarga seenggaknya perlu dilakukan secara rutin. Menghabiskan waktu bersama di kota atau daerah yang berbeda, secara nggak langsung bisa mempererat tali kekeluargaan. Saya pun rutin ke rumah mertua di Bekasi.

Perjalanan akan semakin menyenangkan kalau dilakukan dengan menggunakan transportasi yang tepat. Buibu bisa membawa seluruh anggota keluarga, termasuk orang tua, suami, istri, keponakan atau anak yang masih bayi.

Pesawat terbang adalah modal transportasi yang tepat untuk memberikan rasa nyaman selama menuju ke tempat wisata. Tapi, harganya yang mehong membuat transportasi massal ini hanya bisa digunakan oleh kalangan tertentu. Lagi pula dengan menggunakan pesawat terbang, Buibu harus membayar biaya jauh lebih besar dibandingkan alat transportasi massal lainnya, seperti kereta api. 

Jika Buibu menggunakan kereta api, maka secara nggak langsung Buibu udah mengirit setengah biaya perjalanan. Harga tiket kereta api yang relatif murah bisa menekan angka pengeluaran perjalanan wisata Buibu dan keluarga.  Sesekali saya dan suami juga berniat naik kereta ke Bekasi.

Apalagi Buibu sekarang juga bisa membeli tiket kereta secara online tanpa harus langsung mendatangi loket stasiun keberangkatan. Buibu bisa membeli tiket di situs web resmi PT KAI (Kereta Api Indonesia) atau Traveloka, sebagai salah satu rekanan resmi PT KAI sebagai penyedia layanan distribusi tiket kereta.



Beli tiket kereta api di Traveloka KAI bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan bisa melakukan proses pemesanan dari mana saja dan kapan saja. Jadi, pesan tiket Buibu segera, sebelum tiket kereta apinya kehabisan.

Tiket yang sudah Buibu pesan dan bayar tidak bisa digantikan kembali. Jadi, saat ingin membeli tiket dalam jumlah yang banyak, pastikan telah melakukannya dengan benar. Bertanyalah kepada setiap anggota keluarga yang ikut dan pastikan Buibu udah mendapatkan kesepakatan bersama sebelum memesan tiket. Buibu juga perlu memperhatikan kesiapan seluruh anggota keluarga untuk melakukan perjalanan dengan kereta api.


Jika Buibu membawa bayi kurang dari satu tahun, maka juga perlu memikirkan kondisi bayi dan kesiapan Buibu saat membawa bayi. Buibu bisa meminta anggota keluarga lainnya untuk membantu jika memang dirasa perlu. Namun, Buibu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum membawa bayi di kereta. 

Apa saja hal penting tersebut? Simak ulasan berikut ini:

1. Memilih tanggal yang tepat.
Sebelum memutuskan untuk membawa bayi pada perjalanan dengan kereta api kali ini, Buibu perlu memperhatikan tanggal keberangkatan terlebih dahulu. Pilihlah tanggal keberangkatan dan kepulangan yang bukan merupakan libur nasional dan long weekend. Memilih tanggal di akhir pekan yang tidak termasuk libur nasional dan libur panjang bisa membantu Buibu mengatasi keriuhan yang mungkin terjadi di kereta. Kereta akan lebih sepi dan bayi akan merasa lebih nyaman saat berada di dalamnya. 

2. Memilih tempat duduk yang tepat Sama seperti orang dewasa, bayi mudah sekali merasakan ketidaknyamanan.
Jika Buibu membawa bayi di kereta, maka pastikan telah memilih tempat duduk yang sesuai. Kursi yang dekat dengan jendela adalah pilihan yang tepat untuk Buibu dan bayi. Disaat bayi menangis, Buibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan membuka jendela dan memperlihatkan pemandangan indah di luar kereta. Selain itu, jauhi juga area bordes, atau tempat menaikturunkan penumpang. Area ini akan menimbulkan banyak suara yang sangat tidak bersahabat di telinga bayi. 

3. Pesan kursi lebih.
Membawa bayi berarti Buibu harus siap dengan kondisi yang lebih rumit dibandingkan dengan saat melakukan perjalanan wisata seorang diri atau tanpa bayi. Mengingat Buibu akan menghabiskan banyak energi dan tempat selama perjalanan, maka ada baiknya Buibu memesan kursi lebih. Kursi tersebut bisa digunakan untuk menempatkan tas bayi dan beberapa perlengkapan lainnya. Selain itu jika Buibu membawa stroller atau kereta bayi, maka Buibu juga bisa menempatkannya di depan area kursi tambahan tersebut. 

4. Membawa makanan cukup dan mainan kesukaan.
Jika Buibu membawa bayi yang masih menerima asupan ASI, maka nggak perlu repot membawa makanan pendukung dan susu formula. Tapi kalau si bayi udah mengonsumsi makanan pendukung atau susu formula, maka pastikan Buibu udah membawa berbagai perlengkapan tersebut. Selain itu jangan lupa pula untuk membawa mainan untuk  diberikan saat bayi menangis.

5. Membawa jaket.
Meskipun tidak terlalu dingin bagi orang dewasa, pendingin ruangan di kereta api bisa terasa sangat dingin di tubuh bayi. Itulah mengapa penting bagi Buibu untuk membawa jaket dan penghangat tubuh lainnya, guna menghindari bayi merasa kedinginan berlebihan. 



23 comments :

  1. Naik kereta sekarang nyaman ya dan lebih cepat dari bawa kendaraan pribadi. Waktu pulang mudik Lebaran lalu, di kursi sebelah ada suami istri yang bawa bayi juga. Yup, betul juga, mereka pesan 3 kursi sepertinya, jadi lebih leluasa duduknya. Waktu itu bayinya sempat pup di kereta hihi.

    ReplyDelete
  2. kalau bawa anak2 bekal makanan dan mainan memang ngak boleh ketinggalan ya mba.

    ReplyDelete
  3. membawa bayi baik menggunakan bus, KA, atau pesawat memang membutuhkan persiapan ekstra ya

    ReplyDelete
  4. Perlu pesan kursi lebih.. biar terasa luas ya..mba..,biasanya bayi gampang bosan..kalo terlalu padat..dianya risih dan rewel..

    ReplyDelete
  5. Mantaps tips nya Uni, jadi pengen naik kereta ke Jogja hihi

    ReplyDelete
  6. Tips nya benar sekali mbak. Alhamdulillah anak2 suka naik kereta api. Selain murah. Nyaman.gak panas. Danlebih leluasa. Secara anak lbh cepat bosan kan ya

    ReplyDelete
  7. Aku sudah lama enggak naik kereta api. Baru minggu lalu beliin tiket kereta api buat mertua pake Traveloka. Praktis banget. Nuker tiket di stasiunnya juga gampang. Langsung terpikir ah pengen jalan-jalan pake kereta api lagi ah.
    Nyaman ternyata. Bawa bayi juga jadi enak ya. Suka lihat Zaskia Adya Mecca, ke Jogja bawa anak-anaknya naik kereta. Dibikinin kasur-kasuran di bawah, jadi pada betah.

    ReplyDelete
  8. bawa bantal leher Na klo aku hahaha lumayan ilangin pegel dan emang bawa makanan mesti cukup karena ilangin bosen ya makan :p

    ReplyDelete
  9. Bisa jadi referensi nih buat saya. Sambil nunggu kehadiran si bayi plus sambil nunggu kesempatan jalan-jalan ke Pulau Jawa biar bisa ngerasain yang namanya kereta api :D

    ReplyDelete
  10. Waktu anakku usia 2 bulan dh pernah mba,,, dulu msh boleh bew storel trus do buka di depan tmpt duduk kita,, k Cirebon sbntr hny 4 jm untungnya anteng spnjg jln tidur trs

    ReplyDelete
  11. Waktu pertama kali ngajak si kecil naik kereta, seneng banged dia.
    Apalgi sekarang di era digital, udah kebantu banged bisa pesen tiket secara online.

    ReplyDelete
  12. Bener banget tuh Mbak tipsnya.. Waktu usia Fahmi 6 bulan kami bawa ke Yogya naik kereta alhamdulillah lancar pulang perginya :)

    ReplyDelete
  13. Iya saya pun kalau sama anak2 pesan kursi lebih. KAalu masih bayi enak, diem aja.Yg udah balita kdng suka minta jalan2 di kereta hehehe

    ReplyDelete
  14. Aduh jd keingetan aku blm.pernah coba ajak ranu naik kereta api jarak jauh nih. Pingin bgt. Makasih tips nya mba

    ReplyDelete
  15. kemarin bawa batita naik kereta aku pilih kereta ekonomi, soalnya infant gak dpt tempat duduk sendiri, capek mangkunya kalau kita pilih bangku KAI eksekutif, klo yg ekonomi enak bangkunya bisa lonjoran klw tdk ada penumpang sebelah

    ReplyDelete
  16. Lebaran kemarin saat pulang kampung ke Garut, kami pesan kereta api di traveloka dari Bandung ke Jakarta. Meskipun harus berangkat subuh2 Alhamdulillah gak terlambat. Di kereta juga nyaman. Pemandangan Bandung - Jakarta indah banget. Simpel gak ribet ternyata.

    ReplyDelete
  17. Naik kereta api skarang wajib pakai jaket. Soalnya dingin. Padahal dlu panas dan sumpek. Eh skarang nyaman ya mba

    ReplyDelete
  18. Kalo bawa baby memang sebaiknya jauh-jauh pilih seat yang bisa buat nyaman ya mbak.

    ReplyDelete
  19. kebanyakan yang bawa bayi, jarang pesan kursi lebih :D

    ReplyDelete
  20. Pesan kursi lebih buat yang bawa anak. Nah ini yang kadang orang tuh ga kepikiran ya, Shona.

    ReplyDelete
  21. ini moda favorit waktu mudik. Anakku tidur di kursinya yang lapang. Malah nyaman banget dia

    ReplyDelete
  22. bawa anak berarti harus ekstra pengamanan ya mba, selimut, gendongan, snack.

    ReplyDelete
  23. nambah tipsnya: beli tiket jauh-jauh hari buat yg mau ambil kelas bisnis paling murah :D abisnya saya kehabisan mulu tiap beli H-30 aja. Uhuhuhuhuh. hebat lah kereta api sekarang jadi alat transportasi primadona :D

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^