SOCIAL MEDIA

Friday, 22 September 2017

Saat Pasangan Nggak Suka Membaca

momen langka :p

ibubahagia.com - Entah itu istri atau suami, seenggaknya bukan dua-duanya, maka bersyukurlah. Masih ada peluang punya koleksi buku di rumah, hehe. Tapi untuk hal ini penting nggak saling menyalahkan. Yang suka baca punya alasan, yang nggak suka pun punya alasan tersendiri.

Terlebih lagi jika menilik di kehidupan pasangan sebelumnya. Misal, di rumah pasangan ada lemari buku atau enggak. Apa orangtua & mayoritas saudaranya juga enggak suka membaca. Kalau enggak, bisa disimpulkan kalau budaya membaca sejak doi kecil nggak diberdayakan. Sehingga gedenya sekarang ya jadi nggak suka baca.

Tapi ada juga yang sudah berusaha biar bisa suka baca, tapi tiap kali mau baca yang ada ngantuk. Jadi buku adalah semacam obat tidur, wakaka. Apa ada hububungannya sama gangguan syetan ya? Secara membaca kan perintah Allah juga. Iqra! Bacalah! Jadi yang serius-serius tanggung dibikin ngantuk sama syetan. So, baca ta'awudz dulu trus do'a.

Soal menyoal perbedaan ini, harapan saya memang pasangan suka baca juga. Tapi apa mau dikata, kalau 2 hal di atas dialami suami. Harap maklum, dan mencoba untuk fokus ke solusi. Jika suami nggak menganggarkan biaya untuk membeli buku, maka tugas saya yang harus pinter-pinter memanage uang. Tentunya tetap dengan ijin suami, tapi ada anggarang lain yang harus dipangkas. Atau saya anggarkan dari fee saya ngeblog. Lumayanlah buat 1-2 buku/bulan, meski nggak tiap bulan juga, hehe.

Dilema lain, agak susah juga sih kalau mau diajak ke perpustakaan. Kan gratis.... Selama nikah, baru 2x ke perpustakaan, wakwaw. Dan usia pernikahan kami tahun ini 5 tahun 7 bulan. Tapi harus tetap disyukuri.. yang penting pernah, dari pada enggak sama sekali.

Do'a selalu menyertai baik buat anak-anak juga suami. Kalau Buibu punya pasangan yang nggak suka membaca juga? Share yuk! ^_^

38 comments :

  1. Hehehe, kalo beda hobby dan kebiasaan memang begitulah. Doakan saya kelak beliau dapat hidayah wkwkwkwk....

    ReplyDelete
  2. Gapapa Un, saling melengkapi. Uni yg baca, lalu cerita ke suami.

    ReplyDelete
  3. Hahahah, suami aku banget ini. Dia gak suka baca buku. Paling banter artikel online. Until nyikapinnya, aku biasanya cerita tentang buku yang aku baca. Baru deh, kalo penasaran, suami bakal baca sendiri bukunya. :D

    ReplyDelete
  4. Suami saya masih susah diajak membaca wkwkwk, dia lebih suka nonton.

    ReplyDelete
  5. Suami saya alhamdulilah suka baca. Tapi bukan yang bookaholic dan readaholic kayak saya. Jadi kalau saya dan anak mulai heboh beli buku.. Dia suka bete karena kami boros bangett

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sama-sama suka baca 😀

    ReplyDelete
  7. Tetap semnagat ya Mbak... semoga suatu hari nanti suami tertulari virus baca juga. Aamiin

    ReplyDelete
  8. *tosss*
    Saya malah belum pernah ke perpus sm suami, seringnya sama jav, ke toko buku jg...

    ReplyDelete
  9. Suamiku suka baca. Tapi bacain portal2 berita di inet, wkwkwk! Baca buku ya gitu sama: ngantuk, hahahah! Hadeuh....

    ReplyDelete
  10. Suamiku malah suka bacaaaa banget, istrinya yang harus maksa baca biar ikutan pinter juga

    ReplyDelete
  11. Aku pun ingin punya pasangan yang suka baca karena udah pasti wawasannya luas + pinter 😂

    ReplyDelete
  12. Emang gak enak banget kalo pasangan tidak sama hobinya, tapi setidaknya dia gak ngelarang itu sudah bisa dinikmati

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah suami saya lebih suka baca ketimbang saya pada awal menikah..sekarang saya terbawa..tapi jenis bacaan yang berbeda.. disini letak nggak enaknya..bacaan yang saya anggap bermanfaat menurut suami enggak, seperti novel.. alhasil kalau saya minta beli novel nggak dikasih sama suami..kalau buku keagamaan dan bentuk non fiksi lain yang dianggap suami memang saya butuhkan baru boleh beli..yaah semua harus disyukuri ya mbak..ada plus minusnya hehe

    ReplyDelete
  14. Suami suka baca Un,tp beliau bilang sejak ada baby jadi agak susah baca buku cetak, jadi baca artikel ol. Kalau saya pas ada perlu, bolak balik baca sih hehe

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah suami saya suka baca walopun kadarnya mungkin banyakan saya 😊 so, kalo saya bilang mo beli buku ini atau beliin anak buku itu, beliau iyess aja.

    ReplyDelete
  16. Hahahah...suami kurang suka baca, kalau saya lagi baca suka digangguin

    ReplyDelete
  17. Pasangan yang suka membaca pastinya seru pas hunting buku yaaa

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah suami saya suka baca juga, meski beda genrenya..
    Tapi teap bersyukur Bun..suami dan Bunda bisa saling melengkapi, kan Bunda bisa cerita isi buku yang dibaca pada suami :)

    ReplyDelete
  19. Suamiku juga termasuk yang agak sulit membaca buku, tapi seiring berjalannya waktu, serng aku ajak ke toko buku karena aku dan anak-anak juga suka membaca akhirnya ikutan juga (he he he). Walaupun jarang banget belinya atau kalaupun beli kadang bacanya juga nggak tuntas.

    ReplyDelete
  20. Ehmmm, pasangan saya gak suka baca dan jalan-jalan. Berbeda 180 derajat. Tapi Alhamdulillah mendukung. Meski dilepas sendiri.. hahahaha

    ReplyDelete
  21. Berharap dapat pasangan yg suka baca, hehe ^^

    ReplyDelete
  22. semangat mba, alhamdulillah meski suami saya dulu pernah sangat senang membaca, sekarang lebih mendukung istrinya terus membaca dan menulis..:)

    ReplyDelete
  23. kami berdua suka baca dua duanya tapi jeleknya kalau udah tenggelem di buku udah deh sunyi senyap seperti gak ada kehidupan hehe

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, suami suka membaca. Bahkan koleksi bukunya lebih banyak dari punyaku. Sayangnya, selera buku kita beda. Dia suka yang berat sementara saya suka bacaan yang ringan. Tapi tentu saja, semua itu harus tetap disyukuri. Bahkan suami yang tidak suka membaca pun tetap harus disyukuri. Ya kan, Mba...

    ReplyDelete
  25. Suami aku dulunya suka baca, tapi belakangan meninggalkan kebiasaan membaca dengan alasan enggak sempat lagi. Sedih kadang, mengingat aku justru selalu rajin borong buku.
    Tapi sekarang aku lagi mencoba menemangati suami untuk kembali membaca, sampai pasrah bilang "Satu buku satu tahun deh ga pa-pa....."

    ReplyDelete
  26. Jadikan tantangan aja mbak untuk buat keluarga cinta membaca

    ReplyDelete
  27. Terkadang disindir suami, aku sering beli buku tapi belum semuanya dibaca, hiks. Meskipun bacaannya tidak sebanyak punyaku, beruntung kami saling mendukung untuk gemar membaca :)

    ReplyDelete
  28. Suami latar keluarganya memang wirausahawan, agak berbeda dengan keluarga saya yang akademisi. Dari kecil kami selalu dibelikan majalah buku sehingga suka membaca. kalau melihat keluarga suami...memang jarang. Tapi alhamdulillah, suami mempunyai minat membaca yang tinggi. Meskipun dia lebih irit dengan membaca e-book. Beda dengan saya yang lebih suka memegang dan membuka lembaran buku asli :)

    ReplyDelete
  29. Tantangannya seru. Tp jadi lebih berwarna hehehe. Saya jomblo. Ngarepnya punya pasangan yg suka baca buku. Buat penyeimbang. Soale saya kalo baca pake gadget

    ReplyDelete
  30. Saya pun pernah mengalami, jika berhadapan dengan buku-buku yang gaya bahasanya justru membuat saya malah terlelap. Hehehe, perjuangan banget baca buku macem itu.

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah suami suka baca tapi beda genre, dia lebih suka baca kitab, aku bacanya seputar parenthing dan rumah tangga aja.he..he..

    ReplyDelete
  32. Yang masih jomblo, semoga segera dikasih pasangan terbaik menurut Allah aja deh. *ehhh... :lol:

    ReplyDelete
  33. hayuuuk A1, A2, A3 ke perpustakaan. Di Bandung ada kan perpus ramah anak. Atau ke kids corner di hotel gitu. Hihihi...

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah, kalau saya ketemu yang cocok! sama-sama boros waktu dan uang untuk membaca :)

    ReplyDelete
  35. Waah, kl saya persoalannya cuma di beda genre. Suami--mungkin karena komikus dan maksudnya buat referensi--senengnya baca komik. Saya suka sebel kl tahu2 dia pulang bawa sekardus komik, doi komen kl saya kepengin beli novel, heheu, begitulah... ^_^

    ReplyDelete
  36. Wkwkwkwk. Suamiku ga suka baca Mba, dulu awal menikah dan saat sikecil masih kecil saya sering ngajak ke toko buku/pameran, dan dia ogah2an katanya pusing kalo lihat banyak buku -_-
    alhamdulillah beliau mendukungku untuk membaca dan menularkan baca ke anak2

    ReplyDelete
  37. Wah semoga nanti dapet yang sama-sama suka baca. Kan banyak banget manfaat dari membaca hihi

    ReplyDelete
  38. Berbeda hobi untuk saling melengkapi mba hehehe. Sy n suami hobi baca buku tp tema buku bacaan yg kita sukai berbeda dia anti baca fiksi sy suka fiksi heheheh

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^