SOCIAL MEDIA

Friday, 3 August 2018

Tour De Musem Biofarma, Salah Satu Pilihan Field Trip Edukatif di Bandung


ibubahagia.com - Sebagai seorang Ibu yang hobi ngajakin anak-anak field trip, saya langsung berbinar-binar pas dengar ada Open House Musem Biofarma. Eureka! Dunia Sains memang selalu bikin penasaran. Cuusslah pada tanggal 18/07/18 saya dan Blogger Bandung ke sana, tapi minus anak-anak karena Kakak udah sekolah.


Sebelum tour de musem, kami juga disuguhi talkshow seputar perkembangan museum dari masa ke masa. Saya tergelak saat mendengar ada museum santet yang isinya seputar pengobatan tradisional. Ada ya begitu?



Tahu nggak siih, ternyata Biofarma udah lebih dari 125 tahun mengabdi di dunia kesehatan. Berdiri 6 Agustus 1890 dengan nama Parc-vaccinogene, perusahaan ini udah terlibat dalam berbagai penelitian untuk memberantas penyakit menular. Biofarma adalah satu-satunya produsen vaksin dan serum untuk Indonesia. Asli saya baru tahu. Kirain dari luar negeri lho. TOP Biofarma!


Produk yang dihasilkan diantaranya vaksin virus (Polio, Campak, Hepatitis B rekombinan, seasonal flu), vaksin bakteri (TT, DT, DPT, BCG, Td), vaksin kombinasi (DT-HB-Hib), antisera (ATS, ADS, ABU), dan produk diagnostika lainnya. Selain untuk program imunisasi nasional, lebih dari 132 negara tujuan ekspor juga telah menggunakan produk Biofarma, meliputi negara-negara Afrika, Asia, Amerika Latin, dan Eropa. Masya Allah, wow!

Nah selanjutnya kami start ke museum biofarma. Cihuy! Lokasinya kalau dari pintu masuk ada di sebelah kiri dekat Masjid. Kalau bingung tanya Pak Satpam aja ya.



Isi buku tamu dulu ya


Saya langsung takjub liat pintu ini. Karena di kacanya ada filmnya. Orang lalu lalang, semacam petugas biofarma lagi bekerja.

Terus lanjut ke ruangan berikutnya. Di ruangan yang saya lihat ini banyak terdapat foto Tokoh-Tokoh Biofarma dari masa ke masa.

Woho, keren banget ya. Konsepnya modern berbeda dengan museum-museum pada umumnya.






Foto-foto di atas adalah peralatan yang digunakan Biofarma jaman dulu

Penghargaan yang sudah diperoleh Biofarma, banyaknyooo...

Waaa buku vintage, isinya ya tentang vaksin ^o^

Lah ini kenapa ada ular segala? Syereem.. Kata pemandunya ternyata Biofarma juga bikin anti bisa ular. Wah lengkap kap, nggak cuma vaksin aja.

Walau ruangannya nggak segede museum-museum pada umumnya tapi kerenlah. Berasa lagi jadi ilmuwan juga hehe.

Nah habis dari museum, kami memperoleh penjelasan tentang vaksin flu. Saya yang langganan flu langsung menyimak dengan khusyuk :D Aih ada persepsi yang keliru selama ini. Bagi saya ada istilah flu berat & flu ringan, padahal mah beda hihi. Yang ada common cold & influenza.

Ini perbedaannya X)

Ternyata influenza perlu diwaspadai lho. Kenapa? Karena sangat mudah menular, menurunkan produktivitas kerja & belajar, biaya pengobatan yang nggak murah, virus mudah/cepat bermutasi, dapat menyebabkan komplikasi bahkan kematian. Na'udzubillah..

Terus solusinya apa?? Now, Biofarma udah punya vaksinnya lho. Namanya Flubio. Kenapa vaksinasi influenza diperlukan?

  • Karena cuaca & iklim yang memungkinkan tingginya resiko terkena influenza sepanjang tahun.
  • Tingginya angka kependudukan di Indonesia bisa meningkatkan resiko penyebaran influenza melalui interaksi sehari-hari.
  • Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang sering pergi umroh & haji
  • Merupakan upaya kesehatan paling cost effective (biaya vaksin lebih murah dibandingkan biaya pengobatan selama satu tahun)
  • Vaksin influenza dapat menurunkan insiden dan beban penyakit influenza.


Oke, saya cusss ikutan vaksin. Sakit? Haha iya, soalnya saya narik napas duluan. Pas jarum suntik mendarat nggak kekejar buat narik napas lagi, huhu. Tapi insya Allah nggak akan trauma, hihi. Habis vaksin dan beberapa hari setelahnya masih berasa pegel sih bekas suntikannya, tapi no problemo.

Harga untuk vaksin flubio ini worth it lah, sekitar 200ribu lebih untuk 1 tahun. 1 tahun? Iya, soalnya virus ini update terus tiap tahun XD jadi vaksinnya pun kudu diupdate juga. Dibandingkan dengan biaya ke dokter, beli obat, dan menanggung beratnya influenza, mending divaksin. Apalagi emak-emak beranak tiga macam saya, beeerat banget XD. Dan kabar-kabarnya bagi pengunjung museum, nanti bakal ada diskon khusus, aseeek.
Senyum donk Mba! :P

Nah tunggu apalagi, ajak keluarga atau komunitas Anda untuk Field Trip di sini. Reservasi dulu ya di link ini.

Detailnya:
Hari & Jam Buka: Rabu & Kamis 09.00 - 11.30.
Jl. Pasteur No. 28 Bandung 40161
(Telp. 022-2033755)
Instagram, fb, twitter, youtube: @biofarmaid
www.biofarma.co.id





9 comments :

  1. Wah ini bisa dijadikan tujuan fieldtrip sekolah yah, jalan - jalan sambil belajar

    ReplyDelete
  2. Seru banget nih bisa jadi alternatif liburan edukasi🤗

    ReplyDelete
  3. mbak, mukanya tegang amat mau disuntik, hihi
    aku belum pernah ke museum inieuy

    ReplyDelete
  4. Aku juga kagum lho sama biofarma.
    Gak nyangka banget kalau produksi lokal bisa dipakai ke benua lain, keren binggo!

    ReplyDelete
  5. Wah, harus kesana sambil bawa anak2, nih.

    ReplyDelete
  6. Pengen dapet vaksin ini juga.. wah mudah mudahan nanti dapet kesempatan ke museumnya yang asli kece banget 🤗

    ReplyDelete
  7. Wah keren ada tempat wisata edukasi terbaru nih..mupeng pengen ke sana :)

    ReplyDelete
  8. Unik banget ya museumnya. Gak mainstream kayak museum lain. Pengen deh sesekali bawa bocah-bocah ke sini. Kudu reservasi dulu ya. Ok deh, noted.

    ReplyDelete
  9. Lihat orang-orang pada kesini jadi kepengen akutu.. sayang weekend nggak buka huhu 😂

    ReplyDelete

Jazakumullah atas komentarnya ^_^