SOCIAL MEDIA

Monday, 3 September 2018

Ini Dia Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil 5 Bulan


ibubahagia.com - Kondisi ibu hamil akan mulai stabil ketika usia kandungannya menginjak 5 bulan. Diusia 5 bulan ini ibu sudah mulai bisa melakukan proses adaptasi karena adanya perubahan fisik. 

Umumnya perkembangan janin berusia 5 bulan ini dianggap sebagai masa kehamilan yang paling nyaman. Tetapi meski begitu adanya beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil pada saat kehamilannya menginjak usia 5 bulan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil 5 bulan diantaranya yaitu : 

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Didalam Tubuhnya 

Agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga maka harus terpenuhinya kebutuhan cairan didalam tubuhnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan didalam tubuh maka metabolisme didalam tubuh ibu dan bayi akan lancar. Sebaiknya ibu hamil secara teratur mengkonsumsi air putih dengan porsi yang cukup. Selain itu juga agar perkembangan janin didalam kandungan tidak terganggu maka harus terpenuhinya kebutuhan mineralnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh akan cairan dari air putih dan mineral maka dehidrasi dan sembelit akan dapat dicegah.

2. Makan Secara Teratur Dan Sesuai Porsi 

Makan sesuai porsi dan secara teratur harus mulai dibiasakan oleh ibu hamil, hal ini bertujuan agar seimbangnya pemenuhan nutrisi dan energi didalam tubuh sehingga akan menunjang tumbuh kembang janin hingga saat persalinan tiba. Supaya nutrisi didalam tubuh terpenuhi maka ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat. Waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk makan adalah sehari 3 kali dan ini harus dan ini harus dilakukan selama kehamilan. 

3. Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Bernutrisi 

Pada saat usia kehamilan memasuki 5 bulan maka akan semakin dibutuhkanya makanan dan minuman yang bernutrisi. Jika nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi maka tumbuh kembang janin yang sesuai usianya akan optimal. Supaya pemenuhan nutrisi ini optimal maka ibu bisa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Makanan sehat yang cocok untuk ibu hamil ini seperti makanan yang mengandung karbohidat (nasi, bubur, sereal, dan lainnya), sayur, lauk yang mengandung protein, buah, dan sebagai cemilan sehatnya biscuit. Sedangkan minuman sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil seperti susu, yoghurt, dan yang lainnya. 

4. Bergerak Aktif Agar Motorik Janin Sehat 

Adalah menjadi dambaan setiap orangtua jika pertumbuhan janinnya itu sehat dan kuat. Pada saat usia janin menginjak 5 bulan maka janin kemampuan motoriknya sudah mulai berkembang pesat. Kandungan berusia 5 bulan ini merupakan periode emas untuk membuat janin kecerdasan motoriknya meningkat. 

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil 5 bulan. Selain keempat hal diatas masih ada hal lain yang perlu diperhatikan ibu yaitu cukup istirahat. Dengan tercukupinya kebutuhan istirahat maka akan tetap prima dan stabilnya imunitas tubuh. 

No comments :

Post a Comment

Jazakumullah atas komentarnya ^_^