SOCIAL MEDIA

Wednesday, 17 October 2018

Kenali Gejala Keguguran yang Harus Diwaspadai oleh Ibu Hamil


ibubahagia.com - Keguguran (miscarriage atau spontaneous abortion) merupakan kematian janin atau fetus yang terjadi secara spontan pada saat usia kandungan mencapai 20 minggu. Namun, keguguran juga dapat terjadi ketika sang ibu belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Keguguran juga dapat terjadi pada usia kehamilan mencapai 13 minggu. 


Keguguran menjadi salah satu hal yang paling ditakuti dan dikhawatirkan oleh para ibu hamil, terutama untuk kehamilan pertama. Sekitar 10 sampai 20 persen kehamilan berakhir dengan keguguran. Biasanya keguguran tidak akan menggangu kehamilan selanjutnya. Sehingga seorang wanita yang pernah mengalami keguguran masih dapat hamil kembali. Namun untuk wanita yang pernah mengalami keguguran lebih dari satu kali, harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui lebih lanjut.

Keguguran biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Berikut gejala yang umum terjadi ketika wanita mengalami keguguran :


Pendarahan dan kram perut yang tak tertahankan

Umumnya keguguran ditandai dengan adanya pendarahan dan kram perut. Namun tidak semua pendarahan dapat mengindikasikan terjadinya keguguran.  Wanita yang sedang hamil memang sudah sewajarnya mengalami pendarahan seperti saat mengalami menstruasi. Rasa kram pada perut juga biasa terjadi pada ibu hamil karena hal ini menandakan bahwa rahim sedang melebarkan diri untuk mempersiapkan di bulan-bulan yang akan datang. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika pendarahan terjadi dengan dibarengi perut kram dan terasa sangat menyakitkan. Cairan yang keluar pun bervariasi, mulai dari lendir berwarna kecoklatan, bercak darah ringan hingga pendarahan yang terlalu banyak.


Sakit pada punggung bagian bawah

Seperti halnya kram, wanita yang sedang hamil akan merasakan sakit maupun pegal pada punggung bagian bawah. Namun jika hal ini terjadi secara terus-menerus, perlu dilakukan pemeriksaan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Kelelahan dan trauma

Pada beberapa kasus, wanita yang sedang hamil tidak merasakan apabila dirinya telah mengalami keguguran. Hal ini bisa terjadi saat sang ibu mengalami trauma maupun kelelahan yang luar biasa. Maka sangat disarankan pada ibu hamil untuk tidak melakukan pekerjaan yang berat.

No comments :

Post a Comment

Jazakumullah atas komentarnya ^_^