SOCIAL MEDIA

Thursday, 20 December 2018

9 Makanan Yang Ampuh Menurunkan Kolestrol Tinggi

Salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan masyarakat sekarang ini adalah kolesterol tinggi. Kolesterol yang terlampau tinggi itu jika tidak segera dikendalikan maka akan menyebabkan penderitanya terkena stroke hingga serangan jantung.

Tetapi para penderita kolesterol tinggi ini tidak perlu khawatir karena adanya beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Berikut 9 makanan yang ampuh menurunkan kolestrol tinggi diantaranya yaitu : 


Minyak Zaitun 


Dengan mengkonsumsi minyak zaitun maka kolesterol akan menurun, pasalnya minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan juga kaya akan Vitamin E. Kedua nutrisi tersebut mampu menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan dapat menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik. 



Oatmeal Dan Makanan Berserat Tinggi 


Oatmeal termasuk kedalam salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol, pasalnya didalamnya ada serat larut yang dapat menurunan kadar LDL pada tubuh. Serat yang terkandung didalam oatmeal mampu mengurangi penyerapan kolesterol kedalam aliran darah. 



Kacang Kedelai 


Beberapa makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu, mengandung zat isoflavon. Zat isoflavon ini bergfungsi untuk menekan kolesterol jahat atau LDL supaya tidak berkembang lebih banyak didalam aliran darah. 



Kacang Kacangan 


Salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi pada saat diet adalah kacang kacangan. Tetapi selain itu kacang juga bisa menjadi makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat. Kandungan serat larut pada kacang sangat tinggi sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. 



Ikan Salmon


Kandungan omega 3 yang kaya didalam ikan salmon dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dan juga dapat meningkatkan produksi kolesterol yang baik atau HDL. Ikan salmon selain kaya akan omega 3 tetapi juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan fungsi kerja dari organ jantung. 



Kuaci Tawar 


Tidak banyak yang tahu jika kuaci tawar merupakan salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Zat tembaga yang ada didalam kuaci sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat tembaga ini dibutuhkan tubuh karena rendahnya pola makan asupan tembaga maka akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat LDL, dan kolesterol baik yang terserap kedalam tubuh jumlahnya sangat terbatas. 



Alpukat


Alpukat dipercaya dapat menurunkan kolesterol karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik atau HDL dan sekaligus akan menurunkan kadar LDL atau kolesterol yang jahat. Selain itu kandungan beta sistosterol yang ada didalam alpukat dapat mengurangi jumlah kolesterol yang akan diserap dari makanan. 



Jambu Biji


Kandungan Vitamin dan antioksidan yang ada didalam jambu biji akan melindungi sel sel jantung dari serangan radikal bebas. Tidak hanya itu saja karena jambu biji juga bisa kita manfaatkan pada saat akan menurunkan kadar kolesterol tinggi.


Apel


Bagian kulit pada apel mengandung pektin yang merupakan sejenis serat larut yang dapat membasmi kolesterol jahat LDL didalam tubuh. Apel selain kaya akan serat tetapi juga mengandung polifenol tinggi yang mampu mengurangi peradangan. 

Itulah 9 makanan yang ampuh menurunkan kolestrol tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan makanan diatas maka akan menjadi obat kolesterol tinggi yang aman karena tidak mengandung zat kimia, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping.

No comments :

Post a Comment

Jazakumullah atas komentarnya ^_^