SOCIAL MEDIA

Thursday, 10 January 2019

Dialog Iman #3: Mi, Kenapa Allah Menciptakan Nyamuk?


Sore itu, A1 tiba-tiba bertanya, "Mi kenapa Allah menciptakan nyamuk?"

"Hm.. kenapa ya.. (sambil mikir saya teringat surah Ali-imran: 190-191, lalu membuka aplikasi Qur'an di hp)."

"Sebentar, Ummi buka Al-Qur'an dulu ya." Lalu saya bacakan:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,"

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka."

Alhamdulillah semua yang Allah ciptakan di langit maupun di bumi nggak ada yang sia-sia nak. Semua adalah tanda keberasan Allah."

"Nyamuk pun demikian. Allah ciptakan ternyata juga untuk bahan makanan bagi cicak. Cicak yang nggak bisa terbang, bisa nangkepin nyamuk lalu dimakan. Ada hikmah bagi kita dalam mencari rejeki."

"Selain itu.. nyamuk betina kalau menggigit dan mengambil darah kita, kita bisa merasa gatal dan nggak nyaman. Dan ada juga nyamuk yang membawa penyakit, sehingga Allah beri jalan rejeki berikutnya untuk manusia. Atas izin-Nya, terciptalah obat nyamuk."

"Jadi gimana nak? Nggak ada yang Allah ciptakan? Sia-sia..."

"Nggak ada yang sia-sia." A1 mengulangi.

*Late post

No comments :

Post a Comment

Jazakumullah atas komentarnya ^_^