SOCIAL MEDIA

Thursday, 17 January 2019

Dialog Iman #5: Coba Tebak, Benda Apa Aja Yang Terbuat dari Besi?


Setelah mengumpulkan sendok, saya memanggil anak-anak ke ruang tengah.

A1.. A2.. Sini yuk, Ummi ada sesuatu.

A1 & A2: Apa Mi? Kata mereka semangat.

Coba tebak.. benda apa aja yang terbuat dari besi? Lihat di sekeliling.

A1 A2 mulai berpikir.

A2 menjawab duluan. "Sendok." "Pagar." "Tiang listrik." "Kunci." "Tiang bendera."

A1 protes karena jawaban A2 yang bertubi-tubi. "Kakak kapan dong.. A2 aja yang jawab.." Katanya memelas.

"A2 udah 5, sekarang giliran kakak ya.."

"Mm... Panci, apalagi ya?"

"Hayo apalagi.."

A1 berkeliling rumah dan tampak bingung.

"Gagang pintu."

"Oke ada lagi?" Tanya saya.

A1 menggeleng.

"Oke, hari ini insya Allah kita akan mengenal benda ciptaan Allah bernama beeesiii. Apa...?"

"Beeesiii." Jawab A1 A2 serempak.

"Siip.. Jawaban A1 & A2 hebat.. Nah ada yang ingat lawan Nabi Daud yang tinggi gede?"

A1 A2 mencoba mengingat-ingat.

"Itu lho nak, ada di film Dodo."

"Oh iya, tapi siapa ya Mi, lupa.."

Saya putar film Syamil Dodo kembali.

"Nah siapa? Jaa.. Luud.."

"Jaaluud." Jawab A1 A2

"Ternyata asal muasal besi ini udah dikasih tahu sama Allah dalam surat Al-Anbiyaa: 80. Dalam Al-Qur'an disebutkan, yang artinya: 'Dan telah Kami ajarkan kepada Daud membuat baju besi untuk kamu, guna memelihara kamu dalam peperanganmu; Maka hendaklah kamu bersyukur (kepada Allah).' Jadii... Cara membuat baju besi ini udah diajarkan sejak jaman Nabi Daud as. Masya Allah..."

"Pantesan nak, Nabi Daud bisa mengalahkan Jalud, atas izin Allah dalam perang melawan Jalud, Nabi Daud dibekali Allah dengan baju besi juga."

"Nah, ribuan tahun yang lalu, ada panglima perang yang gagah berani. Dialah Shalahuddin Al-Ayyubi, sang panglima dalam peristiwa perang salib. Saat itu ia memiliki baju militer yang kuat dan nggak bisa ditembus panah musuh. Pedang yang ia miliki juga sangat tajam. Baju & pedang itu terbuat dari besi nak "

"Oooh...." Jawab A1 A2. (Sebenarnya saat berdialog, anak-anak terkadang menyela tapi saya lupa mereka ngomong apa aja hehe. Dan saya berusaha menanamkan adab bermajelis & adab menuntut ilmu, membiasakan mereka mendengarkan hingga selesai. Ketika saya selesai menjelaskan, maka saya akan mempersilahkan mereka berbicara/bertanya).

"Selain terdapat di surat Al-Anbiyaa, tentang maanfaat besi ini juga Allah sampaikan di surat Al-Hadiid: 25, yang artinya: 'Sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul-Rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al-Kitab & neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami ciptakan besi, yang padanya terdapat jekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang mebolong (agama)-Nya dan Rasul-Rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa.'"



**NB: Dalam menyampaikan dialog iman, saya sering membuka & membaca Al-Qur'an. Sehingga tertanam dalam jiwa anak-anak, bahwa segala sesuatunya ada di dalam Al-Qur'an. Saat kita bertanya, maka carilah jawabannya di dalam Al-Qur'an. Selain itu saya juga membawa buku berkaitan (referensi) dan membacanya di hadapan anak-anak.



No comments :

Post a Comment

Jazakumullah atas komentarnya ^_^