Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Aplikasi Muslimah, Tetap Istiqomah Dimanapun dan Kapanpun


IbuBahagia.com
- Jadi ibu, apalagi kalau anak masih imut-imut, pastinya gerak jadi terbatas. Nggak sebebas dulu yang kayak kodok, mau ke sana ke mari tinggal loncat. Padahal sebagai ibu nggak boleh berhenti belajar. Terutama ilmu agama. 

Saya sendiri suka ngiler lihat acara pengajian yang wara wiri di media sosial. Pengen datang, namun apa daya tangan tak sampai, hehe. Selain karena rempong bawa 3 pasukan; 2 balita dan 1 bayi, juga karena nggak pengen mengganggu peserta kajian lainnya kalau-kalau si bayi rewel.

Tapi Alhamdulillah ya, kalau ada niat, jalan pun akan dibukakan dan dimudahkan. Di jaman yang serba canggih kayak sekarang ini apa sih yang nggak bisa. Awalnya liat Mba Lendy share video Ustadz Khalid Basalamah di facebook, langsung deh di like fan pagenya. Banyak kajiannya!

Next, saya coba ubek-ubek play store *pengguna android. Dan taraaaaa.... Alhamdulillah nemu aplikasi yang bikin berbinar-binar. Kenapa berbinar-binar? Iya, ada beberapa buku yang saya pengen sedari lama tapi belum bisa beli, eh ternyata ada di play store dan GRATIIISSS! Makasi Ya Allah ^_^ Mau tau apa saja aplikasinya? Nih yang di bawah ini nih....

Pertama, Tafsir Ibnu Katsir

 Kalau berbentuk buku harganya mehong. 1 setnya 1 jeti lebih. Dari dulu kepengeeen punya, tapi belum bisa-bisa. Eh ternyata Allah ngasih kemudahan. Senangnyaaaa.... Btw, tafsir beda lho ya sama terjemahan. Penasaran? Download ajah.

Kedua, Saling Sapa

Di sini banyak banget video pengajian dari berbagai ulama/ustadz. Jadi nggak perlu bingung, nggak bisa ikut kajian offline, ya online aja! Gadget ibu GPSnya selalu aktif? Kalau saya enggak. Jadi pas masuk Saling Sapa ini bakal diminta buat ngeaktifin. Awalnya sempat heran, kenapa harus aktif. Ternyata supaya pengingat waktu sholatnya akurat sesuai dengan daerah masing-masing.

Ketiga, Hadist Arbain

Hadist yang sering direkomendasiin kalau kita nanya ke ustadz/ustadzah atau ke toko buku islami. Belum punya bukunya? Download aja!

Keempat, Fiqih Wanita Imam Syafii

Lengkap mulai dari masalah haid hingga nifas, bahkan penggunaan alat kontrasepsi juga dibahas di aplikasi ini. Walau ada beberapa judul yang typo, tapi isinya Insya Allah nggak masalah.

Kelima, Jejak Rasulullah.

Nggak hanya Sirah Nabawiyah, tapi juga ada beberapa bahasan yang dekat dengan keseharian Rasulullah. Nggak tau ya apakah selengkap yang ada di buku-buku pada umumnya. Tapi bagi saya sangat terbantukan. Nyicil baca, nggak tebal ataupun berat karena bermodal gadget, Alhamdulillah.

Keenam, Murotal Juz 1-30. 

Aplikasi ini udah lama ada di tab saya. Lebih tua usianya dibandingkan kelima aplikasi di atas. Sukaaa, karena banyak pilihan Qorinya dan ada 2 mode offline yang kalau paket data/quota habis, masih bisa didengerin. Favorit saya Ahmad Saud sama Mishary Rashid Al Afashi

Kalau buibu punya aplikasi islami apa aja? ^_^ Semangat belajar kapan pun  di mana pun yaaa.

Penulis Konten: Shona Vitrilia