Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menyusui untuk Ibu dan Bayi

Manfaat Menyusui untuk Ibu dan Bayi

IbuBahagia.com
- Dulu saya merasa menjadi ibu "paling" menyedihkan. Saya belum berhasil memperjuangan ASI untuk anak pertama saya, hanya sebulanan itu pun udah dicampur susu formula. Tapi satu hal, saya belajar bahwasanya ilmu itu sangat penting. Dan bergabung dengan komunitas yang bisa menguatkan langkah juga tak kalah penting.

Dengan ilmu saya menjadi lebih kuat dan punya dasar. Dan dengan bergabung dengan komunitas saya jadi merasa nggak sendirian. Mendengar kisah buibu yang kurang lebih sama dan bahkan jauh lebih berat dari saya, membuat saya berkata, "Oh ternyata saya nggak sendiri dan tantangan yang saya hadapi nggak serumit yang saya bayangkan." Meski pas anak kedua pun perjuangannya nggak kalah luar biasa. Selalu aja mengaduk-ngaduk emosi. Tapi, alhamdulillah berhasil hingga ia berusia 2 tahun.

Semakin kaya pengetahuan ibu tentang ASI, semakin gigih dan kuat dalam memperjuangkannya, insya Allah. Sebenarnya apa yang membuat ASI menjadi begitu istimewa? Selain memang sebuah anugerah dari Allah, ASI juga kaya manfaat. Apa aja? 

Manfaat ASI Bagi Ibu

Menyusui dapat membantu ibu mengurangi berat badan tambahan yang diperoleh sewaktu hamil

Membantu rahim kembali ke ukuran normal dengan lebih cepat

Mengurangi resiko pendarahan setelah melahirkan

Menempelkan segera bayi pada payudara membantu pengeluaran plasenta, karena isapan bayi merangsang kontraksi rahim

Memberikan ASI segera (dalam waktu 60 menit) dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan proses laktasi

Isapan puting yang segera dan sering membantu mencegah payudara bengkak

Melindungi ibu dari kanker payudara

Dapat mengurangi resiko patah tulang pinggul dan kanker ovarium

Melindungi kesehatan ibu; mengurangi anemia, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit cardiovascular setelah menopause.

Memperpanjang/menjarangkan masa kehamilan berikutnya

Menghemat waktu dan mengurangi beban kerja ibu, karena tersedia kapan saja. ASI juga selalu bersih, sehat, dan tersedia dalam suhu yang cocok.

Pemberian ASI ekonomis dan murah.

Dapat memberikan kepuasan bagi ibu. Ibu akan merasa bangga dan diperlukan rasa kasih sayangnya.

Baca Juga Olah Raga Berat Yang Sedang Tren Di Kalangan Ibu Hamil

Manfaat ASI Bagi Bayi

Air susu ibu adalah makanan yang sempurna bagi bayi dan berisi segala nutrient yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang selama sekurang-kurangnya 6 bulan pertama

Selain mudah dicerna, ASI membantu melindungi bayi dari masalah seperti infeksi dada, demam, sakit telinga, diare dan muntah-muntah, juga mengurangi resiko alergi

ASI juga berubah sesuai dengan tiap tahap pertumbuhan bayi

Terhindar dari resiko tersedak

Mempererat hubungan ibu dan bayi, meningkatkan status mental dan intelektual

Mengurangi resiko karies gigi saat besar nanti. 

Ternyata banyak manfaatnya kan bu? Walau banyak rintangan yang menghadang, buibu nggak boleh menyerah gitu aja. Biasanya ada juga nih yang mengalami ASI seret. Apalagi di anak pertama. Dengar-dengar, banyak ibu menyusui yang berhasil menyusui dengan ASI deras setelah mengkonsumsi ASI Booster Tea. Apakah itu? Adalah minuman teh yang bukan teh. Karena nggak ada kandungan tehnya sama sekali. Jadi baby-baby sensi kafein bisa aman deh.

Sejauh ini Alhamdulillah ASI saya masih cukup buat baby saya yang berusia 3 bulan. Mudah-mudahan lancar teruuuss.. Kalau-kalau seret, ya nggak bingung lagi harus nyari kemana to? Yang penting harus tetap bahagia ya bu, criiing!!

ASI Booster Tea

Facebook: Pejuang ASI II

Fan page: Best Bunda

Instagram: @asiboostertea

Web: http://www.nakibu.com/

Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.