Mendapatkan Uang dari Blog, Kenapa Tidak?


ibubahagia.com - Ceritanya, dulu ini blog mau saya jadiin tempat saya berbagi cerita dan pengalaman. Beberapa bulan kemudian tetiba ada email masuk, nawarin kerjasama. Ya kalau istilah sekarangnya job review. Sayangnya baru kebaca 3 hari kemudian, tapi not responding dari si pengirim setelahnya. Padahal denger-denger dari teman-teman sesama blogger, feenya lumayan lho. Belum rejeki, heu.

Berawal dari email tersebut, saya mulai ngeh kalau ternyata begini ya cara menghasilkan uang lewat blog? Emang sih mulai ngeblog udah lama. Dulu di wordpress, dan berbagai blog lainnya. Tapi review-review beginian baru nyadarnya pas email itu datang *kemane aje!

So, mulailah saya gencar nyari informasi dan berburu ilmu tentang dunia blogging. Plus nanya-nanya ke teman-teman yang udah duluan berkecimpung di dunia monetization. Sebut saja Emak Nufazee (Blogger Medan & Sesama FLP) dan Emak Jerapah. Makasi ya Maaak! Terus lanjut nambah ikut komunitas blogger ini itu.

Daaan... Seru ya, berbagi cerita plus bisa menghasilkan juga. Hobi yang dibayar, mungkin gitu maksudnya. Ya iyes, saya emang suka nulis. Jadi enjoy banget ngerjainnya.

Jadi gimana caranya punya penghasilan lewat ngeblog? Berikut langkah-langkahnya:

1. Bikin blog Top Level Domain (TLD). Blog TLD itu lebih diutamakan, meski ada juga sih yang Second Level Domain dapet job tapi mungkin nggak sebanyak yang TLD. TLD itu yang akhirannya .com, .id, .net, dll. Bikinnya dimana? Banyaak... Tapi saya nggak mau nyebut merk ah, hehe. Boleh colek nanya-nanya di medsos saya. Udah add or follow belum? *senyum.

2. Putuskan blognya berniche apa. Niche itu apa ya, semacam personal brand blognya buibu. Misal kayak saya, mom blogger yang ngebahas soal ibu, anak, parenting dan traveling. Ada juga yang memiliki niche traveling, life style blogger (yang isinya campur-campur), food blogger, beauty blogger, dll. Dengan adanya sepsifikasi ini blognya buibu jadi mudah dikenal dan buibu juga enak nulisnya karena lebih fokus.

3. Join dengan grup atau komunitas blogger. Banyak banget beud. Di facebook bertebaran, ada Blogger Perempuan, Emak2 Blogger, Blogger Muslimah, Warung Blogger, dll. Bahkan khusus buat info-info job ada grup "Job Untuk Blogger." Manfaat bergabung dengan komunitas itu:

- Nambah teman/networking

- Nambah ilmu perbloggeran

- Mendapatkan info kegiatan seperti nonton film gratis, makan gratis, diundang brand-brand ternama, dll. Eh nggak gratis juga denk, dibayar pake tulisan. Habis nonton ya bikin reviewnya di blog.

- Mendapatkan tawaran job; Content Placement, Job Review, Nge-Buzzer. Tapi tawaran job ini nggak mutlak dari join di komunitas aja. Bisa juga dari agency langsung atau pihak brand yang ingin bekerjasama.

4. Tingkatkan Skor Domain Authority (DA) & Page Authority (PA). DA itu nilai domain kita (kalau saya berarti nilai domain dari www.ibubahagia.com). Sementara PA nilai dari page atau halaman blog kita. Sesering apa pembaca singgah di blog maupun halaman-halaman blog kita. Cara meningkatkannya dengan rutin menulis, seenggaknya 2 kali seminggu plus rajin blog walking. Blog Walking? Iya, yang biasa disingkat dengan BW. BW ini kita jalan-jalan ke blog teman-teman, baca tulisannya lalu ninggalin komentar.

Bisa juga dengan saling nanem link lewat arisan link & kolaborasi. DA yang baik itu minimal bernilai 15. Dan skor DA PA ini berguna banget sebagai bahan pertimbangan untuk ditawari job. Nah kalau baru bikin blog, jangan langsung ngarep dapat job ya, karena biasanya seenggaknya si blog berusia minimal 6 bulan dulu.

Penulis Konten: Shona Vitrilia

0 Komentar