7 Tips WFH untuk Ibu Pekerja | Dijamin Anti Stres

7 Tips WFH untuk Ibu Pekerja Selama Masa Pandemi  | Dijamin Anti Stres
Risiko mengalami stress saat work from home (WFH) cukup tinggi terutama bagi seorang ibu. Nah kali ini kamu menyajikan beberapa tips WFH untuk ibu pekerja!

IbuBahagia.com - Pandemi covid-19 tidak kunjung usai sehingga menjadikan sebagian besar kantor menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH), tidak terkecuali untuk seorang ibu pekerja. Namun sayangnya WFH ini dapat memicu stress apalagi jika ditambah dengan suasana rumah yang tidak kondusif. 

7 Tips WFH untuk Ibu Pekerja | Dijamin Anti Stres

Kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips WFH untuk ibu pekerja yang dapat kamu lakukan.


1. Siapkan Jadwal

Tips WFH untuk ibu pekerja yang pertama yaitu membuat jadwal untuk melakukan aktivitas di rumah agar lebih terstruktur. Karena seringkali aktivitas di rumah seringkali lebih berantakan daripada di kantor. Apalagi jika anak-anak juga memiliki jadwal belajar di rumah.


Anda juga perlu memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah bukan? Maka dari itu persiapkan jadwal aktivitas harian dengan sebaiknya. Selamat menyiapkan jadwal ya bund!


2. Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan sangat baik untuk menunjang aktivitasmu walaupun WFH. Sarapan akan memberikan energy agar anda mampu menjalani hari yang berat. Ketika perut lapar, pastinya juga memicu rasa stress dan tidak nyaman ketika workd from home lho, moms.


Jadi pastikan sarapan dahulu sebelum mulai bekerja. Jangan lupa untuk sarapan dengan makanan yang bergizi. Tidak ketinggalan, anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.


3. Tentukan Prioritas dalam Keluarga

Salah satu tips WFH untuk ibu pekerja adalah dengan menentukan prioritas. Walaupun anda sibuk dengan pekerjaan, namun anda juga tidak boleh mengabaikan anak-anak yang ada tugas sekolah dan butuh pendampingan, maka tidak ada salahnya untuk menemaninya.


Menentukan prioritassangat penting lho, bund. Pasalnya dengan menentukan prioritas, anda dapat lebih fokus dalam pekerjaan dan tidak merasa terganggu. Di sisi lain, anak-anak juga tidak terabaikan.


Baca juga: Tips sederhana menjadi ibu bahagia meski sibuk mengurus keluarga


4. Pastikan Ada Tempat Bekerja

Memiliki tempat bekerja yang nyaman akan menunjang produktifitas anda meskipun bekerja dari rumah. dengan tempat yang nyaman, akan meminimalkan risiko stress. Apabila tidak ada ruangan khusus untuk bekerja, kamu dapat menyiapkan spot untuk bekerja. buatlah senyaman mungkin agar anda pun dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.


5. Tetap Berikan Waktu Istirahat

Tips WFH untuk ibu pekerja yang berikutnya yaitu tetap memberikan waktu istirahat. Terkadang tugas kantor membuat kita lembur untuk mengerjakannya. Namun hal tersebut tidaklah baik. Penting bagi anda untuk menjaga pola tidur.


Hal tersebut karena untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental tetap terjaga. Pasalnya di WFH seperti sekarang ini stress lebih mudah untuk timbul. Jadi jangan begadang ya, bunda!


6. Lakukan Bergantian dengan suami

Suami anda juga dapat membantu meringankan pekerjaan anda lho. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk membagi waktu kerja. Namun anda juga haru mengetahui situasi suami anda, apakah dia sedang sibuk dengan pekerjaannya atau tidak.


Nah, saat anda bekerja, biarkan suami menemani anak-anak dan sebaliknya. Dengan begitu anak juga tetap memiliki waktu bersama orang tua. Perlu dicoba nih moms!


7. Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

Work from home (WFH) membuat para pekerja tidak bisa bertemu dengan rekannya secara langsung. Untuk membantu kelancaran pekerjaan dan menghindari masalah jangan lupa untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman anda. Anda bisa melakukannya via chat, video call maupun video conference dengan rekan anda.


Demikian beberapa tips WFH untuk ibu pekerja yang dapat anda terapkan di rumah. Walaupun risiko stress yang cukup tinggi, anda dapat menghindarinya terutama dengan cara seperti yang sudah kami sebutkan. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya melalui situs ini ya. Semoga bermanfaat!


0 Komentar