Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Belajar Daring Selama Pandemi Corona untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tips Belajar Daring Selama Pandemi Corona

Ibubahagia.com - Pandemi telah merubah segalanya, termasuk dalam pembelajaran tatap muka. Kita dipaksa untuk belajar secara mandiri dan bersua melalui aplikasi meet online. Kondisi semacam ini akan menggoda kita kedalam kemalasan karena kenyamanan. Tapi jadi bumerang saat tidak memiliki perhatian terhadap tugas-tugas maupun belajar, bisa jadi kita akan ketinggalan pemahaman dan juga tugas yang diberikan oleh pengajar.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda bisa mencoba beberapa tips belajar saat masa pandemi seperti berikut ini.

1. Siapkan Ruang Atau Tempat Khusus

Belajar dan memahami materi pasti membutuhkan fokus atau konsentrasi. Anda bisa mendapatkan kedua hal tersebut bila menyiapkan tempat atau ruangan khusus. Namun bila tidak ada maka janganlah memaksakan. Gunakan pojok – pojok ruangan yang membuat anda nyaman. Maksimalkan pojok ruangan tersebut sebagai tempat belajar anda.

2. Batasi Penggunaan Handphone

Tidak dipungkiri bahwa handphone merupakan pengalihan terbesar saat kita belajar, anda perlu membatasi diri dari handphone atau gadget lainnya yang tidak digunakan. Jauhkan gadget dari jangkauan dan hapuslah beberapa aplikasi sosial media yang tidak berhubungan dengan pembelajaran anda. Dengan begitu, anda tidak akan memiliki alasan membuka handphone selain untuk browsing informasi.

3. Ketahui Metode Belajar Yang Cocok

Untuk bisa belajar dengan fokus dan menetapkan rencana belajar maka anda harus tau metode belajar yang tepat. Ada orang yang lebih senang belajar ketika tenang, ada pula yang bisa menyerap materi ketika ramai atau mendengarkan musik. Nah, anda perlu menemukan metode atau cara belaja yang tepat. Dengan begitu anda akan lebih fokus dan bisa menyerap materi pelajaran dengan mudah.

4. Susun Jadwal

Seperti di sekolah pada umumnya, anda perlu membuat jadwal. Anda pelu membuat jadwal dan patuh serta disiplin pada jadwal tersebut. Anda juga akan menjadi lebih produktif jika menggunakan jadwal. Daftarkan beberapa mata pelajaran atau tugas yang harus diselesaikan pada hari itu. Anda juga harus memastikan setiap pelajaran dilakukan semaksimal mungkin yaa.

5. Memastikan Koneksi Internet

Jika sesi belajar anda bersama guru dengan melakukan meeting online maka jaringan internet harus dipastikan lancar. Hal ini agar tidak menganggu kegiatan penyampaian materi dari guru. Anda juga tidak akan bingung degan materi yang disampaikan atau bisa bertanya secara langsung tentang materi yang disampaikan dengan lancar.

6. Ciptakan Suasana Yang Tenang

Bagi beberapa orang, lingkungan belajar tidak bisa dipaksakan seperti kelas yang tenang. Namun anda tetap harus menciptakan suasana yang tenang ketika belajar. Jika hal ini tidak memungkinkan, cobalah untuk membicarakan dengan keluarga. Mintalah kepada mereka agar turut membantu menjadikan rumah sebagai tempat belajar yang nyaman dengan memberikan ketenangan saat waktu belajar.

7. Persiapkan Diri Dengan Baik

Belajar di rumah memang bisa dilakukan tanpa harus mengawali hari dengan mandi pagi dan sarapan. Namun sebenarnya kedua kegiatan rutin sepele tersebut bisa menambah mood belajar. Anda bisa menjadi fokus dan semangat bila mandi, ganti pakaian, dan sarapan sebelum memulai kelas. Cobalah terlebih dahulu dan rasakan perbedaannya yaa.

8. Jangan Duduk Terlalu Lama

Taukah anda jika duduk terlalu lama akan menyebabkan ngantur dan tertidur? Hal ini memang benar adanya dan berdasarkan jurnal penelitian. Maka dari itu kami sarankan untuk berdiri dan melakukan peregangan ringan setiap 30 menit hingga 1 jam sekali. Selain mencegah rasa kantuk, dengan ini anda juga mengistirahatkan otak sebentar dari penerimaan materi.

Itulah beberapa saran belajar pada masa pandemi dari kami. Semoga dapat anda terapkan dengan baik tanpa menemukan halangan yang lainnya lagi.

Editing by: Admin

Meiga Dwiastuti
Meiga Dwiastuti Ibu Melenial bekerja paruh waktu menjadi penulis lepas. Sudah berpengalaman menulis berbagai niche selama 5 Tahun.