Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Di Rumah Untuk Anak PAUD, Tips Mendidik Dan Contoh Kegiatannya

Belajar Di Rumah Untuk Anak PAUD, Tips Mendidik Dan Contoh Kegiatannya

IbuBahagia.com
- Selama masa pandemi, semua kegiatan belajar mengajar memang dialihkan menjadi online atau di rumah. Begitu juga dengan pendidikan anak PAUD. Walaupun masih usia balita namun pembelajaran sejak dini tetap harus dilakukan ya bun. Jika anda bingung bagaimana tips terbaik cara mengajari anak PAUD, kami akan memberikannya kepada anda.

Belajar Sambil Bermain

Pada dasarnya, usia anak sekolah PAUD adalah masa – masa bermain. Ia lebih senang bermain dan pasti tidak suka belajar yang serius. Maka dari itu, anda harus mengajarkan sesuatu kepadanya dalam bentuk permainan. Jangan lupa bahwa anak kecil adalah peniru handal. Anda harus mencontohkan hal – hal baik kepadanya agar ia menirunya ya!

Berikan Pujian Atau Hadiah

Ketika anak berhasil mencapai suatu target atau mengalami kemajuan maka jangan malu untuk memberikan pujian atau ucapan selamat. Hal sekecil itu sangat berarti buat perkembangan anak. Dengan pujian langsung dari orang tua, anak akan lebih percaya diri dalam menjalani tantangan belajar selanjutnya. 

Baca juga: Tips mengajari anak berpuasa sejak balita, agar terbiasa

Gunakan Kalimat Positif

Sebagai orang dewasa, kita sudah paham bagaimana rasanya disuruh, tidak enak bukan? Nah, demikian yang dirasakan oleh anak kecil. Jika anda ingin mengajarkannya suatu hal, cobalah gunakan kalimat positif atau ajakan. Jangan lagi mengucapkan kalimat negatif atau kalimat perintah. Misalnya seperti "kita beresin mainannya dulu yuk" atau "mama lebih senang jika kamu membereskan mainannya ketika selesai bermain".

3 tips tersebut seringkali lupa diaplikasikan oleh para ibunda di luar sana. Kami harap anda tidak melupakannya dan dapat mengaplikasikannya dengan baik ya.

Aktifitas anak PAUD memang selalu bermain, namun bukan berarti ia bermain tanpa belajar. Ketika di sekolah PAUD, anda tidak perlu pusing memikirkan cara belajar yang tepat untuk anak. Tapi di masa pandemi dan sekolah di rumah ini tentu anda harus memutar otak agar anak tetap belajar bukan? Jika anda bingung, cobalah beberapa rekomendasi contoh kegiatan belajar untuk anak usia PAUD di bawah ini.

Belajar Huruf Alfabet Dengan Magnet Kulkas

Cobalah kenalkan 5 huruf per hari kepada anak menggunakan magnet kulkas. Untuk aktifitas awal, anda bisa coba mengenalkan namanya dengan susunan huruf pada kulkas.

Mengenalkan Warna Dengan Bermain Cat Warna

Aktifitas melukis atau menggambar adalah salah satu kegiatan yang disukai anak. Anda perlu menyiapkan cat lukis atau krayon dan sebuah kertas. Bermain kepada anak dengan cara membuat karya bersama. Selama bermain, kenalkan kepada anak tentang warna – warna yang digunakan. Bila kegiatan ini dilakukan dengan rutin, maka anak akan pintar mengetahui warna – warna yang ada.

Belajar Berhitung Dengan Membereskan Mainan

Ketika sudah selesai bermain, ajaklah anak untuk membereskan Mainan. Jangan lupa lakukan penghitungan dengan si kecil ketika memasukkan mainan ke dalam box penyimpanan. Anda juga bisa coba tanyakan jumlah mainannya ketika sudah selesai berhitung.

Bernyanyi

Bernyanyi bersama anak sangatlah menyenangkan. Anda bisa sampai berpura – pura mengadakan konser dengannya. Nah, untuk mengawali kegiatan bernyanyi ini, anda bisa mengajaknya sambil membersihkan rumah atau mainannya.

Ketika membereskan mainan si kecil, anda bisa mengajaknya sambil berhitung ataupun bernyanyi. Dengan bernyanyi maka anak bisa lebih senang saat membereskan mainan. 

Itulah beberapa tips mengajarkan anak PAUD dan sedikit contoh kegiatan belajar yang bisa anda lakukan bersama buah hati. Kami ingatkan kembali untuk tidak memaksakan anak untuk belajar yaa.

 

Meiga Dwiastuti
Meiga Dwiastuti Ibu Melenial bekerja paruh waktu menjadi penulis lepas. Sudah berpengalaman menulis berbagai niche selama 5 Tahun.