Kenali Hipospadia Pada Bayi Sejak dini agar dapat mengerti cara penanganannya

Kenali Hipospadia Pada Bayi Sejak dini agar dapat mengerti cara penanganannya
  Kenali Hipospadia Pada Bayi

IbuBahagia.com - Hipospadia adalah suatu kelainan pada kelamin bayi laki – laki yang harus dikenali oleh semua ibu. Hipospadia menyebabkan letak saluran kencing atau uretra pada bayi laki – laki tidak normal yang mana merupakan kelainan yang terjadi sejak lahir. Jika anda sedang mengadnung anak laki – laki, maka ada baiknya mengetahui hipospadia sejak dini agar dapat mengerti cara penanganannya.

Kondisi Hipospadia

Pada umumnya, gejala yang terjadi di setiap penderita bisa berbeda – beda. Namun yang biasanya terjadi ialah lubang kencing terletak di bagian bawah kepala penis atau di bawah batang penis. Lubang kencing juga bisa berada di bawah skrotum atau buah zakar namun kondisi yang satu ini jarang terjadi. 


Gejala Hipospadia

Anak bayi yang menderita Hipospadia akan mengalami gejala percikan urine yang tidak normal pada saat buang air kecil. Pada bagian kelamin, kulupnya hanya akan menutupi bagian atas kepala penis. Bentuk penis pun akan melengkung ke bawah. Sebagai ibu dan orang tua, ada baiknya anda mengetahui berbagai gejala ini yaa.


Kapan Harus Periksa?

Ada baiknya periksakkan segera bila anda menemukan gajala – gejala seperti ini pada anak. Hipospadia dapat menyebabkan komplikasi dan dapat menurunkan kualitas hidup penderita bilamana tidak segera ditangani. Semakin cepat ditangani maka semakin baik pula hasil penanganan yang dapat diperoleh.


Penyebab Dan Risiko Terjadinya Hipospadia

Hipospadia dapat terjadi karena perkembangan saluran lubang kencing atau uretra yang terganggu semasa masih di dalam kandungan. 


Faktor penyebab lainnya dari kondisi ini belum diketahui oleh para ahli. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya hipospadia pada anak.


Faktor resiko tersebut ialah mengandung pada saat umur ibu 35 tahun ke atas, menderita obesitas dan diabetes saat hamil, menjalani terapi hormon untuk merangsang kehamilan, dan terpapar asap rokok atau pestisida ketika sedang mengandung.


Inilah pentingnya untuk menjaga kebiasaan hidup dan kesehatan dengan baik pada saat hamil. Agar anak yang dilahirkan bisa normal dan sehat.

0 Komentar