Tips Mengajari Anak Berpuasa Sejak Balita | Agar terbiasa Bu!

Tips Mengajari anak Berpuasa sejak balita
Tips Mengajari anak Berpuasa sejak balita

IbuBahagia.com - Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Kita harus bisa mengajari anak untuk berpuasa dengan cara terbaik agar tidak terjadi salah makna. Metode belajarnya pun juga harus tepat.

Namun sayangnya tidak ada pelatihan menjadi ibu secara khusus karena pada dasarnya setiap anak itu berbeda. Maka dari itu, mengajari anak untuk bisa berpuasa secara mandiri harus dengan tepat.

Tips Mengajari Anak Berpuasa Sejak Dini

 Mari kita ikuti beberapa tips di bawah ini yuk!


1. Pembiasaan Dengan Jadwal Puasa

Kemampuan datang dari kebiasaan. Sebagai ibu, kita harus membiasakan anak dengan waktu sahur dan berbuka di bulan puasa. Menurut psikolog, kebiasaan ini juga harus dicontohkan dalam keluarga dengan baik. Ingatlah bahwa anak balita sedang dalam fase meniru orang disekitarnya, maka jadilah pemberi contoh yang baik ya.


2. Memberi Penjelasan Mengenai Puasa Dan Kewajibannya

Sebagai umat islam dan seorang ibu, kita harus memberikan pengertian kepada buah hati. Ia harus paham bahwa berpuasa adalah kewajiban sebagai seorang muslim. Dengan pemahaman yang benar, maka lambat laun ia akan berpuasa secara ikhlas dan atas dasar keinginannya sendiri.


3. Tidak Memaksa Untuk Berpuasa Penuh

Pemaksaan sangat dilarang dalam mengajarkan sesuatu kepada anak. Di usia balita, anak rentan sekali menjadi marah ketika ia mendapat pemaksaan. Dikhawatirkan ia tidak ingin melakukan hal tersebut lagi. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus memahami anak dengan tidak memaksanya berpuasa penuh. Lagi pula sistem tubuh manusia terutama balita juga perlu pembiasaan puasa yang perlahan.


4. Pastikan Nutrisi Tercukupi

Walaupun berpuasa, nutrisi anak tetap harus tercukupi dengan baik ya! Kita sebagai orang dewasa saja harus demikian, maka anak pun juga jangan sampai kekurangan nutrisi. Siapkan makanan sahur dan berbuka untuknya yang memiliki nilai gizi tinggi namun tetap menggugah selera anak.


Baca juga: cara mendidik anak agar mandiri dan tidak terlalu manja


Beberapa tips di atas bisa anda terapkan kepada anak secara perlahan. Kuncinya ialah contoh dan perlahan. 


Contohkan kepada anak bagaiman acara berpuasa yang baik serta menjaga nafsunya. Anda juga harus mengajarkannya secara perlahan, jangan sangat terpaku dengan target yang dibuat yaa. Biarkan semua prosesnya berjalan secara natural agar anak tidak merasa dikejar oleh target kemampuan.

                                                                                

0 Komentar