Tips Menghindari Baby Blues bagi Ibu Baru Setelah Melahirkan

Tips Menghindari Baby Blues bagi Ibu Baru
 Perubahan suasana hari setelah melahirkan adalah suatu hal yang wajar terlebih lagi bagi ibu baru. Lantas bagaimana tips menghindari baby blues tersebut? Yuk intip ulasannya.

IbuBahagia.com - Lahirnya buah hati ke dunia merupakan salah satu peristiwa yang paling dinanti terlebih lagi bagi ibu baru yang belum memiliki pengalaman. Anda pasti akan bersemangat untuk menantinya. Akan tetapi beberapa perempuan mengalami gejolak emosi yang tidak stabil. Nah berikut kami sampaikan beberapa tips menghindari baby blues terutama untuk ibu baru.


Bicarakan Kekhawatiran Anda

Tips menghindari baby blues yang pertama yaitu konsultasikan perasaan yang sedang anda alami saat ini dengan dokter kandungan anda. Dengan anda membicarakan yang anda rasakan, para professional kesehatan akan mendeteksi tanda-tanda depresi yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya.


Selain dengan ahlinya, anda juga perlu mendiskusikannya dengan suami ari hati ke hati apa saja yang membuat anda merasa khawatir. Anda bisa mancurahkan segala kecemasan tentang masa depan. Mungkin suami anda bisa membantu menenangkan serta memberikan solusi.


Lepas Stress

Ibu baru yang menghabiskan waktunya 15 menit sehari untuk melepas stress dipercaya dapat mengatasi tekanan rumah tangga. Nah agar anda terhindar dari baby blues, sebaiknya ambil waktu me time secara rutin selama kehamilan atau setelah melahirkan.


Kamu dapat mengisi waktu santai tersebut dengan kegiatan positif seperti yoga, pergi ke salon, bertemu teman, atau yang lainnya. Dengan kegiatan positif tersebut anda dapat menemukan sedikit kelegaan hati.


Baca juga: Tips sederhana menjadi ibu bahagia meski sibuk mengurus keluarga


Ikut tidur saat bayi Anda Tidur

Banyak dari seorang ibu yang gagal sulit tidur ketika bayinya tidur. Kabanyakan ibu menggunakan waktu tersebut untuk beres-beres rumah atau melakukan aktivitas lainnya. Namun sayangnya hal tersebut kurang tepat. Justru ketika si bayi tidur, anda juga ikut tidur.


Mengapa demikian? Karena ketika bayi terbangun anda pasti sibuk untuk menjaganya dan tidak ada kesempatan untuk beristirahat. Anda juga tidak boleh untuk melewatkan waktu beristirahat tersebut. Menurut sebuah studi, ibu baru yang mampu menebus hilangnya waktu tidur cenderung merasa lebih santai dan kebal terhadap tekanan.


Perbanyak Asupan Omega-3

Nah tips menghindari baby blues yang satu ini dapat kamu lakukan dengan memperbanyak omega-3 dalam tubuh. pasalnya dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 (EPA da DHA) dapat menekan resiko kelahiran premature dan tentunya dapat mencegah baby blues pada ibu baru.


Omega-3 sendiri merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan. Wanita yang makan cukup ikan beromega-3 tinggi selama kehamilan atau  6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh suplemen minyak ikan berkualitas tinggi cenderung lebih kebal terhadap depresi postpartum. Maka dari itu perbanyak konsumsi ikan ya, moms.


Sempatkan olahraga

Olahraga dapat membuat badan bugar tidak terkecuali bagi seorang ibu hamil maupun yang baru melahirkan. Namun perlu diingat, olahraga yang dilakukan juga tidak sembarangan dan perlu instruktur khusus. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan dan memfokuskan untuk memperlancar aliran darah bukan untuk membakar kalori.


Sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu yang rajin berolahraga cenderung akan merasa lebih baik secara emosional. Selain itu ibu muda juga lebih gampang dalam bersosialisasi. Anda juga bisa mengajak suami untuk olahraga bersama misalnya dengan berjalan santai di taman.


Demikian beberapa tips untuk menghindari baby blues yang dapat kamu terapkan. Jangan menganggap baby blues hal yang sepele ya, karena tentunya akan berpengaruh dengan kondisi anda dan untuk buah hati. Jangan lupa untuk mengkonsultasikannya lebih lanjut dengan ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba, moms!

 

0 Komentar