Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sederhana Menyapih Anak Dari Dot

cara Menyapih Anak Dari Dot
 Tips Menyapih Anak Dari Dot

IbuBahagia.com - Banyak orang tua yang memberikan ASI pada anaknya melalui botol dot. Kebiasaan ini berlanjut ketika anak diberikan susu formula. Kebiasaan ini memang bukanlah kesalahan, namun tetap harus dikontrol agar tidak keterusan dan berdampak buruk bagi anak. Untuk mengubah kebiasaan andak dari botol dot ke gelas minum biasa, anda harus mencoba beberapa cara atau trik. Misalnya seperti trik menyapih berikut ini.

Perkenalkan Gelas Sippy

Tips Sederhana Menyapih Anak Dari Dot
Gelas sippy

Trik pertama ialah perkenalkan anak pada gelas sippy. Gelas atau lebih cocok disebut sebagai botol minim ini baisanya memiliki sedotan, namun berbeda dengan yang ada pada botol dot. Saat membeli gelas sippy, ajaklah anak untuk memilih gelas kesukaannya. Hal ini dapat berdampak pada kesenangan anak terhadap belajar minum dari gelas sippy.

Tingkatkan Makanan Si Anak

Beberapa ibu pernah berhasil melakukan trik yang satu ini yaitu dengan menambah jatah makan anak. Ketika anak mendapatkan jatah makan yang bertambah maka ia akan lebih kurang minum susu. Anda juga harus mengurangi memberi asupan susu melalui botol dot. Jangan lupa untuk lebih sering meracik makanan yang lezat bagi anak agar ia lebih tergoda makan daripada minum susu.

Berikan Minuman Menarik Pada Gelas Sippy

Selama masa transisi dari botol dot ke gelas biasa, anda perlu memberikan minuman yang lebih menarik dari susu di gelas sippy. hal ini juga bisa anda terapkan pada botol sippy, berikan botol yang sangat menarik untuk anak. Trik satu ini bertujuan agar anak lebih memilih botol sippy daripada botol dot.

Konsisten 

Sebagai ibu yang menginginkan anaknya lepas dari botol dot, anda harus konsisten. konsisten adalah kunci dari semua kesuksesan. Anda harus konsisten dan tegas kepada anak hingga ia bisa lepas dari botol dot.

Baca juga: 4 cara mendidik anak agar mandiri dan tidak terlalu manja

Ikutilah beberapa trik tersebut secara rutin dan konsisten selama beberapa waktu. dengan begitu anak akan mulai bisa lepas dari botol dot dan bisa secara mandiri minum dari gelas biasa. Anda bisa juga menambahkan metode reward and punishment yang ringan untuk anak dalam proses ini.

Admin
Admin Memiliki pengalaman di dunia publisher selama lebih dari 5 tahun. Saat ini mengelola beberapa jaringan web blog informasi.