Pekerjaan Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

IbuBahagia.com - Perkembangan dunia internet memungkinkan ibu rumah tangga untuk bekerja dari rumah.  Ibu pekerja maupun tidak memiliki pekerjaan tetap, memiliki kesempatan yang sama dengan internet.


Bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap, mungkin beberapa pekerjaan sampingan berikut ini bisa sedikit mengisi waktu sekaligus menghasilkan meskipun hanya di rumah saja. 


Baca juga: Tips WFH untuk ibu pekerja dijamin anti stress


Pekerjaan Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga 


1. Menulis Artikel


Sebuah pekerjaan yang menuntut untuk bisa merangkai kata. Apabila anda belum terbiasa menulis artikel, mungkin akan kesulitan untuk memulai darimana. 

Menulis adalah satu bentuk komunikasi /menyampaikan melalui huruf dan angka. Dari sini kita dapat menangkap satu istilah menyampaikan. Menyampaikan bisa hal apapun yang kita tahu. Agar bisa tahu, kita cari tahu melalui berbagai cara. Entah itu pengalaman pribadi maupun tulisan dari media dan buku.  Jika anda bisa membaca pasti bisa menulis. 


Semua bisa dipelajari mulai dari nol. Bahkan seseorang yang tidak ada latarbelakang sarjana banyak sekali yang menjadi penulis di internet dengan kualitas tinggi. Jadi latarbelakang tidak penting dalam hal menulis, yang terpenting adalah kemauan untuk belajar tentang sesuatu dan menuliskan. 


Menulis itu butuh proses, dari kata pertama kemudian kata kedua dan seterusnya hingga menjadi satu kalimat kemudian menjadi artikel.  


Untuk hasil tulisan anda bisa menjualnya di situs maupun di market places. Banyak media yang membutuhkan tulisan untuk mengisi konten di web mereka. 


Mengenai harga bisa anda terapkan berdasar kualitas. minimal dari 300 kata dalam sebuah artikel anda bisa mendapatkan uang 10.000. Lumayan kan jika anda sudah profesional 300 kata tidak sampai dengan satu jam.

 

2. Jual foto 

Pekerjaan Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Jika anda memiliki hobi foto dan mampu untuk berimajinasi mungkin pekerjaan ini sangat cocok.

 Apakah ada orang yang akan membeli foto? Jelas ada. Berbagai media membutuhkan gambar ilustrasi untuk kebutuhan artikel mereka. 

Anda mengira di internet sudah banyak gambar kenapa meski membeli? Meskipun di internet banyak tersedia gambar, akan tetapi semua bisa berhak cipta. Sehingga Sebuah media agar tidak terkena hukum DMCA maka harus menggunakan gambar khusus maupun gambar non berhak cipta yang kebanyakan di jual di situs penyedia foto. 

Kedua pekerjaan tersebut saling berkaitan. jadi jika anda lebih memilih untuk menggunakannya sendiri itu jauh lebih baik yaitu dengan membuat situs web pribadi/blog.  


3. Blog 

pekerjaan sampingan ibu rumah tangaa

Bisa cuan dari blog kenapa tidak?! 

Memiliki sebuah foto kemudian menjelaskan atau memiliki ide tulisan kemudian mengambil foto untuk tulisan inilah kegiatan blogging. Aktivitas sederhana bisa mengisi waktu luang dan membuang rasa bosan rutinitas di rumah. 


Ada berbagai kegiatan di rumah yang bisa dibagikan melalui gambar dan tulisan. Entah itu cerita pribadi, maupun membahas isu-isu yang sedang hangat dibicarakan ditengah masyarakat. Jadi tidak meski baku selayaknya media massa. Cukup semampu anda berbahasa. 


Jika mungkin anda bisa membuat sebuah tulisan yang menjual yang berkualitas media akan tetapi hal ini bisa terbentuk suatu saat ketika anda telah memiliki jam terbang untuk menulis, jadi tidak perlu dipaksakan pada awal merintis karir di dunia blogging. 


Gunakan Platform gratisan dari blogger.com untuk membuat blog. Sebagai wadah hasil tulisan dan gambar Blogger.com sudah lebih dari cukup. Anda tidak perlu menyewa hosting  mahal. 


Mengasuh Anak bagi setiap ibu itu memiliki perbedaan. Jadi bisa menjadi ide konten jangka panjang misalnya dari balita sampai dengan dewasa menjadi buah karya untuk anda. 


Satu hal yang saya berpesan kepada para blogger ibu, Jangan mengunggah buah hati anda ke internet. Jika mungkin terpaksa jangan memperjelas wajah!  


0 Komentar