12 Langkah Self Improvement Menjadi Lebih Bahagia dan Hidup berkualitas

12 Langkah Self Improvment Bagaimana Menjadi Orang yang Lebih Baik Tapi mental Sehat

IbuBahagia.com - Self Improvement - Semakin banyak kebaikan diri dan kasih sayang yang dapat Anda kembangkan, semakin siap Anda untuk memperlakukan orang-orang di sekitar Anda dengan cara yang sama. Berbuat baik untuk orang lain dapat memberi hidup Anda makna yang lebih dalam. Bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.


Berikut adalah beberapa cara untuk membangun peningkatan diri ke dalam rutinitas harian Anda dan melepaskan pikiran negatif tentang diri Anda.


1. Tumbuhkan rasa syukur

Anda mungkin pernah mendengarnya sejuta kali, tetapi menyimpan jurnal rasa syukur tentang apa yang Anda syukuri dapat berdampak besar pada pola pikir Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari Anda dapat membantu menangkal stres , meningkatkan kualitas tidur, dan menumbuhkan hubungan sosial yang lebih positif.


Anna Hennings , MA, seorang pelatih kinerja mental dalam psikologi olahraga, merekomendasikan penggunaan singkatan GIFT untuk membantu Anda mengidentifikasi apa yang Anda syukuri.


Saat memikirkan hal-hal yang Anda syukuri, cari contoh:


G ertumbuhan: pertumbuhan pribadi, seperti belajar keterampilan baru

I nspiration: momen atau hal yang menginspirasi Anda

F riends / keluarga: orang-orang yang mewarnai hidup Anda

T ranquility: kecil, di antara saat-saat seperti menikmati secangkir kopi atau buku yang bagus

S urprise: tak terduga atau nikmat yang bagus

Saat membuat daftar hal-hal yang Anda syukuri, catat Hennings, pastikan juga untuk mencatat mengapa hal itu membuat Anda bersyukur.



2. Sapa semua orang yang Anda temui

Apakah Anda mengangguk atau tersenyum kepada orang asing yang lewat atau mengucapkan "selamat pagi" kepada semua orang yang memasuki kantor, berusahalah untuk mengakui orang-orang di sekitar Anda ketika Anda melihatnya, kata psikolog Madeleine Mason Roantree .


Dengan melakukan itu, Anda akan melihat diri Anda mungkin merasa lebih hadir dan terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki hubungan dekat dengan mereka.


3. Coba detoks digital

Mencabut kabel bahkan untuk waktu yang singkat dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Lain kali Anda menemukan diri Anda tidak ada hubungannya, menjauhlah dari ponsel Anda selama beberapa jam.


Sebaliknya, cobalah berjalan-jalan dan terhubung dengan pikiran Anda.


Menjauh dari ponsel Anda selama beberapa jam atau bahkan seharian tidak menggunakan perangkat. Sebagai gantinya, cobalah keluar dan terhubung dengan alam, atau bertemu dengan teman-teman IRL. Ingat: Bahkan istirahat sejenak dari ponsel Anda dapat membantu Anda bersantai dan fokus pada apa yang membuat Anda bahagia.


4. Gunakan self-talk yang positif

Sangat mudah untuk terjebak dalam sikap yang terlalu keras dan kritis terhadap kegagalan yang Anda rasakan. Pembicaraan diri yang negatif dan tidak produktif ini dapat menurunkan motivasi kita secara keseluruhan, jelas Hennings.


Jika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bukan orang baik, misalnya, sulit untuk menemukan motivasi untuk mengambil langkah menuju perbaikan diri.


Berlatih positifberbicara sendiri dengan menyatakan fakta dan menindaklanjuti dengan optimisme.


FAKTA + OPTIMISME = POSITIF

Lain kali Anda merasa tidak kompeten atau kewalahan, coba katakan pada diri sendiri:


“Saya tahu perubahan ini akan menantang, tetapi saya telah menaruh banyak pemikiran yang berarti ke dalamnya dan telah mempertimbangkan semua opsi yang terbuka untuk saya [ fakta ], jadi saya merasa yakin saya melakukan yang terbaik yang saya bisa saat ini. [ optimisme ].”


Bagian yang sulit adalah menangkap diri Anda dalam tindakan berpikir negatif dan dengan sengaja memutuskan untuk berpikir secara berbeda. Tetapi dengan sedikit latihan, ini akan menjadi lebih mudah.


5. Latih tindakan kebaikan secara acak

Bersikap baik kepada orang lain dapat membantu memberi Anda tujuan dan membuat Anda merasa tidak terlalu terisolasi.


Coba lakukan sesuatu yang baik untuk seseorang secara acak:


  • Berikan pujian kepada orang asing.
  • Beli makan siang untuk rekan kerja Anda.
  • Kirim kartu ke teman.
  • Memberi sumbangan kepada seseorang yang membutuhkan.


“Anda akan melihat suasana hati Anda sedikit meningkat ketika Anda berbuat baik karena kegembiraannya,” kata Roantree. StudiSumber Tepercaya tunjukkan bahwa hanya menghitung tindakan kebaikan selama satu minggu dapat meningkatkan kebahagiaan dan rasa syukur.


6. Makan setidaknya satu kali makan dengan penuh perhatian

Saat Anda terjebak di tengah hari yang sibuk, Anda tergoda untuk makan dengan terburu-buru tanpa mendengarkan tubuh Anda.


Makan dengan penuh perhatian memberi Anda kesempatan untuk memeriksa perasaan fisik dan emosi Anda.


Pilih makanan, meskipun itu hanya sandwich, dan luangkan waktu Anda untuk memakannya. Perhatikan rasa dan tekstur yang berbeda. “Ini adalah jenis meditasi mini yang dapat bertindak sebagai 'penghilang stres' sederhana,” kata Roantree.


Tidak yakin harus mulai dari mana? Panduan kami untuk makan dengan penuh perhatian dapat membantu.


7. Tidur yang cukup

Tidak merasa cukup istirahat bisa membuat Anda merasa kesal dan tidak produktif sepanjang hari. Cobalah untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam.


Temukan cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dengan mengurangi konsumsi kafein di sore hari, mengonsumsi suplemen melatonin, atau bersantai di bak mandi air hangat atau pancuran sebelum tidur.


Lihat tips lain untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih baik.


8. Bernapaslah dengan sadar

Luangkan waktu sejenak di halte bus, antrean di toko kelontong, atau sebelum tertidur untuk fokus pada pernapasan Anda. Berlatih bahkan beberapa menit sehari menarik napas dalam - dalam telah terbukti memicu respons relaksasi tubuh kita dan mengatur stres.


PERNAPASAN DALAM 101

Roantree menyarankan untuk mencoba teknik berikut:


Tarik napas seperti biasa.

Buang napas, pastikan Anda mengambil lebih lama dari yang Anda lakukan untuk menarik napas.

Ulangi proses ini sampai Anda mulai merasa rileks. Jika Anda lebih suka menghitung, coba tarik napas selama 4 hitungan, tahan selama 7 hitungan, dan hembuskan selama 8 hitungan.


9. Bersihkan selama 30 menit

Cara Anda merasa tentang rumah Anda dapat memengaruhi apakah waktu Anda di sana bersifat restoratif atau stres.


Lain kali Anda memiliki waktu luang 30 menit, atur timer dan selesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga cepat yang akan menambah sedikit kecerahan pada hari Anda, seperti:


  • Membersihkan cermin kamar mandi Anda
  • Menggantung gambar yang Anda sukai tetapi belum sempat ditampilkan
  • Membersihkan meja
  • Hadiahi diri Anda dengan meluangkan waktu untuk menikmati ruang segar Anda — lakukan masker wajah di kamar mandi Anda yang baru bersih, misalnya.


10. Maafkan diri sendiri dan orang lain

Bertahan pada penyesalan, rasa sakit, dan dendam menyakiti orang lain. Tapi itu juga menyakitimu. Ketika Anda merasakan salah satu dari emosi ini, itu memengaruhi suasana hati Anda dan cara Anda memperlakukan semua orang, termasuk diri Anda sendiri.


“Menyimpan sikap tidak mau mengampuni menghasilkan pikiran negatif,” kata Catherine Jackson , psikolog klinis dan ahli saraf berlisensi. "Putuskan untuk melepaskannya dan buat rencana untuk tidak pernah pergi tidur dalam keadaan marah."


Baca juga: self healt: cara menyehatkan jiwa dan raga bagi kamu yang super sibuk


11. Terlibat dalam perawatan diri

Kita sering menganggap perawatan diri sebagai manikur dan perawatan spa (yang semuanya merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres). Tetapi menurut Jackson, perawatan diri sehari-hari lebih dari sekadar memanjakan. “Ini juga tentang makan dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung otak dan tubuh Anda,” jelasnya.


Demikian pula, pastikan Anda berolahraga atau menggerakkan tubuh Anda dengan penuh perhatian, meluangkan waktu untuk terhubung dengan orang lain, dan memiliki waktu relaksasi atau waktu luang untuk diri sendiri.


Ini tidak perlu menjadi usaha yang memakan waktu. Carilah waktu 10 atau 20 menit yang cepat di hari Anda di mana Anda dapat pergi ke luar untuk berjalan-jalan atau menyiapkan semangkuk buah segar untuk diri Anda sendiri.


12. Berbaik hatilah pada diri sendiri

Banyak dari kita memiliki kebiasaan untuk mengingat sesuatu yang dikatakan kepada kita, sering mengulangnya di benak kita. Alih-alih mengambil hal-hal pribadi dan mengkritik diri sendiri, Jackson merekomendasikan untuk menawarkan empati dan pengertian kepada orang lain, serta diri kita sendiri.


Pikirkan semua cara Anda membuat dampak positif bagi orang-orang di sekitar Anda dan coba tuliskan setiap hari. Sekali lagi, ini tidak harus menjadi isyarat besar.


Mungkin Anda menahan pintu terbuka untuk seseorang yang membawa beberapa tas berat. Atau mulai menyeduh sepoci kopi baru di tempat kerja saat Anda menyadari bahwa suhunya mulai berkurang.


Jika Anda masih berjuang untuk mengubah kerangka berpikir Anda, Jackson menyarankan untuk memikirkannya seperti ini: “Besok adalah hari yang baru, jadi jika Anda menyalahkan diri sendiri hari ini tentang sesuatu, biarkan diri Anda lolos dan mulai segar besok. .”


JADILAH SAHABAT TERBAIKMU SENDIRI

Cobalah untuk memperlakukan diri Anda dengan cara yang sama seperti Anda memperlakukan orang yang Anda cintai. Apakah Anda akan terus-menerus merendahkan sahabat Anda jika mereka memiliki hari "libur" dan menjatuhkan bola pada sesuatu?


Semoga tidak. Dan Anda juga tidak boleh berbicara seperti itu pada diri sendiri.


12 Langkah Self Improvment Bagaimana Menjadi Orang yang Lebih Baik Tapi mental Sehat

Adalah normal untuk terjebak dalam upaya untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda. Tetapi menjadi orang yang lebih baik dimulai dengan memperlakukan diri sendiri dengan cinta kasih yang sama seperti yang Anda lakukan pada orang lain.


Ini berarti tidak menghakimi diri sendiri dengan keras ketika Anda gagal mencapai tujuan Anda dan menunjukkan kesabaran dan kasih sayang pada diri Anda sendiri di hari-hari buruk Anda.


Ingatlah bahwa ada banyak cara untuk menjadi orang yang lebih baik, dan yang ditawarkan di sini hanyalah beberapa. Temukan apa yang terasa paling menggembirakan dan memelihara dan cobalah untuk membangunnya ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sumber: https://www.healthline.com/

0 Komentar